Resi SiCepat dari Sistem Tokopedia Tidak Bisa Di-input oleh Kurir, Menyebabkan Pesanan Dikomplain Pembeli

Pada tanggal 8 Mei, toko kami menerima pesanan melalui aplikasi Tokopedia. Seperti biasa, kami melakukan proses request pick up dengan kurir rekomendasi otomatis dari Tokopedia, yaitu SiCepat, dengan nomor resi yang tercetak secara sistem.

Pada tanggal yang sama, kurir SiCepat melakukan pick up paket. Namun setelah kami cek keesokan harinya, tanggal 9 Mei 2023, nomor resi tersebut belum diinput. Sedangkan pesanan lain dengan kurir yang sama sudah terinput. Pihak kurir memberitahu kami bahwa nomor resi tersebut tidak bisa diinput dan akan dicoba lagi.

Sambil menunggu, kami menghubungi pihak Tokopedia Care mengenai masalah ini. Pihak Tokopedia merespons bahwa akan berkoordinasi dengan pihak kurir mengenai hal ini.

Setiap hari kami menanyakan kepada pihak Tokopedia dan kurir SieCpat dari tanggal 9-11 Mei, tetapi status resi masih belum ter-update karena tidak bisa diinput dari pihak SiCepat. Akhirnya pembeli mengajukan komplain karena barang belum juga diproses dan meminta investigasi dari kurir atau pengembalian dana.

Sebagai penjual, kami merasa terjepit dan dirugikan. Setiap kali kami menanyakan ke pihak Tokopedia Care, customer service hanya meminta kami untuk aktif mengecek status resi yang tidak pernah berubah. Apakah benar pihak Tokopedia Care telah melakukan koordinasi dengan SieCpat? Menurut kami, ini adalah hal yang sepele, yaitu meng-input nomor resi yang dibuat oleh sistem Tokopedia, tetapi berhari-hari tidak ada tindakan.

Sebagai pihak penjual, jika kami gagal mengirimkan pesanan dan menjadi batal, kami akan dikenakan penalti poin toko. Hal ini juga telah kami sampaikan ke pihak Tokopedia, tetapi hanya mendapat jawaban bahwa jika terjadi penalti poin, kami diminta untuk menghubungi pihak Tokopedia. Kami merasa lucu dan kesal dengan respons ini, karena sebagai pihak seller kami sudah melaporkan dan kendala ada di sistem Tokopedia.

Apabila pembeli mengajukan komplain seperti yang terjadi saat ini dan berakhir dengan pembatalan pesanan, kami juga yang dirugikan. Karena pembeli kecewa dan transaksi yang seharusnya terjadi dengan aman dan lancar menjadi gagal, gara-gara masalah input nomor resi yang tidak diketahui penyebabnya.

Saat ini tanggal 11 Mei 2023, pembeli telah mengajukan komplain dan meminta investigasi kurir atau pembatalan pesanan. Padahal masalah ini telah kami laporkan sejak tanggal 9 Mei dan tidak ada solusi yang diberikan. Sebagai penjual, kami diharuskan untuk menjawab dan menanggapi komplain ini.

Jika aplikasi Tokopedia tidak mengenakan biaya apa pun ke pihak penjual dan pembeli, maka kami tidak dapat memaksa adanya pelayanan yang baik dan cepat. Apa fungsi dari Tokopedia Care dalam membantu penjual dan pembeli?

Kami menulis surat pembaca ini sebagai bentuk kekecewaan terhadap kecepatan pelayanan dan respons penyelesaian masalah, bukan respons yang hanya sebatas membalas chat tanpa ada penyelesaian yang jelas. Terima kasih.

Mariana
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Mariana

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Mariana dengan judul “Resi SiCepat dari Sistem Tokopedia Tidak Bisa Di-input oleh Kurir, Menyebabkan...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Resi SiCepat dari Sistem Tokopedia Tidak Bisa Di-input oleh Kurir, Menyebabkan Pesanan Dikomplain Pembeli

    • 12 Mei 2023 - (10:05 WIB)
      Permalink

      percuma kak krn sblm kejadian ini, kami jg pernah coba hub DM sicepat dan tidak pernah ada balasan kak..Cm di kasih no tiket terus di tinggal tnpa kabar

      5
      1
      • 12 Mei 2023 - (18:54 WIB)
        Permalink

        Ka coba Makai ninja ekpress soalnya kiriman cepat Jabodetabek 1-2 HR luar Jabodetabek 3 HR soalnya saya langganan pakai ninja setiap beli barang di online di market place apa saja saya langganan dengan ninja sama2 Jakarta 1 hr nyampe apalagi sampean orang Jakarta Utara pasti banyak ninja ekpress jangan Makai sicepat lagi karena setiap terakhir masuk ke gudang terakhir sicepat tidak update statusnya ?

