Sangat Kecewa dengan Kartu Kredit BNI dan Asuransi BNI Life

Awal mula kejadian pada bulan Desember 2022, pihak telemarketing BNI menelepon saya dan menawarkan produk asuransi. Beberapa kali saya tolak, tapi berikutnya ia memaksa dan terus memaksa, dengan berbicara menjelaskan produknya dengan cepat, yang saya tidak mengerti bahasannya (mungkin dia sendiri yang tahu maksud penjelasannya).

Singkatnya, setelah saya bilang tidak setuju karena saya sudah punya asuransi sendiri dari perusahaan, pada bulan Januari 2023 ada tagihan masuk premi sebesar Rp3.800.000-an. Padahal saya gak melakukan transaksi dan mengambil manfaat apa pun.

Yang membuat saya kecewa, kok pihak BNI seenaknya membebankan langsung biaya premi sebesar itu ke tagihan kartu kredit tanpa konfirmasi dan tanda tangan saya? Apa kerjanya telemarketing itu memang seperti itu memanfaatkan keadaan nasabah yang dalam keadaan bingung serta tidak tahu yang dimaksud? Apa ini bentuk penipuan secara halus?

Bahkan untuk menutup asuransi itu pun sulit dan ruwet sekali. Beda sekali saat penawaran awal asuransi dan tiba-tiba terdebit Rp3.800.000-an tanpa ada konfirmasi/tanda tangan saya. 3 hari berikutnya saya ajukan pembatalan, tapi diulur-ulur terus, dibuat susah sampai akhirnya terdebit. Sampai bulan ini, di bukti yang saya lampirkan masih ada pembayaran “Perisai Plus”.

Untuk kartu kredit pun, tiba-tiba dikirim ke rumah atas nama istri, adik, dan ibu saya. Padahal tidak ada pengajuan sama sekali (terlampir namanya pada tagihan kartu kredit saya di atas). Mereka semua tidak pernah mengajukan kartu kredit, tapi kok di situ tertera namanya? Apa sampai segitunya mengejar target?

Hati-hati untuk nasabah lainnya, jika ada penawaran asuransi bentuk apa pun dari BNI. Karena bukan hanya saya, kawan saya juga ada korbannya.  Semoga bisa dijadikan pelajaran dan hikmah bagi nasabah BNI yang lain, terkait kartu kredit BNI dan asuransi BNI Life.

Terima kasih. Hormat saya,

Purwanto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

39 komentar untuk “Sangat Kecewa dengan Kartu Kredit BNI dan Asuransi BNI Life

  • 23 Mei 2023 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Gila juga ya, itulah kenapa saya ngga akan pernah angkat telpon ngga jelas. Dan instal aplikasi pihak ke 3 utk mengetahui siapa yg call kita.. Lebih baik di urus saja dan tutup saja cc nya…

    6
    1
    • 23 Mei 2023 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Maaf, sepertinya bertolak belakang cerita bapak,sy bukan membela BNI karna sy juga pny, 1. Kk di kirim ke saudara2 anda dsb, itu pasti anda yg memberikan atau acc data2nya, tidak mungkin alamat rumah semua diketahui oleh bni, karna minimal anda harus memberikan info dasar seperti nama alamat dll. 2. Ada 2 asuransi yg anda acc, jika memang menolak harusnya dr perkenalan anda sdh berhak menutup, tapi anda sendiri yg ingin mendengar tawarannya. Sy juga sering menerima penawaran asuransi yg masif tapi sejak perkenalan sy dengan tegas menolak bahkan dgn nada emosi, biasanya di cs akan stop menelp untuk 1-2 minggu.

      7
      7
      • 23 Mei 2023 - (18:53 WIB)
        Permalink

        Iya bapak, 1mungkin waktu itu data data untuk ngisi formulirnya menggunakan nama nama tersebut, yang saya tanyakan cuma , mereka tersebut diatas tidak mengajukan pembuatan kartu kredit kok tiba tiba dikirim dirumah, 2.harusnya telemarketingnya kalau penawaran si nasabah sudah menolak dari awal dan sudah diberitahu kalau nasabah tersebut sudah punya asuransi dari perusahaan , harusnya kan dia mengakhirinya bukan malah menjelaskan tanpa ada spasi titik koma dan seperti ada unsur memaksa waktu itu, penawaran asuransi apa pemaksaan asuransi . Terima kasih tanggapannya pak lain kali akan saya tolak, bahkan langsung saya reject

    • 23 Mei 2023 - (17:33 WIB)
      Permalink

      Iya kak makasih masukannya, mau saya tutup ini cc nya , cuma terkendala harus di selesaikan dulu pembayaran nya yang tertanggung di cc nya, dari bulan 1 yang awal mula kena premi asuransi nya sebesar 3,800.000an sampai sekarang bulan 5 ini jadi 5,500.000 yang harus saya bayar, semacam bunga berbunga

