Proses Refund Uang di Bank BTN Sangat Lama

Saya nasabah Bank BTN, yang mengalami transaksi gagal transfer ke bank lain via mobile banking Bank BTN pada tanggal 12 April 2023. Tanggal 13 April 2023 saya menelepon ke call center Bank BTN di nomor 1500286, untuk mengadukan masalah gagal transfer tersebut dan diberikan nomor pengaduan: 230188831.

Yang membuat saya kecewa dan kesal, call center bank BTN mengatakan bahwa setelah pengaduan saya akan diproses maksimal 20 hari kerja (jika hitungan kalender sekitar 1 bulan). Itu pun tidak ada jaminan bahwa uang saya akan dikembalikan.

Seharusnya jika terjadi gagal transfer maka secara otomatis dalam jangka waktu maksimal 1×24 jam akan dikembalikan ke rekening nasabahnya. Saya pun pernah mengalami gagal transfer ke bank lain melalui mobile banking BCA dan aplikasi DANA, tapi call center BCA dan aplikasi DANA menginformasikan bahwa uang akan dikembalikan maksimal 1×24 jam dan tanpa pengaduan pun akan otomatis dikembalikan.

Saya pun sudah berusaha mem-follow up via DM Instagram Bank BTN dan email ke btncontactcenter@btn.co.id. Namun jawabannya selalu sama, sedang diproses maksimal 20 hari kerja. Benar-benar sangat mengecewakan sekali SOP pengembalian uang nasabah gagal transfer yang sangat lama.

Regi Januar
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BTN:
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]
Tanggapan Bank BTN atas Surat Sdr. Regi Januar

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di tempat Menjawab keluhan nasabah yang telah ditayangkan di Media Konsumen tanggal 18 April 2023...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Proses Refund Uang di Bank BTN Sangat Lama

  • 19 April 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami hal serupa dengan Bapak Regi Januar di atas. Waktu itu saya menransfer dana dari rekening Bank BTN Syariah saya ke rekening Mandiri saya via mesin ATM BRI. Waktu itu di mesin ATM terdapat keterangan transaksi yg gagal, namun setelah saya cek saldo di rekening BTN Syariah saya sudah terpotong. Besok harinya saya mengunjungi Kantor cabang Bank BTN Syariah untuk mengkonfirmasi kepada pihak CS dan mendapatkan jawaban bahwa saldo yang terdebet tersebut memang mengalami gagal transfer dan akan dikembalikan ke rekening BTN Syariah saya dal estimasi 3 pekan atau 3X7 hari = 21 hari (hari kerja). Saya pikir itu hanya estimasi saja yg disampaikan CS Bank BTN Syariah waktu itu, dan pada kenyataannya memang selama itu waktunya. Setelah memasuki pekan ke-3, barulah dana saya yg gagal transfer tersebut masuk kembali ke rekening.

  • 29 Oktober 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalamin kaya bapak regi gagal transfer sebesar 950.000 pada tanggal 18 oktober 2023
    Sy sudah hubungi CS nya kata nya harus nunggu 20 hari kerja (1 bulan) dengan laporan nomor pengaduan (230508115)
    Pdahal waktu itu pernah ngalamin gagal transfer dr bca ke mandiri kita hubungi CS bank bca nya 1×24 jam sudah kembali lagi uang nya
    Kenapa bank btn lama banget sampe 20 hari kerja
    Benar benar sangat mengecewakan nasabah bank BTN ini..

  • 12 Desember 2023 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Mohon izin menyampaikan keluhan saya disini.. dengan tujuan agar pelayan terhadap konsumen jadi lebih baik n efisien..
    Pada tgl 1 Desember 2024 saya melakukan penarikan di mesin ATM link stasiun Sudirman sebesar 1.500.000, tp uang saya tidak keluar, mesin ATM hanya berputar trs sampai saya tunggu kurang lebih 8 menit uang tetap tidak keluar, saldo saya terpotong dan struk keluar..
    Saya TLP ke customer service bank BTN dan saya di kasih nomor pengaduan 23586469. Setelah menunggu selama 7 hari namun uang belum kembali jg.
    Di tgl 8 saya mendatangi KCP BTN cabang Rangkasbitung untuk menanyakan komplain saya tsb dan ternyata pihak bank sudah menutup complain saya dan menyatakan transaksi sudah berhasil menurut data yg di dapat dari vendor mesin ATM tsb. Saya tidak terima kerena memang uang tsb tidak pernah keluar dari mesin ATM.. saya berharap untuk investigasi tidak hanya melihat dari data mesin ATM saja tp pengecekan melalui cctv dan sesuai tidak uang di dalam mesin ATM tsb dengan data keluar.. karena mungkin aja ada beberapa oknum pengelola mesin ATM yg mengambil uang lebih yg ada di mesin ATM.. sungguh kecewa sampai tgl 12 uang saya masih belum kembali. Dan belum ada tanggapan lg dari pihak bank BTN..
    Terimakasih.. semoga pihak bank BTN pelayanan nya bisa lebih baik lg kedepannya..

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BTN?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Proses Refund Uang di Bank BTN Sangat Lama

oleh Regi dibaca dalam: 1 menit
5