Penipuan Mengatasnamakan CS Flip, Mencairkan Dana SPinjam ke Rekening m-Banking yang Telah Diambil Alih

Assalamualaikum,

Saya Amanda Marisca, dengan akun Shopee: memacrame. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini.

Kronologinya, pada tanggal 6 April 2023, saya punya masalah refund dengan aplikasi Flip. Jadi saya coba cari nomor CS Flip di Twitter dan ternyata itu akun palsu dengan nomor palsu. Saat itu saya disuruh untuk login dengan web yang mengatasnamakan Flip. Lalu dia memberikan saya link mengatasnamakan BRI yang katanya untuk pengecekan terlebih dahulu. Selang beberapa menit, uang saya hasil “refund” sejumlah Rp800 ribu masuk ke m-banking saya, tapi saya tidak bisa login.

Kata penipu itu jangan login dulu karena sedang melakukan pengecekan. Karena terlalu lama, saya paksakan untuk login m-banking saya. Saya kaget, waktu saya cek uang saya yang tersisa hanya uang hasil refund. Karena saya panik saya langsung menghubungi nomor yang mengaku pihak Flip tadi kenapa uang saya kok hilang. Katanya itu tidak hilang, hanya sedang pengecekan.

Dengan bodohnya saya percaya karena terlanjur panik. Lalu tiba-tiba dia menanyakan apakah saya ada SPayLater atau SPinjam, karena katanya akan dilakukan pengecekan dan diurus lewat OJK, jika saya membuka SPayLater dan SPinjam. Mulai dari situlah saya kayak dituntun dengan kode-kode dan anehnya saya kayak dihipnotis gitu, nurut saja dengan apa yang dikatakan pelaku.

Anehnya, saya pernah mengajukan untuk daftar SPayLater, tapi ditolak. Lah kok pas begini malah disetujuinya cepet banget. Singkat cerita SPinjam saya cair, tapi saya tidak bisa mengambil alih m-banking saya. Jadi uang yang masuk dari SPinjam dikendalikan sepenuhnya oleh pihak penipu.

Saya sudah coba lapor pihak Shopee, tapi karena uang tersebut memang masuk ke rekening saya, jadi saya yang harus bertanggung jawab dengan cicilannya. Jujur saya tidak ikhlas jika harus membayar cicilan sebanyak itu, karena bukan saya yang menerima uangnya. Iya memang sesuai prosedur, langsung masuk ke rekening saya, tapi rekening saya itu di-hack orang dan dia bisa melakukan segala transaksi di rekening saya. Setelah saya melapor, Tim Shopee seperti lepas tangan untuk membantu customer-nya.

Saya sudah tidak tahu lagi harus meminta bantuan ke siapa, karena jatuh tempo 1 Mei 2023. Oleh karena itu saya menulis di artikel ini supaya segera mendapat tanggapan dari pihak Shopee dan membantu dengan sepenuh hati.

Wassalamu’alaikum.

Amanda Marisca Firdausy
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

72 komentar untuk “Penipuan Mengatasnamakan CS Flip, Mencairkan Dana SPinjam ke Rekening m-Banking yang Telah Diambil Alih

  • 15 April 2023 - (03:54 WIB)
    Permalink

    Makanya punya hp jangan cuma buka tiktod ya gak bermutu. Nyari no hp cs di twitter, udah gitu nomer +1, pengecekan uang ke ojk ya diaminin.

    Rupanya nama yang keren tidak sejalan dengan kecerdasan.

  • 15 April 2023 - (05:04 WIB)
    Permalink

    Aduh sepertinya Anda ini orang yang gampang panikan ya? Terburu-buru dan segala sesuatunya pengen cepat. Pembawaan seperti ini yang menjadi mangsa empuk bagi para Penipu.

    Dari awal sudah banyak tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ini penipuan, malah BRImo sudah menginformasikan telah terjadi perubahan perangkat, tapi Anda tidak segera sadar Anda malah terbawa alur yang dibuat oleh penipu. Hal tersebut bukan hipnotis, tapi penipu memanfaatkan kepanikan dan keterburu2an Anda.