    • 23 Mei 2023 - (18:05 WIB)
      Permalink

      Baru satu Minggu lalu kena jebakan BNI life ada auto debet sebesar 1.1 padahal penawaran awal premi 200ribu. Mana uang tsb untuk biaya masuk sekolah anak. Uang 1.1juta buat saya sangat besar karena butuh dengan UMR

      • 23 Mei 2023 - (21:42 WIB)
        Permalink

        Casenya hampir sama dg saya sperti kartu tambahan utk keluarga, awalnya sya ga curiga krn telemarketing cuma nanya data nama2 keluarga dia ga bilang klw mau dibikin kartu tambahan atasnama keluarga dg 1tagihan tadinya sayapikir klw ga 1tagihan dg masing2 kartu dan memiliki saldo masing2 akan saya pake ternyata ga, akhirnya saya tutup yg tambahannya, kemudian utk asuransi saya jg sering bangte ditlp sma marketing asuransi krn sdh punya asuransi wlwpun bpjs saat itu akhirnya saya bilang ke mrktg telenya ini bentuknya penawaran atau sosialisasi mereka mengelaknya sosialisasi tp ujung2nya penawaran sya tutup tlpnya aja langsung. Tujuan punya KK klw bagi saya si dana talangan ketika gajian sisa 1minggu, bgtu gajian ditutup biar ga kena bunga. Dn pada akhirnya saya tutup juga, malas nerima tlp dr marktg asuransi. Ga BNI bank plat merah sebelah juga sama ada penawaran2 gtu. Alkhamdulillah sdh ga punya KK lagi…

        • 24 Mei 2023 - (10:03 WIB)
          Permalink

          Namanya aja tambahan, sudah jelas limit gabungan. Jangan sembarang apply tambahan, segala transaksi yg muncul di kartu” laen tsb, baik yg dilakukan sendiri ataupun kebocoran kartu/transaksi tidak dikenal akan ditagih/jadi tanggungan nama tertera kartu utama. Ngga mungkin bank nawarkan kartu tambahan utk anggota keluarga (anak, istri, dll) dgn limit baru.

          • 27 Mei 2023 - (09:09 WIB)
            Permalink

            Justru saya ga ada niatan utk dpg kartu tambahan, cm saat itu saya lg kerja dilapangan sambil naik motor ditlp sama Marketingnyq kemudian ditanya2 nama keluarga orgtua sama saudara kandung, tts selang beberapa hari ada surat 3 amplop berisi KK tambahan, klw masing punya plafond mungkin saya pake, tp jadi satu plafond dg kartu KK utama akhirnya ga saya aktifkan.

        • 26 Mei 2023 - (19:44 WIB)
          Permalink

          Iya kak asep, cuma 3 kartu kredit yang lainnya tidak saya aktifkan, karena memang tidak ada niat mengajukan pembuatan cc nya.

      • 23 Mei 2023 - (22:12 WIB)
        Permalink

        Saya malahan 3,8 kak, daripada untuk bayar premi yang saya tidak jelas, untuk daftar sekolah 3 anak saya saja,

        • 24 Mei 2023 - (11:11 WIB)
          Permalink

          Hati2 terhadap telemarketing, krn dengan berkata “Ya” aja itu sudah valid untuk mereka memproses pengajuan. Jadi klo ada telemarketing menawarkan produk apapun, sebaiknya langsung ditutup

          • 26 Mei 2023 - (19:42 WIB)
            Permalink

            Iya kak rusdi, terima kasih saran dan infonya kak🙏🏽

    • 3 November 2023 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Jdi kawatir nih saya.termasuk Nasabah BNI Life,,,kira2 balik ga ya Duitku 50 jta,uda mau 5 thn…thn Depan,,,,Ngeri klo Baca Para Korban BNI Life,,nti klo mau cairkan ku akan buat Live,bawa rekaman,,klo ga balik ku Laporkan Penipuan da Pengelapan Dana .lqbgsyng ke Polda.

      • 9 November 2023 - (18:06 WIB)
        Permalink

        Sudah terselesaikan sudah lama kok, TERIMA KASIH PADA PIHAK BANK BNI ATAS RESPON NYA TERIMA KASIH BANYAK BANK BNI ATAS PENYELESAIAN KELUHAN SAYA BNI YANG TERBAIK

  • 23 Mei 2023 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin dengan kemalangan yang menimpa bapak Purwanto..

    Asuransi kok mahal syekali 3,8jt..?? Asuransi apaan..??!! Sebaiknya segera tutup CC setelah seluruh tagihan lunas, atau bapak bisa minta blokir permanen CC nya supaya tidak bisa ter-debet transaksi apapun.. Bilang blokir permanen CC saya, saya tidak mau kartu pengganti..

