Tarik Tunai Kartu Debit BSI di ATM Mandiri, Saldo Terpotong tapi Uang dan Setruk Tidak Keluar

Saya nasabah BSI yang sedang mengalami hal yang tidak mengenakkan pada saat kemarin, hari Jumat tanggal 23 Juni 2023. Saya melakukan penarikan tunai dari mesin ATM Mandiri, dengan menggunakan kartu ATM BSI di sekitar SPBU Ciheulang area Cikoneng, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Saat saya memasukkan kartu ATM BSI saya, semua berjalan lancar, sampai kemudian pada saat sudah saya masukkan PIN. Yang harusnya keluar uang, tetapi uang malah tidak keluar dari mesin ATM Mandiri tersebut. Saya melakukan penarikan sebesar Rp800.000, tapi setruk tidak keluar. Saat itu juga saya cek mutasi di m-banking BSI, ternyata saldo saya sudah terpotong.

Saya menunggu selama 5 sampai 15 menit, untuk memastikan bahwa uang saya keluar. Namun tetap uang tidak ada yang keluar, hanya bunyi mesin ATM saja seperti menghitung uang. Di layar ATM muncul warna biru dan bertuliskan kode-kode, bahkan muncul video saya yang saat itu berdiri di depan mesin ATM. Saya panik langsung saya hubungi call center BSI untuk pengaduan agar segera diproses dan kembali lagi uang saya tersebut.

Pihak BSI mengatakan bahwa proses akan terjadi 11 hari kerja, mereka akan melakukan investigasi terlebih dahulu. Ini waktu yang cukup lama menurut saya, untuk sebuah penanganan. Seharusnya kalau memang mesin ATM tersebut kehabisan uang atau sedang error, saldo kita yang sudah terpotong otomatis kan kembali lagi akan kembali lagi dalam waktu satu kali 24 jam. Namun sampai saat ini uang yang terpotong itu belum kembali ke rekening saya.

Oleh karena itu saya mohon kepada pihak BSI untuk segera dan secepatnya menangani pengaduan saya ini, serta mengembalikan uang saya tersebut secepatnya, karena saya sangat membutuhkannya.

Saya juga melihat ada ketidakberesan dengan mesin ATM Mandiri ini. Tempatnya yang nyempil dan sepi di SPBU, jauh dari bank dari kantor bank itu sendiri, akan menjadi sarang empuk kejahatan perbankan. Sebelum saya, katanya sudah ada 3 orang di hari itu yang mengalami hal yang sama. Oleh karena itu baiknya pihak Bank Mandiri juga memantau keamanan dari penggunaan mesin ATM tersebut, jangan sampai disalahgunakan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu yang sangat merugikan nasabah yang menggunakan layanan ATM tersebut untuk keperluan mendesak mereka seperti saya.

Nita Meilita
Kab. Bandung, Jawa Barat


Update (29 Juni 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank Syariah Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Tarik Tunai Kartu Debit BSI di ATM Mandiri, Saldo Terpotong tapi Uang dan Setruk Tidak Keluar

  • 27 Juni 2023 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Itu pada mobile bankingnya di icon kana bawah. Ada pilihan sanggahan transaksi. Klik aja transaksi yang disanggah itu. Nanti 3 hari kerja baru dibalikin dana nya..enggak 11 hari.

    • 28 Juni 2023 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Trimakasih infonya lain kali saya perhatikan itu kak..alhamdulillah kemarin setelah tayang tulisan saya ini di media konsumen, langsung tidak lama pihak BSI mengembalikan uang saya ke rekening..Trimakasih media konsumen

    • 28 Juni 2023 - (09:46 WIB)
      Permalink

      Memang ada aturannya wajib yang nasabah BSI harus ke atm BSI jg? Terserah nasabah mau diambil di bank yang sama kah, atm beda bank kah, link atau bersama kah, mau ke bri link kah. Harusnya berpikir cerdas menanggapi suatu masalah bukannya julid atau nyinyir, berpikir out of the box tapi beda konteks..di aturan media sini harus saling menghargai bukan menjatuhkan.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Syariah Indonesia?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Tarik Tunai Kartu Debit BSI di ATM Mandiri, Saldo Terpotong tapi Uang …

oleh hamzah dibaca dalam: 1 menit
5