Nomor Tri Tidak Bisa Menerima Panggilan dari Operator Lain

Pada awal bulan April 2023, proses integrasi jaringan Indosat Ooredoo Hutchison untuk di wilayah saya, sukses dilakukan oleh pihak IOH. Tandanya, sinyal Tri yang tadinya nol bar, sekarang menjadi full, baik 2G maupun 4G. Kabar baik tersebut disambut baik oleh saya sendiri maupun keluarga dan tetangga. Kesuksesan integrasi jaringan tersebut dapat dirasakan dari kecepatan dan kestabilan internet di jaringan 4G.

Namun, tanpa disadari dan dirasakan oleh banyak pengguna, nomor Tri tersebut hanya bisa menerima panggilan dari sesama Tri saja. Sedangkan jika operator lain yang menghubungi, baik dari Telkomsel, XL maupun Indosat, maka terdengar suara, dengan keterangan “Nomor yang Anda tuju tidak terdaftar”.

Hal ini sudah dilaporkan ke Customer Service Tri melalui sambungan telepon ke 132, pada tanggal 21 April 2023, begitu pun melalui Twitter. Namun sampai saat ini sudah tiga kali menghubungi tidak ada hasil yang didapat, ada lima nomor Tri yang aktif, lima perangkat sebagai uji coba.

Jaringan diset ke 2G Only, mulai dari iPhone 12, Samsung A32, Redmi Note 10 Pro, Nokia 105, Nokia 5310. Mencoba melakukan panggilan dari Tri ke Tri, sambungan berhasil. Mencoba melakukan panggilan dari Indosat, Telkomsel maupun XL ke nomor Tri, keterangan tidak berubah, tetap dengan notifikasi suara mesin “Nomor yang Anda tuju tidak terdaftar”.

Menon-aktifkan pengalihan panggilan secara manual berulang, baik dari kode dial ##04# atau #122# , dan kode dial lainnya seperti ##21#, atau melakukannya secara otomatis dari pengaturan HP masing-masing, sudah dilakukan. Namun tidak membuahkan hasil.

Semoga pihak Tri bisa membaca keluhan ini, dan saya harap bisa diselesaikan secepatnya karena laporan demi laporan ke CS hanya disuruh hal yang sama, matikan HP, restart dan pindahkan kartu sim ke HP lain.

Terima kasih Media Konsumen.

Dena Permadi
Kec. Surade, Sukabumi, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 7/5/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Nomor Tri Tidak Bisa Menerima Panggilan dari Operator Lain

    • 6 Mei 2023 - (10:53 WIB)
      Permalink

      Jika kaka baca keluhan diatas dengan seksama, terjadi massal untuk seluruh pengguna, dan dipastikan nomor tersebut aktif semua, tidak dimungkinkan ribuan pelanggan datang ke Gerai.

  • 6 Mei 2023 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Mungkin operator fokus pada Data, sehingga fitur tradisional jarang di maintenance. Laporan Seperti ini seharusnya operator berterimakasih

  • 6 Mei 2023 - (13:40 WIB)
    Permalink

    itu kartunya tidak singkron dengan setelan bts baru tsb, kalo mau nunggu penyesuaian bts ya bakalan lama.

    kalo mau cepat solusinya ganti kartu, nomor akan tetap sama. mssid belakang kartunya yg berubah doang dan bs menyesuaikan dg upgrade bts area sana.

    silahkan dibantah, kalo merasa pintar dan bs kasi solusi lain 🙂 mungkin terdengar konyol saran sy, apa hubungannya sama ganti kartu wkwkwkwk… dijelaskan panjang juga bakalan banyak yang ngga paham kok 🙂

    6
    1
    • 7 Mei 2023 - (07:43 WIB)
      Permalink

      Aku pengguna Indosat pasca bayar sejak 1997 pun paling gak tiap 2 tahun ganti kartu ke gerai tanpa biaya tambahan. Kalau mereka upgrade sistem setidaknya sebagai pelanggan bisa menikmati kualitas layanan yang lebih baik.

    • 7 Mei 2023 - (13:47 WIB)
      Permalink

      Luar biasa kak, informasih yang dijelaskan bener banget, dan saat ini layanan sudah normal setelah tayang disini

      • 11 September 2023 - (20:22 WIB)
        Permalink

        Hai Kak, saya kebetulan mengalami kendala yang sama. Jadi untuk solusinya apakah harus datang ke gerai dan ganti kartu? terima kasih

  • 8 Mei 2023 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Aahhhh XL XL sudah JARINGANnya akhir akhir ini SERING BERMASALAH, juga tadi saya ada telpon ke XL CENTRE di 817 mau menanyakan kalau saya isi paket kuota INTERNET lagi dengan PAKET yang SAMA apakah KUOTA PAKET INTERNET saya SEKARANG yang masih 10 GB akan hilang ?. Dan di jawab OPERATORnya XL paling besar di AKUMULASI hanya 1 GB yang berarti HANGUS HILANG 9 GB KUOTA saya juga. Juga saya tanya kalau saya SETIAP ISI KUOTA INTERNET di APLIKASI XL selalu ada TERTULIS TELP KE SEMUA OPERATOR 20 MENIT,….. pertanyaan saya apakah TELP KE SEMUA OPERATOR 20 MENIT memang BENAR adanya atau TIDAK YAAA atau HANYA sepintas PAJANGAN saja HANYA TULISAN saja supaya BAGUS DIPANDANG MATA. Karena menurut SAYA PRIBADI kalau dari tulisan TELP KE SEMUA OPERATOR 20 MENIT itu artinya kita BISA TELP KE SELURUH OPERATOR 20 MENIT GRATIS,…….akan tetapi sampai HARI INI JUGA jadi PULSA SAYA YANG BERKURANG HAMPIR ?RIBU KURANG HAMPIR SERATUS RIBU RUPIAH juga tulisan TELP KE SEMUA OPERATOR 20 MENIT itu juga MASIH ADA,……..PIKIR DONNNNG,.PAHAM YA.

 Apa Komentar Anda mengenai Tri Indonesia?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Nomor Tri Tidak Bisa Menerima Panggilan dari Operator Lain

oleh Dena dibaca dalam: 1 menit
16