    • 23 Mei 2023 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Iya kak karna bni dan pihak bni asuransi life itu beda semacam anak perusahaan dari bni nya, saya sangat kecewa dengan telemarketingnya yang seakan memanfaatkan keadaan

  • 23 Mei 2023 - (12:35 WIB)
    Permalink

    inilah akibatnya dari lemahnya perlindungan hukum kepada konsumen / nasabah. Jd pelaku usaha jd semena2. Kalo di US sana, udah pasti habis itu perusahaannya, dituntut ampe bangkrut.

    4
    1
    • 23 Mei 2023 - (22:23 WIB)
      Permalink

      Iya kak herwin, harusnya setelah telemarketing asuransi(anak perusahaan bni) menawarkan produknya yang bicaranya cepat tanpa ada spasi koma yang saya sendiri tidak tahu preminya berapa bulanannya berapa, seharusnya dari pihak bni cc sendiri mengkonfirmasi, menanyakan lagi pada nasabah, bukan langsung tiba” mendebet 3,8juta pada cc,apa ini bukan bentuk lain menggiring nasabah membayar apa yang tidak ia tahu, seperti semacam kongkalikong

      • 20 Oktober 2023 - (10:07 WIB)
        Permalink

        Kak mau nanya ini, saya juga terkecoh waktu ini saya ditawarkan juga yg Perisai plus itu apakah itu asuransi BNI LIfe’a ? awalnya dibilang cuma kena 0, sekian dari total tagihan apakah itu bni life ? saya tadi coba tlp ke call center BNI tapi susah menunggu lama sekali. mohon dijawab ya kak

  • 23 Mei 2023 - (17:15 WIB)
    Permalink

    Yth Bp. Purwanto,

    Dapat kami sampaikan bahwa BNI Life telah menghubungi Bp. Purwanto pada tanggal 23 Mei 2023 ke nomor yang terdaftar akan tetapi belum tersambung.

    Untuk penanganan keluhan, kami harapkan Bapak dapat menginformasikan nomor telepon dan alamat email yang dapat dihubungi pada saluran komunikasi resmi BNI Life melalui Contact Center 1-500-045 atau email care@bni-life.co.id untuk kami tindaklanjuti.

    Kami selalu berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada para nasabah dengan segala kemudahannya.

    Terima kasih

    Humas BNI Life

    1
    7
    • 23 Mei 2023 - (17:51 WIB)
      Permalink

      Mohon kebijakannya dari bni untuk dana saya yang terdebet untuk premi asuransi senilai 3.800.000 di refund , karena saya merasa dirugikan dan tidak mengambil manfaat sedikitpun dari premi yang di tiba tiba di beban kan ke cc tanpa ada konfirmasi dari saya

    • 24 Mei 2023 - (22:16 WIB)
      Permalink

      BNI life ***… Cuman Tipu2 yg terbungkus… Janji2 Manis… Korban di Yogyakarta dah banyak…. Uang yg disetorkan cuman cair cmn berapa persen saja, nyesek… Bang punya pemerintah tp kayak ditipu oleh pemerintah sendiri… Dah kapok ikutan yg namanya ASUransi…

  • 23 Mei 2023 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga mngalami hal yg sama terkait BNi life. Awal mula cs bilang untuk investasi masa depan. Seandainya sudah jatuh tmpo slma 5 th tanpa klai. mendapatkan tambahan. Premi pertahun, 7,2 JT slmama 5 th tanpa klaim. Stelah saya klaim 5 th kmudian apa jawab CD BNI life, uang nya cuma bisa blik 17 JT, dari total 32 JT. Sakit hati tak bisa di ungkapkan bagaimanapun di urus tetap sgitu. Saya srankan jngn pernah ada korban asuransi di negri ini.

  • 23 Mei 2023 - (22:31 WIB)
    Permalink

    Telemarketing asuransi rekanan BNI tidak perlu ada tanda tangan pemilik kartu yg dihubungi. Percakapan itu direkam. Penjelasan panjang lebar, ada jeda ditanya: apakah anda setuju?, jika mnrt kamu jebakan, ya tentu saja, supaya tembus tawaran nya. Tapi kalau tidak sepenuhnya mengerti namun asal jawab: iya… Ya seperti ini jadinya, muncul tagihan. Saya juga punya 3 kartu BNI, ngga ada satupun yg saat di telp saya ladeni (cukup dijawab: ada keperluan apa ya? Jika soal tawaran, maaf tidak berminat, silahkan dilewatkan saja ya… Selamat siang/sore. Tutup pembicaraan)