    Jadikan hal ini sebagai pelajaran penting, kurangi rasa panik dan tergesa-gesa, selalu lakukan cek dan ricek. Untuk pinjaman Shopee, kecil kemungkinan ada pengurangan/keringanan karena tidak ada yang salah dari prosedur nya mereka. Pencairan pun pas masuk ke rek Anda.

    Semoga saja dapat rejeki pengganti atau ada kebijakan Shopee. Amiin

  • 15 April 2023 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin mba atas masalah yg terjadi. Maaf mba, dari kejadian yg mba ceritain itu sepenuhnya kesalahan mba sendiri. Pihak shope atau bank pasti gak bisa bantu perihal penghapusan cicilan atau uang kembali..

  • 15 April 2023 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Itu link mencurigakan. Coba kenali link gratis digoogle, itu semacam link phising mencuri data penting yg mengarah ke komputer pelaku. Duh kode otp kan sangat rahasia tidak seorang pun yg tau, ngapain dikasih ke pelaku tersebut.
    Kalo udah ketipu gitu cepet cepet ke kantor bank terdekat minta blokir mbanking nya mbak nya

  • 15 April 2023 - (19:47 WIB)
    Permalink

    Waduh ini polanya persis kayak yg dialami suami saya. Sukanya kontak CS via Twitter entah mengapa yha. Bbrp bln lalu jg br ngalamin fraud, rekening Niaga kebobolan. Awalnya dikirimi OTP via SMS bertubi2. Suami sy emg gemar bgt komplain dll tuh via Twitter, jd ini pun komplain via Twitter dgn tag si akun palsu itu. Akhirnya ditlp diarah2in utk masukin OTP itu lwt mbanking. Saya sadar dia lg kena masalah krn dgr dia teriak2 di tlp. Sy samperin eh dia lg disuruh masuk2in kode. Anehnya ngikut aja gitu disuruh2 jd uang di rekening hilang 10 jt. Br pas sy bilangin itu kamu lagi ditipu tauk. Baru dia kayak tersadar lgs tutup tlp.

    Metode paling awam tp somehow msh aja ada yg kena. Turut berduka atas musibah yg mba alami. Semoga ke depannya kita bs trs makin waspada kl ketemu kasus2 beginian ya. Amiin amiin.

  • 16 April 2023 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Wa’alaikum salam. Saran saya, segera lapor ke Polisi dan ke Bank dimana rekening anda terdaftar. Tidak ada kejahatan yang sempurna, semua pasti meninggalkan jejak dan bisa terlacak.

    Misal, dari mutasi terlihat uang anda dikuras ke rekening mana. Penyidik akan menelusuri pemilik rekening penerima, nama, dan alamatnya. Penyidik juga bisa menelusuri no hp/wa penipu dan mengecek lokasinya.

    Memang tidak mudah, tapi pasti ada cara.

    Btw nilai kerugiannya berapa mba?

  • 20 April 2023 - (00:35 WIB)
    Permalink

    Saya dulu adalah mantan cs, saran saya jika mengalami kendala coba cek pada aplikasi yang digunakan apakah ada tombol bantuan, jika ingin menghubungi melalui social media yang paling utama cek tanda centang biru di akunnya itu tanda bahwa akun tersebut terverifikasi.

    Jangan berharap balasan dari cs cepat, baik di aplikasi maupun di social media yang sudah terverifikasi, karena ada puluhan bahkan ratusan chat di waktu yang sama, jadi haraplah bersabar, dan tenang saja chat anda pasti akan di handle oleh cs.

    Saran saya bagi penulis dan pembaca, jika chat melalui social media di akun yang terverifikasi atau pada aplikasi, pastikan sampaikan 1 pesan yang detail dalam 1 pesan saja, karena jika terus menerus melakukan spam chat, chat anda akan semakin lama dibalas oleh cs, karena chat tersebut akan masuk ke antrian lagi jika anda melakukan chat baru.

    Semoga saran saya bisa bermanfaat dan semoga anda di berikan rezeki oleh tuhan agar masalah anda bisa terselesaikan dengan cepat.

    Salam

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 72 komentar sampai saat ini..

Penipuan Mengatasnamakan CS Flip, Mencairkan Dana SPinjam ke Rekening …

oleh Amanda Marisca dibaca dalam: 1 menit
72