Penyalahgunaan Kartu Kredit yang Dalam Kondisi Diblokir dan Transaksi Tanpa OTP

Dear Media Konsumen dan MNC Bank,

Tanggal 20 Maret 2023, saya mendapatkan SMS yang berisikan kode OTP dari MNC Bank, untuk beberapa transaksi yang tidak saya lakukan. Pada tanggal 21 Maret 2023, saya telepon ke MNC Bank untuk mengkonfirmasi bahwa transaksi tersebut bukan transaksi saya. Sekaligus saya ingin memblokir kartu saya, yang sebenarnya tidak pernah saya aktifkan apalagi gunakan dari semenjak kartu kredit tersebut dikirimkan kepada saya.

Kemudian oleh pihak CS saya diberitahu, bahwa benar ada beberapa transaksi yang menggantung, karena kartu kredit saya sedang dalam kondisi diblokir, akibat masalah iuran tahunan yang tidak mau saya bayarkan (mengingat saya tidak pernah mengajukan pembuatan kartu kredit dari MNC Bank. Pada billing statement juga terdapat keterangan, yang intinya saya harus melunasi tagihan agar kartu bisa tetap digunakan.

Menurut asumsi saya, benar seperti yang CS jelaskan, bahwa kartu saya sedang dalam kondisi diblokir. Lalu saya disarankan untuk membuat surat sanggahan dan sudah saya lakukan.

Tanggal 17 April 2023, keluar hasil investigasi bahwa saya harus membayar sebesar kurang lebih Rp9 juta atas transaksi yang tidak saya lakukan. Tanggal 18 April 2023, keluar billing statement, yang mana ada beberapa transaksi juga yang tidak saya terima kode OTP-nya, tapi transaksi tersebut berhasil dilakukan.

Yang jadi pertanyaan sekaligus kekecewaan saya, kenapa kartu yang dalam kondisi diblokir diizinkan untuk bertransaksi oleh sistem MNC Bank?

Indra Hidayat
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Penyalahgunaan Kartu Kredit yang Dalam Kondisi Diblokir dan Transaksi Tanpa OTP

  • 22 April 2023 - (17:23 WIB)
    Permalink

    Itu billing statement nya tagihan cuma -/+ 300k t-tapi kok tetiba suruh bayar 9.000k gimana ceritanya?? Apa karena ini..??

    “Kemudian oleh pihak CS saya diberitahu, bahwa benar ada beberapa transaksi yang menggantung..”

    Lagian kak Indra mau2 aja dulu dikirim CC dari bank yang mon map kurang terkenal dan sistem perbankan nya masih tanda tanya.. Oops~

    Tapi emang sebaiknya ga usah lah punya “kartu hutang”, lebih tentram hidup ini tanpa hutang.. Kecuali kak Indra sering travelling — pekerjaan / jalan2, kerana CC itu sebagai syarat “biasanya” kalau mau bepergian..

    5
    1
  • 22 April 2023 - (17:44 WIB)
    Permalink

    mon maap itu kartu gak pernah diaktifkan tapi kok bisa terima billing statement ya? biasanya kalo CC blm diaktivasi harus isi email untuk pengiriman billing statement dan aktivasi dengan nomor telepon. agak aneh sih ini

    3
    1
  • 22 April 2023 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Jangan anggap enteng kartu yg tidak diaktifkan akan baik baik saja. Tidak..! Suatu saat dikhawatirkan ada orang lain yg mengaktifkan bisa saja orang dalam karna tau data nasabah. Sdh bnyak kasus terjadi Segera tutup klw mmng tdak digunakan.

    5
    1
  • 23 April 2023 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Aku pernah tiba-tiba dapat telepon nawarin pembuatan CC MNC bank tapi aneh nya mereka bilang sudah punya seluruh data pribadi saya termasuk KTP dan NPWP, saya cukup bilang IYA saja.
    Tapi saya masih penasaran, saya kejar terus itu siapa yang ngasih. Tiba2 telponnya di tutup begitu saja..

    2
    2
  • 23 April 2023 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Gini lho, marketing CC itu punya komunitas. Setiap cc yg kalian proses dan berhasil approve maka datanya akan di oper ke temen2nya yg lain dari bank2 yg berbeda. Jd jangan kaget klo tetiba kalian dikirimin cc yg kalian tidak proses. Krn marketing CC ini hidup dr insentive setiap cc yg approve jd mrk usaha gimana caranya sebanyak mungkin cari nasabah dgn cara bikin komunitas itu.

  • 23 April 2023 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Jgn bayar dan jgn takut kalau emang kaka tidak pernah mengajukan dan mengaktifkan itu cc. Datangi langsung bank yg bersangkutan buat sanggahan. Minta bukti dan sekalian foto buktinya kalau mereka memalsukan dokumen tsb. Lapor ke polisi

  • 24 April 2023 - (00:50 WIB)
    Permalink

    Belum berani komentar banyak, nunggu billing statement yang april 2023. Karena kan harus lihat tgl transaksi dan cetaknya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit MNC Bank?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Penyalahgunaan Kartu Kredit yang Dalam Kondisi Diblokir dan Transaksi …

oleh Indra Hidayat dibaca dalam: 1 menit
15