Hati-hati untuk Seller Baru di TikTok!

Pada tanggal 7, ada pembeli yang melakukan pembayaran metode transfer bank di TikTok Shop saya, harga Rp105 ribu. Nomor resi sudah keluar, malam harinya saya kirim barangnya ke gerai J&T terdekat, sudah diinput dan jalan. Ternyata besoknya pembeli membatalkan pembelian, dengan catatan dari TikTok bahwa pembeli tidak melakukan pembayaran.

Yang saya heran, kalau belum melakukan pembayaran kok bisa keluar resi di TikTok? Paket sudah jalan kok bisa dibatalkan oleh pembeli? Saya cek tracking resinya, paket sudah diterima oleh pembeli yang nakal. Jadi sistem TikTok  Shop bisa dikibuli oleh pembeli-pembeli nakal. Siapa yang bertanggung jawab kalau begini??

TikTok pun susah untuk dihubungi. Saya lampirkan bukti-buktinya.

Maria Febrina
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Hati-hati untuk Seller Baru di TikTok!

    • 12 Maret 2023 - (17:18 WIB)
      Permalink

      Iya betul bahaya. Belum di bayar koq bisa keluar no resi? Kayak nya yg buat sistem nya masih bingung ya.
      MP lain penjual hanya bisa lihat pesanan yg belum di bayar namun tidak bisa di klik proses, apalagi keluar no Resi

  • 12 Maret 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Jika aplikasi TekaTekiShop tidak memberikan informasi terkait status pembayaran buyer, atau tidak ada SOP pickup kurir di bawah kontrol marketplace (setelah pembayaran terkonfirmasi), segera PINDAH saja ke marketplace lain.

    Hati-hati celah ini bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak buyer dan semakin masif. Kita yakin anda berjualan di TTS untuk mencari untung, bukan untuk tujuan sedekah.

  • 12 Maret 2023 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Update jnt itu kadang suka lama. Ga di tiktok, ga di Shopee, TokopediaCare.

    Jika drop di luar counter jnt.
    Contoh kita drop ditempat drop shiper di wahana , wahana kan jd tempat drop jnt juga tuh resmi. Misal drop nya sore jam 4 atau siang.. Update nya bisa jam 4 subuh besok nya. Apa karena disaat blum update si pembeli memanfaatkan situasi itu? Kalo iya bahaya tiktok tanpa mengkonfirmasi ke penjual dong.

    Pengalaman saya cs tiktok ini paling sulit komunikasi dan lama bales nya emang. Banyak dana yg tertahan juga di tiktok shop..

    Segmen market tiktok itu mirip dgn Shopee?

  • 12 Maret 2023 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Lho kok bisa? status paket belum terbayar kok bisa muncul resi.. kecuali mungkin COD, tapi kalau non COD kok bisa???

    • 14 Maret 2023 - (17:25 WIB)
      Permalink

      Tp kadang tiktok suka ada promo jg sih.. Lumayan jgn di uninstall… Cm mesti lebih selektif aja

  • 17 Maret 2023 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Coba cek atau pastikan dulu nomer pesanan yang cancel sama yang dikirim sama atau tidak, soalnya bisa saja pembeli klik 2x order yg satu dibayar yang satu lagi tidak dibayar sehingga setelah 24jam tercancel otomatis dari sistem, sehingga penjual mengira itu adalah orderan yg sama. Tidak mungkin resi keluar jika pembayaran tidak berhasil, semoga membantu

  • 10 Maret 2024 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Tiktok emang parah. Buyyer pun bisa sesuka hati rating 1 dianggap tidak melanggar walaupun faked dan menjatuhkan yg penting bahasanya sopan. Walau seller udah tunjukkin bukti sekalipun

 Apa Komentar Anda mengenai TikTik Shop?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Hati-hati untuk Seller Baru di TikTok!

oleh maria febrina dibaca dalam: <1 menit
13