Pembayaran Kartu Kredit Bank CIMB Niaga Terpending

Pada tanggal 26 Maret 2023, saya telepon call center CIMB Niaga untuk menanyakan sisa limit kartu kredit. Karena saya lihat di aplikasi OCTO Mobile, perhitungan sisa limit gak sesuai dengan hitungan manual saya jika saya rinci satu persatu.

Pihak CS CIMB Niaga bertanya kepada saya bahwa ada transaksi yang mengantung sebesar Rp5 juta pada tanggal 21 Maret 2023 di Shopee. Sungguh saya kaget, tidak ada histori OCTO Mobile ataupun OTP yang masuk ke hp saya. Justru saya mengklarifikasi ke CS-nya kalau pada tanggal 21 Maret 2023, saya melakukan pembayaran kartu kredit saya sebesar Rp5 juta. Jadi bukan transaksi melainkan pembayaran.

Dari sini CS menyarankan saya untuk mengirim bukti pembayaran kartu kredit via Shopee ke email CIMB Niaga untuk ditindaklanjuti. Dengan laporan sebagai berikut, nomor ref: 0000MaHX6DNRXSAR.

Email tersebut tidak membuahkan hasil.

Lalu saya mencoba menghubungi call center CIMB Niaga pada tanggal 30 Maret 2023. Dibuatkan nomor laporan baru (2023 0330 0208) dan di-follow up kembali dengan estimasi 3 hari kerja, maksimal tanggal 3 April 2023.

Setelah lewat dari tanggal estimasi tersebut saya konfirmasi via WhatsApp resmi CIMB Niaga dengan menyebutkan nama dan nomor pelaporannya. Namun apa yang saya dapat tidak membuahkan hasil. Jawaban pihak CIMB Niaga berbelit-belit terkesan melempar masalah ke call center kembali.

Beberapa saya menanyakan laporan terkait kendala saya, CS selalu di awal meminta bukti dan disarankan untuk menghubungi call center. Dan ujung-ujungnya pihak call center hanya memberikan jawaban disuruh menunggu dahulu dan di-follow up kembali tanpa batas estimasinya. Sampai lebaran monyet pun bisa menunggu kalau kejadian ini belum beres.

Dari sini saya sangat kecewa dengan pelayanan Pihak CIMB Niaga. Dimana saya lakukan transaksi pembayaran tapi terdeteksi melakukan transaksi pada tanggal waktu dan tempat yang sama.

Sebagai bukti dan histori saya lampirkan. Semoga apa yang saya alami tidak terjadi pada konsumen di luar sana khususnya pada nasabah CIMB Niaga.

Rido’ie
Surabaya Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Rido’ie

No. 028/CCG/MBCX/IV/2023 5 Mei 2023 Kepada Yth: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Rido’ie yang...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Pembayaran Kartu Kredit Bank CIMB Niaga Terpending

  • 7 April 2023 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Entah apa yang merasuki para karyawan CIMB Niaga, kualitas mereka drop. Tahun 2023 ini terutama ditandai dengan aplikasi versi baru Octo Mobile… CIMB Niaga terlihat sekali problematik, banyak sekali keluhan dan komplain dari nasabah di mana2 tidak hanya di mediakonsumen.

    Saya sendiri pemegang kartu kredit CIMB Niaga sedang bermasalah dengan penghapusan iuran tahunan yang seharusnya otomatis karena pemakaian lebih dari 24 juta setahun malah setelah komplain, status laporan tidak disetujui. Konyol sekali padahal saya sudah ikuti s&k penghapusan otomatis tersebut, tahun2 sebelumnya juga tidak pernah ditagih sama sekali. Kali ini saya sudah kali ke-2 komplain hanya untuk kasus yang sama.

    Semoga kasus kita bisa tersolusikan ya…

    • 7 April 2023 - (15:25 WIB)
      Permalink

      Segitunya ya, saya mantan nasabah CIMB. Selain kecewa dg aplikasi, dengar2 kartu debit octo saver juga mau dikenakan biaya bulanan yg dulu gratis.

