Lambat, Respon CIMB Niaga atas Sanggahan Transaksi Fraud Kartu Kredit Master Card

Pada tanggal 1 Mei 2023 saya mendapatkan notifikasi email maupun sms dari CIMB Niaga terkait transaksi luar negeri dari UBER UK sebanyak 4 kali dengan total nominal transaksi sekitar GBP 179.53

Pagi itu juga saya melakukan panggilan ke 14041 guna memblokir kartu dan menyanggah transaksi tersebut dan telah diterima oleh agen CS dengan nomor referensi CBDIS010523000022, serta saya juga langsung email pada siang harinya untuk mengirimkan surat sanggahan beserta foto kartu kredit dan KTP.

email balasan surat sanggah

Setelah saya tunggu sampai tagihan muncul, ternyata transaksi tersebut masih ada dan belum ada tindak lanjutnya. Saya kembali menanyakan melalui telepon ke 14041 perihal sanggahan transaksi saya kok masih muncul di lembar tagihan saya. Setelah dilakukan pengecekan, laporan saya masih dalam antrean dilakukan investigasi saya mendapatkan nomor laporan baru 20230526-0504 untuk follow up lebih lanjut mengenai investigasi transaksi tersebut.

Sampai dengan sekarang sudah 1 bulan lebih, saya coba menghubungi 14041 kembali mempertanyakan sanggahan transaksi tersebut. Pada telepon pertama (terputus) dijawab oleh agent A bahwa sanggahan transaksi sudah disetujui, tapi belum dikreditkan, saat dilakukan pengecekan kira-kira kapan dikreditkan telepon terputus.

Saya menghubungi kembali 14041 guna memperjelas kapan kira-kira transaksi tersebut dikreditkan kembali limitnya ke kartu, akan tetapi jawabannya agent B berbeda dengan agent A pada awal tadi, bahwa transaksi tersebut masih dalam investigasi tim terkait, dan masih membutuhkan waktu.

Apakah seperti itu cara CIMB Niaga Card Center menangani sebuah masalah? Seolah masalah nasabah itu sepele dengan cara menunda-nunda penanganan masalah, serta jawaban antar agen bisa berbeda informasinya dan tidak kooperatif sama sekali dengan melakukan update status mengenai fraud transaksi.

FYI: saya dulu juga pernah kena fraud kartu kredit bank lain, tapi respon card center-nya bagus dengan selalu update by email dan tidak sampai tagihan baru muncul sudah di kreditkan limitnya tanpa harus berkali kali nasabah yang selalu menanyakan.

Setiawan Hendra
Kab. Kendal, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Setiawan Hendra

No. 043/CCG/MBCX/VII/2023 9 Juli 2023 Kepada Yth.: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan Bapak Setiawan Hendra yang...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Lambat, Respon CIMB Niaga atas Sanggahan Transaksi Fraud Kartu Kredit Master Card

  • 9 Juni 2023 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah…
    Sejak awal tahun 2023 ini, CIMB Niaga memang amburadul untuk penanganan keluhan nasabah.

  • 9 Juni 2023 - (14:45 WIB)
    Permalink

    CIMB Niaga ini sbnrnya kartu kredit mw nahan uang nasabah dgn cara paksa/gimana???sy kena jg kejadian serupa transaksi bulan april sudah byr lunas malah bln mei keluar lg, 2x dgn nominal yg sama lg, udh dikirim surat sanggah malah suruh bayar dlu, saya blg sm CS nya gw ga mw bayar! yg salah sistem elu, elu yg hapus!! gw ga mw bayar apapun termsk interest! akhirnya sy paksa CS blg sm atasan nya klo msh maksa bayar dlu gw masukin ke media konsumen, akhirnya setelah nunggu 8 menit!! CS blg yasuda gausa bayar n interest dihapus bulan dpn! lets see yaa CIMB Niaga kerja yg profesional!!!! jgn maksa nahan duit customer apalagi nahan bwt bayar tagihan fiktif!

  • 12 Juni 2023 - (15:27 WIB)
    Permalink

    saran aja.. mending langsung dateng ke banknya aja bang.. biar langsung bisa di proses, klo lewat tlf pasti lama

  • 2 Maret 2024 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Serupa dengan saya saat ini, saya disuruh nunggu sampai tanggal 8 Juli 2024
    Dan harus membayar tagihan yang tidak diterima sama sekali atau gagal transaksi

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Lambat, Respon CIMB Niaga atas Sanggahan Transaksi Fraud Kartu Kredit …

oleh setiawan dibaca dalam: 1 menit
7