        • 13 Mei 2023 - (12:49 WIB)
          Permalink

          iya kak,makasih buat sarannya.. Akan kami coba cek kurir ninja terdekat trlbh dahulu sblm kami aktifkan.

          blkgn ini, gk tau knp sicepat jd bnyk kendala, tahun seblmnya di lokasi yg lama sblm kami pindah ke lokasi yg baru, kami aktif dan hanya memakai sicepat krn kurir yg pick up sgt membantu dan aktif.

  • 12 Mei 2023 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Opsi kurir rekomendasinya matikan aja, karena resi yang awalannya TKP-01 itu lebih sering problem daripada resi yang awalannya TKSC / 00 untuk SiCepat.
    Mungkin karena kurir rekomendasi itu sistemnya oper-operan, jadi bukan dihandling sama SiCepat aja nantinya, tapi ada potensi pindah ekspedisi.
    Saya waktu masih aktifin kurir rekomendasi juga sering ketemu kasus begini. Akhirnya saya matikan sampai sekarang, kalau ada komplain pun jadi gak jelas karena multi ekspedisi pada saling lempar tanggung jawa.

    5
    20
    • 10 Juni 2023 - (00:31 WIB)
      Permalink

      Emang makin ngaco sitokopedia lama lama , kurir rekomendasinya makin kaga jelas.
      Saya jg lagi komplain barang saya udah 5 hari ga dikirim kirim, pake gratis ongkir dapet kurirnya GTL ga tau tuh kurir apaan .
      Barang dari tanggal 4 sampai sekarang kaga dikirim kirim .
      ****

  • 12 Mei 2023 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Kurir rekomendasi emang meresahkan … Dapetnya ID express mulu yg kl ngambil kaya ninja … Ga ada konfirm….

    Tp setidaknya ya kak, buyernya komplain bukan krn kesalahan kakak, mereka hanya ingin membantu kk dengan memperpanjang masa kirim agar tidak dbatalkan otomatis.

    Mudah2an cepet sampe orderannya ke buyer ya kak

    • 13 Mei 2023 - (12:55 WIB)
      Permalink

      iy kak, buyer mengerti posisi kami dan komplain biar dr toped bs cpt investigasi kurir. cuma kl dr toped dan kurir yg lambat respon atau tidak bs menyelesaikan mslh input resi, berarti paket akan semakin lama di proses kirim ataupun pada akhirnya akan batal jg.

      pada akhirnya, kami putuskan menyetujui pengembalian dana biar buyer tidak dirugikan waktu jg dan juga disebabkan dr pihak tokopedia care jg tidak bs membantu menyelesaikan kendala resi yg tidak bisa diinput.

      Lucu juga bs terjadi hal seperti ini di sistem Market Place Tokopedia yg notabene perusahaan unicorn gede dan kurir sicepat yg jg termasuk slh 1 kurir besar tp ada kesalahan sepele dan tidak bs memberikan solusi.

  • 14 Mei 2023 - (00:29 WIB)
    Permalink

    Toko saya sudah 6 bulan matiin ni kurir. Awal2 join, buanyak pesanan dipickup awal lalu abis tu ga dipickup. Sekali auto cancel bisa hampir 10an per hari. Alasannya, paket belum siap dipickup padahal ga ada yg dateng pickup. Konsumen mana mau tau. Alhamdulillah banget dimatiin bikin hati tentrem, orderan ekspedisi lain lancar.

  • 17 Mei 2023 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami juga, memang pernah saya dapat Resi dari Tokopedia menggunakan kurir sis Cepat, sampai sampai belum di pick up padahal harusnya dipick up hari itu, alasannya sedang pembenahan managemen, banyak yang di Cut.
    Kurir terbatas, tapi yang dikorbankan Penjual. Pihak Tokopedia juga santai aja menerima tanggapan saya, sampai telp ke Si Cepat berkali kali juga percuma nga ngebantu, buang pulsa malah. Dan sampai di Si Cepat yg menerima penjemputan Resi tokped ditolak nga tau kenapa. Akhirnya dibantu oleh pihak sana, diakalin bisa.

    Tolong jangan pakai kurir Si Cepat ini, makin lama makin meresahka
    Bagi yang belum tau, segera jauh jauh dari layanan Si Cepat ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Resi SiCepat dari Sistem Tokopedia Tidak Bisa Di-input oleh Kurir, Men…

oleh Mariana dibaca dalam: 2 menit
14