    • 8 April 2023 - (04:37 WIB)
      Permalink

      ISTRI SAYA JUGA PEMEGANG KARTU CIMB NIAGA YG PLATINUM PEMBAYARAN KATEGORI LANCAR CUMA YG ANEHNYA KHUSUS BULAN HABIS DI BAYAR TAGIHAN MINIMUMNYA SEMUA MAU DI PAKAI LAGI SEPERTINYA KARTU KREDIT ISTRI SY TERBLOKIR 2 KARTU TSBT NTAH KNAPA SY JUGA HERAN MMG DNG CIMB NIAGA KOK TIBA2 KARTU KREDIT ISTRI SY GAK BISA DI PAKE

  • 7 April 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Coba mending langsung ke bank nya aja. Mungkin kalo kesana bisa lebih gampang komunikasiinnya. Smoga cepet selesai ya ?

  • 7 April 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Bayarnya lewat shopee?
    Jelas harusnya komplainnya ke shopee kenapa pembayaran kartu kredit belum masuk.
    Kalo bayar lewat pihak ke 3 resiko nya ya gitu.
    Kalo mau cepat, bayar pakai bank yang bersangkutan pilih menu transfer, hitungan detik sudah berhasil.

    • 28 April 2023 - (12:11 WIB)
      Permalink

      Saya sudah komplain ke pihak shopee.
      Bahwa pembayaran saya statusnya berhasil dan tidak ada kendala.
      Sebelum saya tulis surat ini ataupun saya komplain ke pihak CIMB niaga.

  • 7 April 2023 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna cc simb niaga juga, alhamdulilah pembayaran via octomobile lancar.
    Saran saya next nya mending bayar via rekening ponsel atau octosaver lebih cepat dan free biaya admin, klo pakai pihak ke 3 kena admin 10 ribu

    • 28 April 2023 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Saya punya alasan tertentu kenapa saya bayar kepihak 3.
      Adanya fitur dan fasilitas yg disediakan kebelah dua pihak tujuannya mempermudah nasabah pada dasarnya. Terimakasih atas saran nya

  • 7 April 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Apa untungnya bayar tagihan cc bank via jasa pihak ketiga yg bukan bank? Dan saat pembayaran via pihak ketiga terpending, yang kamu kambing hitamkan justru pihak bank.

    • 28 April 2023 - (12:21 WIB)
      Permalink

      Adanya fitur dan fasilitas yg disediakan untuk mempermudah nasabah.
      Pembayaran ke pihak ke 3.
      Tentunya saya punya alasan tersendiri walaupun saya kena admin 10rb di bandingkan ke Octo mobile.
      Disini saya tidak mengkambing hitam kan pihak bank.
      Sebelum saya nulis surat dan komplain saya sudah tanyakan ke pihak shopee. Terlebih dahulu. Bahwanya dipihak shopee tidak ada masalah.
      Trs apakah saya komplain sebagai nasabah CIMB saya salah?

  • 8 April 2023 - (04:31 WIB)
    Permalink

    wah ini mah salah alamat, mestinya komplennya ke shopee. yg kedua, yg namanya transaksi itu semua jenis mutasi, jadi pembayaran itu juga transaksi.

  • 8 April 2023 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Bayar cc nya harusnya via octo mobile atau via transfer bank kalau ga punya rek tabungan cimb niaga. Saya sudah menggunakan cc cimb niaga lebih dari 10 tahun dan tidak pernah ada masalah dengan pembayaran maupun cc cimb niaga. Bayar melalui octo mobile akan langsung terposting di hari yang sama. Bayar cc tidak melalui menu transfer bakalan butuh waktu untuk prosesnya. Kalau mau komplain harusnya komplain ke pihak pengirim dana, bukan ke pihak penerima dana

  • 28 April 2023 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Terimakasih atas infonya.
    Pihak pengirim dana ( shopee) sudah mengklarifikasi bahwa sudah berhasil.
    Pihak penerima dana (CIMB) belum meng infokan menerima pembayaran.
    Justru pihak penerima dana menginfokan di tgl yg sama dan nominal sama terdeteksi bahwa say melakukan transaksi.
    Dimana tidak ada history di Octo mobile. Otp notif bahkan di merchent shopee tidak ada histori.

    Apakah saya masih harus menyalahkan pihak pengirim dana?

    Just info saja. Pembayaran lewat aplikasi pihak k 3. Karena alasan tertentu dan kemudahan buat saya. Saya lakukan pembayaran pihak 3 sudah saya lakukan dari sebelum sebelumnya tidak ada kendala dan lancar.

    Apapun medianya dan systemnya serta sebagus apapun. Karena sebuah program hanya ciptaan manusia. Cepat atau lambat pasti ada kendalanya… (Octo Mobile)

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Kartu Kredit Bank CIMB Niaga Terpending

oleh Rido Ie dibaca dalam: 1 menit
14