Inkonsistensi Pembatasan Akun Shopee

Saya pemilik akun Shopee, dengan username: anothersil. Saya mendapat notifikasi dan email pada pagi hari tanggal 5 Juli 2023, bahwa akun saya telah dibatasi karena diduga melakukan pelanggaran.

Terkejut karena hal tersebut, saya mencoba menjual tabungan emas saya di Shopee (senilai Rp500-an ribu) dan ternyata sudah tidak bisa. Saya tak mengerti maksud Shopee memblokir penjualan aset milik saya sendiri.

Sampai detik artikel ini ditulis. Saya masih tidak bisa menjual aset milik saya sendiri.
Sampai detik artikel ini ditulis. Saya masih tidak bisa menjual aset milik saya sendiri.

Saya juga segera mengurus prosedur untuk pemulihan akun, sesuai petunjuk email terlampir dan dibalas dengan tidak memuaskan.

Dari email balasan, akun saya dinyatakan sudah tidak dapat dipulihkan dan terdeteksi oleh sistem Shopee memiliki lebih dari 1 akun untuk menyalahgunakan promo.

Sebagai pengguna setia Shopee sejak 2018 dan aktif memakai fitur dari tabungan emas hingga PayLater (juga selalu tepat waktu melunasi tagihan). Saya merasa sangat kecewa dengan tuduhan Shopee. Padahal saya hanya punya 1 akun yang biasa saya pakai sehari-hari.

Ketika diminta untuk menjelaskan akun mana yang mereka maksud, Shopee juga tidak bisa merespons. Saya bahkan juga telah menelepon langsung call center mereka. Mereka tak pernah bisa menjelaskan. Apakah sistem Shopee secacat itu tidak bisa membedakan akun yang dipakai secara wajar dengan tidak?

Setelah saya cari infonya lebih lanjut, ternyata beberapa teman saya yang biasa membagi info diskon di grup WA juga mendapat notifikasi serupa di hari yang sama. Dengan tuduhan yang sama memiliki lebih dari 1 akun. Yang lebih mengejutkan, permintaan pemulihan akun mereka disetujui dan akun mereka kembali normal.

Dari pengalaman saya ini, sangat terlihat inkonsistensi Shopee dalam menangani masalah. Saya menyesal telah percaya untuk menabung aset emas di Shopee & menjadi pengguna aktif mereka.

Saya menduga banyak akun di luar sana juga dibatasi sepihak oleh Shopee dengan aset uang atau lainnya yang masih mengendap. Miris melihat mereka sanggup mengadakan flash sale bombastis, tetapi mencuri keuntungan dari akun-akun pengguna kecil seperti saya.

Semoga pengalaman saya dapat menjadi pelajaran bagi pengguna Shopee yang masih menyimpan asetnya di sana.

Silvanus
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Inkonsistensi Pembatasan Akun Shopee

  • 28 Juli 2023 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Dari keterangan ini -> “Setelah saya cari infonya lebih lanjut, ternyata beberapa teman saya yang biasa membagi info diskon di grup WA juga mendapat notifikasi serupa di hari yang sama.”

    Maaf-maaf aja nih ya, saya ga percaya 99% kalau kamu “cuma” punya 1 akun.
    Jujur aja, pake berapa akun selama ini?

    Karena yang biasa gabung grup fb, wa, tele atau apapun itu berkaitan dengan cashback, promo, atau diskon, kecil sekali kemungkinannya kalau hanya user “normal” yang cuma punya 1 akun.

    Biasanya yang gabung grup sejenis begitu “pemain”
    Atau istilahnya “tuyul” promo.
    Pake banyak akun, buat dapetin cuan sebanyak-banyaknya. Ga mungkin puas kalau cuma “1”.

    Makanya jujur aja, pakai berapa akun?

    9
    7
    • 28 Juli 2023 - (13:04 WIB)
      Permalink

      Baca & pahami juga keterangan yg ini – > “Apakah sistem Shopee secacat itu tidak bisa membedakan akun yang dipakai secara wajar dengan tidak?”

      Kalau memang sistemnya tidak bisa menilai. Ditelusuri saja secara manual semua transaksi akun saya & berikan bukti akun lain yg mereka sebut sebagai milik saya juga. Pasti ada dong datanya?

      Shopee aplikasinya juga ada minta data (lokasi, dll. pas login). Apalagi saya juga pernah pesan Shopee Food.

      Dangkal sekali Anda menyamaratakan mental semua orang. Statistik 99% Anda ga percaya itu hitungnya juga dari mana?

      6
      3
  • 29 Juli 2023 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Pasti hbs borong sope live pake bnyk akun,, hehee percuma tanya adm gak bakal dijwb tp biasanya akun lain juga bakal kena blok

    3
    5
    • 29 Juli 2023 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Beraninya beropini pakai kata “pasti”. Hati-hati kalau tidak tau faktanya, itu jatuhnya jadi fitnah.

      5
      2
      • 29 Juli 2023 - (21:36 WIB)
        Permalink

        Coba aja bilang ke adm sope fitnah paling diketawain karna dia sdh ada sistem detek pembayaran, wifi dan link yg sering disharing digrup

        4
        5
        • 29 Juli 2023 - (21:50 WIB)
          Permalink

          Iya, paling juga “pemain” yang mengaku pake satu akun. Udah kebaca dari grup diskonannya.
          Yakali netizen yang udah paham bisa gampang percaya ada orang gabung grup diskonan cuma punya satu akun.

          3
          5
          • 30 Juli 2023 - (15:11 WIB)
            Permalink

            Semoga karma fitnah yang Anda buat berbalik ke diri sendiri suatu saat nanti. Sangat beraninya Anda memfitnah & menyamaratakan semua orang dari satu sisi saja.

