Admin Itemku Tidak Fair Terhadap Masalah Kepada Penjual

Saya salah satu penjual/pedagang di salah satu marketplace yaitu Itemku. Pada tanggal 20 Maret 2023 00:38:31, ada customer melakukan pembelian terhadap kode voucher yang saya jual. Nomor Pesanan: OD000000089128366 (ID), customer membeli 3 kode voucher:

Kode 1: Tidak bermasalah
Kode 2: Bermasalah
Kode 3: Tidak bermasalah

Customer menghubungi saya lewat chat pada tanggal 20 Maret sekitar pukul 23.43. Keesokan harinya saya balas chat dia dengan meminta bukti valid berupa video. Isi video yang saya minta berupa:

  • Terdapat video rekaman pembayaran.
  • Status pesanan belum menjadi “Pesanan Selesai”.
  • Langsung dipakai di menit itu juga.
  • Video tidak diedit atau terpotong.

Namun customer merekam videonya ketika kode sudah dicoba. Sehingga saya melakukan penolakan atas tidak adanya bukti yang valid. Karena kode sudah lama berselang beberapa jam. Customer juga tidak menggunakan kode tersebut untuk pribadi, melainkan dijual kembali. Jadi saya tidak tahu apakah ini permainan dari customer-nya.

Customer melakukan komplain terhadap Itemku. Customer sudah mengeklik pesanan selesai dan memberi rating pada toko saya. Admin itemku menghubungi saya dan saya pun meminta video yang saya jelaskan sebelumnya. Namun video yang dikirim masih saja sama tidak ada isi sesuai kriteria dari penjual.

Pihak admin Itemku malah menyalahkan penjual, dan membenarkan bukti video dari pembeli. Admin Itemku meminta bukti kode voucher saya beli/terima ditanggal berapa. Saya kasih buktinya dan memang 3 kode ini sudah berselisih 2 bulan hingga kode ini terjual.

Admin Itemku mengatakan bahwa kode saya tidak fresh. Memang kalah dilihat dari usia tidak fresh, tetapi ini sudah lama saya input di kode pengiriman otomatis, sejak saya terima kodenya. Lalu apakah bisa dibilang gak fresh? Karena memang belum waktunya saja yang terjual.

Saya menerima ketiga kode ini serentak dijanjikan dan tanggal yang sama bahkan menitnya sama. Kok malah hanya satu kode yang bermasalah, kenapa gak ketiganya? Saya sudah melakukan email ke pihak aplikasi penerbit voucher bahwa mereka memang tidak bisa memberitahukan riwayat kapan penggunaan kode voucher ini.

Seharusnya ini sudah tidak lagi jadi permasalahan, karena pembeli sudah memberikan rating ke pesanan tersebut. Apa lagi yang harus diperdebatkan? Di marketplace lain pun kalau sudah ngasih rating atau sudah melewati batas waktu tidak bisa lagi melakukan komplain.

Tolong admin itemku bersikap fair ke penjual nomor komplain #2312455. Saya 100% akan mengganti kode jika video yang dikirim pembeli sesuai kriteria yang sudah saya jelaskan di atas.

Juandi Montella Nainggolan
Batam, Kepri

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Itemku perihal Admin Itemku Tidak Fair Terhadap Masalah Kepada Penjual

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Itemku melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Admin Itemku Tidak Fair Terhadap Masalah Kepada Penjual

 Apa Komentar Anda mengenai Itemku?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Admin Itemku Tidak Fair Terhadap Masalah Kepada Penjual

oleh Montella dibaca dalam: 2 menit
1