    • 25 Mei 2023 - (04:00 WIB)
      Permalink

      Sama gan.. Saya langsung to the point tanya balik biasanya, kalau tawaran asuransi dll maaf tidak, kalau masih ngotot mau nawarin langsung tutup,

    • 25 Mei 2023 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Jadi telemarketing itu kerjaanya gitu ya kak, semacam menggiring nasabah ke perangkap ,

  • 24 Mei 2023 - (05:21 WIB)
    Permalink

    Tapi bapak sudah bayar tagihan cc nya? Kok dari 3.8 jadi 5.5 jumlah limit yg di berikan BNI berapa? Jika ada tagihan tercetak di bayar dulu pak takutnya kena denda keterlambatan jadi bunga ber bunga dan jelek di mata bank… habis tagihan terselesaikan dan dana g akan utuh di kembalikan bahkan akan nihil. Langsung tutup saja

    • 24 Mei 2023 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Ngga ada duitnya. Jelas” di billing Jan 2023 menunjukkan saat Des 2022 (tagihan bulan lalunya: 922.474) hanya dibayarkan 450.000. Gimana sanggup bayar 5jtan itu, kecuali tiba” ketiban dana segar

  • 24 Mei 2023 - (07:07 WIB)
    Permalink

    BNI life jangan jadi maling dong. Saya jg ada kartu kredit BNI juga. Sering sekali ada tawaran 2 asuransi. Sampai2 saya takut kalau kartu kredit saya terdebet otomatis. Tolong dari pihak asuransi darimanapun juga, jangan nawarin asuransi lewat telepon. Yg disasar memang yg punya kartu kredit. Kemah sekali konsumen di Indonesia. Ngomongnya juga ceoet banget. Konsumen mana ngerti, perjanjiannya bagaimana dan Lo langsung main debet saja kartu kredit orang. Dasar asuransi pencuri dasar kriminal. Kalau diluar negeri bisa dituntut sampai bangkrut.

    • 25 Mei 2023 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Bener kak, kalau penawaran yang jujur dan bener itu datang kerumah, bukan penawaran lewat telpon

  • 24 Mei 2023 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Saya setipa minggu pasti ada telpon dri Pihak Asuransi, jadi kayaknya ketika kita Apply Kartu Kredit ada “Jatah” data (minimal nama & no hp) dari bank untuk diberikan kepada pihak Asuransi, soalnya ketika saya blm punya cc tdk pernah mendapatkan penawaran asuransi, setelah punya cc sering sekali mendapatkan telepon dr telemerketing asu-ransi ini, tetapi setiap mereka Tlp saya bilang saya sudah punya dan tidak butuh asuransi tambahan, bilang terima kasih penawarannya lalu tutup tlp. alhamdulillah sejauh ini aman.

  • 27 Mei 2023 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Setelah saya tutup semua KK, eh nongol penawaran promo dari Berobat dr RS SWASTA, rupanya data kita disebar oleh oknum…

  • 27 Mei 2023 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Emang brengsek tuh perisai life BNI….saya juga pernah jd korban sampai beberapa bulan karna saya gak pernah ngecek email dari BNI pembayaran tagihan…setelah sekian lama ku bayar…baru sadar klw di tagihan saya ada perisai BNI life….padahal saya ga pernah setuju/respon tlpn dari mereka…tiba2 aja dah ada d tagihan bulanan saya….makanya setiap ditlpn atas nama BNI life…saya langsung tutup tlpnnya…

  • 27 Mei 2023 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Iya kak , info kelanjutannya pada tgl 23 mei kemarin dapat telpon dari bni dan email masalah keluhan ini dengan nomor registrasi CCH-2305-0477 yang berisi” Dapat kami sampaikan bahwa keluhan tersebut telah kami terima dan dalam proses tindak lanjut. Kami akan memberikan jawaban kepada Bapak perihal keluhan tersebut dalam waktu 20 (dua puluh) hari kerja. Apabila kami masih memerlukan waktu untuk penelusuran lebih lanjut, maka kami akan menginformasikan kembali dalam waktu dekat”.

  • 8 Juni 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Update masalah mengenai tanggapan dari Bni mengenai asuransi bni life, yang awal mula kena biaya premi 3,8 sekarang berbunga sampai 5,5 bila memang tanggapan dari Bni tidak bisa di refund mohon kebijakan untuk keringanannya

  • 9 November 2023 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Untuk Bank Bni terima kasih atas solusi penyelesaiannya saya sangat terbantu sekali, saya ucapkan banyak terima kasih karena masalah dan keluhan yang saya Posting sudah terselesaikan , bni yang terbaik

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BNI?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Sangat Kecewa dengan Kartu Kredit BNI dan Asuransi BNI Life

oleh Pur dibaca dalam: 1 menit
39