            Kalau memang saya “pemain” seperti yang Anda fitnah. Tidak perlu saya usaha & buang waktu urus banding berulang kali, sampai menulis surat untuk minta penjelasan.

            5
            1
  • 30 Juli 2023 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Salam kak TS dan rekan2 medkom. Kebetulan, kami praktisi di bidang online cb, cc point dan miles. Izinkan kami memberikan solusi atas masalah TS.
    1. Terkait masalah TS mengenai penjualan emas yg tertahan karena akun dibatasi, TS bisa menginstal pegadaian digital. Shopee emas merupakan layanan pegadaian digital yg diembed (ditanam) dalam sistem shopee menjadi fitur shopee emas. Kak TS bisa melakukan penjualan via aplikasi pegadaian digital untuk mencairkan emas kakak.
    2. Mengenai kesalahan dgn kode A02 / Penyalahgunaan promo lbh dari 1 akun, sepengalaman kami selain krn transaksi yg data nya sama (baik itu alamat dlm satu desa/kelurahan, no.hp, ip address) itu jg disebabkan karena klik link.
    – Apabila di forum diskon tsb, beberapa anggota menyebarkan link referral dan kita menggunakan referral mereka, hal tsb dpt membuat sistem AI shopee mengenali keterkaitan akun kita dgn akun org lain di forum tsb.
    – Apabila kita dan org lain di forum tsb berbelanja di toko yg sama menggunakan promo yg sama (promo apapun selain gratis ongkir). Hal ini memicu sistem AI shopee memberikan sanksi A02
    – Apabila kita mendaftar jg sbg shopee affiliate, link affiliate sudah kita sebar. Ternyata tetangga (msh dlm 1 desa) kita klik link affiliate dan membeli barang di toko yg sama dgn kita dgn promo yg sama. Ini juga memicu sanksi A02
    – Apabila kita membagikan referral, link referral digunakan oleh tetangga (msh dlm 1 desa) kita utk mendaftar shopee dan berbelanja di toko yg sama dgn kita dgn promo yg sama, itu jg memicu sanksi A02
    – Apabila kita sering transfer antar shopeepay melalui chat shopee, org yg kita transfer jg berbelanja di toko yg sama dan menggunakan promo yg sama, bahkan itu memicu sanksi A02
    Pengenaan sanksi A02 akan marak terjadi saat musim promo live shopee seperti sekarang karena toko yg sdg live promo tsb kemungkinan produknya dibeli oleh 2 atau lbh user shopee yg akunnya berkaitan.
    Apabila sudah terlanjur disanski A02 sprti yg kak TS alami, satu satunya solusinya adalah banding. Jika tidak mempan, report di media seperti ini. Jika msh tdk mempan, puasa belanja dgn akun itu (sepengalaman rekanan kami membiarkan akun kena A02 selama >6 bln, setelah itu akun normal dan bs digunakan kmbali). Semua upaya banding dan report wajib dilengkapi bukti yg menerangkan dgn jelas dan tidak ditutup2i bahwa ybs hanya mengoperasikan satu akun saja. Cmiw 🙂

    • 30 Juli 2023 - (17:59 WIB)
      Permalink

      Akhirnya ada komentar yang solutif daripada hanya menyudutkan konsumen seperti saya.

      Terima kasih banyak atas kesediaannya meluangkan waktu untuk memberikan penjelasan sedemikian rinci. Infonya sangat bermanfaat.

      Semoga upaya banding & penjelasan yang telah saya lampirkan bisa jadi pertimbangan pihak Shopee memutuskan jalan tengah terbaik bagi semua pihak.

  • 3 Agustus 2023 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Saya punya dua akun di Shopee, yg satu Gold yg satunya Platinum, sdh bbrp tahun Alhamdulillah tdk ada mslh, akun saya gunakan benar2 utk belanja barang2 kebutuhan pribadi dan usaha saya, selama ini aman2 saja, apa mgkn krn saya krng pintar mensiasati Promo2 diskon di Shopee?? Entahlahh…

    • 3 Agustus 2023 - (07:49 WIB)
      Permalink

      Bagus bila masih aman-aman saja. Tetapi saran saya, agak waspada jika masih sering simpan uang nominal besar di ShopeePay atau aset lain di sana.

  • 3 Agustus 2023 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal tersebut, padahal saya bisa dibilang member Shopee yg cukup loyal lah ya dalam berbelanja, saya akui memang saya punya lebih dari 1 akun tapi saya tidak pakai untuk berburu voucher, cashback atau apapun itu, yg saya lakukan hanya beli produk flash sale pakai beberapa akun, awalnya tidak ada masalah tapi lama kelamaan ternyata kena banned juga dan sekarang udah hampir g pernah belanja di Shopee lagi kecuali kepepet klo di marketplace lain g ada, intinya sistem AI Shopee terlalu agresif dalam mendeteksi hal2 yg mencurigakan, dan parahnya lagi tidak ada peringatan terlebih dahulu, langsung aja maen banned secara sepihak, padahal di marketplace lain tidak sampai kena banned kaya gitu, paling transaksinya dibatalkan, atau klo pake voucher cashback, cashbacknya yg g masuk ke akun kita, akunnya sih tetap bisa digunakan cuma benefit dari cashbacknya itu yg g kita dapatkan, lebih adil sih.

    • 3 Agustus 2023 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Ya, agak memberatkan memang. Mereka tidak beri peringatan atau kesempatan. Loyalitas tidak ada artinya di sini.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Inkonsistensi Pembatasan Akun Shopee

oleh Silva dibaca dalam: 1 menit
13