Pengembalian Dana yang Belum Dikembalikan Selama 2 Bulan Lebih oleh Hanabank

Kronologi Kehilangan Saldo Akibat Transaksi Menggunakan Fitur QRIS di Line Bank:

Saya ada 2 transaksi dengan nominal 102.000 untuk pembelian di Blibli menggunakan metode pembayaran QRIS pada tanggal 1 Juni 2023 melalui aplikasi Blibli.

Saya membayar menggunakan QRIS melalui Line Bank (Hanabank) pada 01 Juni 2023. Namun, salah satu pembayaran terdebit di aplikasi Line Bank sementara pembayaran di Blibli tidak terbayarkan.

 

Di sini saya belum mengajukan komplain ke pihak aplikasi karena biasanya pengembalian dana di setiap akhir bulan akan dikembalikan. Tapi hingga akhir bulan, saya mendapatkan informasi bahwa masalah pada 1 Juni sudah dikembalikan, tetapi saya belum menerimanya (di sini saya berpikir mungkin ada keterlambatan).

Kemudian pada tanggal 1 Juli 2023, saya kembali melakukan 2 transaksi pembelian di aplikasi Blibli menggunakan metode pembayaran QRIS.

Kejadian yang sama terulang, saya membayar menggunakan QRIS melalui Line Bank/Hanabank pada 01 Juli 2023, tetapi salah satu pembayaran terdebit di aplikasi Line Bank sementara pembayaran di Blibli tidak terbayarkan.

Saya masih berpikir bahwa pengembalian dana pasti akan dilakukan di akhir bulan. Namun, akhirnya saya mengajukan komplain pada tanggal 13 Juli 2023 untuk pengembalian dana dari transaksi 01 Juni 2023.

Saya sudah mengirimkan beberapa kali format laporan melalui email, baru mendapatkan respons pada tanggal 18 Juli 2023 (banyaknya keterlambatan respons dari pihak bank ini!). Namun mereka meminta untuk mengirim ulang format laporan tersebut. Saya mengirim ulang dan mendapatkan respons pada tanggal 20 Juli 2023 dengan keterangan bahwa laporan akan dijawab dalam waktu 20 hari kerja.

Pada tanggal 24 Juli 2023, saya mendapatkan refund untuk transaksi 01 Juli 2023 (tercatat di notes yang dibuat oleh Line Bank). Kemudian, pada tanggal 1 Agustus 2023, saya melakukan 2 transaksi pembelian dengan nominal Rp102.000 di aplikasi Blibli menggunakan metode pembayaran QRIS.

Saya membayar menggunakan QRIS melalui Line Bank lagi. Untuk transaksi pertama tidak ada masalah, tetapi untuk transaksi kedua, saldo terpotong dan pembayaran di aplikasi Blibli tidak selesai. Akibatnya, saya harus melakukan pengisian saldo lagi dan melakukan pembayaran sebanyak 3 kali.

Sekarang saya mulai berpikir bahwa bank ini sudah tidak berfungsi dengan baik karena mengalami masalah dalam mengelola saldo nasabah.

Pada tanggal 5 Agustus 2023, saya melanjutkan dengan mengirim email mengenai masalah transaksi saya pada tanggal 01 Juni 2023. Kemudian, pada tanggal 7 Agustus 2023, pihak bank memberikan jawaban bahwa refund telah dilakukan pada tanggal 24 Juli 2023 (catatan tersebut terkait dengan transaksi 01 Juli 2023).

Saya menjelaskan kembali bahwa yang saya komplain dan bermasalah adalah transaksi 01 Juni 2023!!! Namun hingga saat ini, tanggal 16 Agustus 2023, saya masih belum mendapatkan penyelesaiannya terkait uang transaksi yang hilang.

Saya menunggu klarifikasi dari pihak Hanabank.

Aditya Permana Putra
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pengembalian Dana yang Belum Dikembalikan Selama 2 Bulan Lebih oleh Hanabank”

No: 35/3866/PN/CC Jakarta, 23 Agustus 2023 Kepada Yth., Pimpinan Redaksi Media Konsumen.com Di Tempat Perihal : Tanggapan terhadap Pengaduan Konsumen...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Pengembalian Dana yang Belum Dikembalikan Selama 2 Bulan Lebih oleh Hanabank

  • 20 Agustus 2023 - (04:40 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah selama pake line Bank Hana,aman saja ga ada kendala, kalo kasus seperti diatas mungkin hanya sebagian kecil ,ya maaf saja kesalahan Nasabah juga miskomunikasi antara nasabah dan fihak bank bisa saja terjadi.

  • 24 Agustus 2023 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Klo saya belom penarikan tapi saldonya sudah hilang udh diurusin juga tapi uangnya belom balik” 1.200 lgii

 Apa Komentar Anda mengenai Bank KEB Hana Indonesia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana yang Belum Dikembalikan Selama 2 Bulan Lebih oleh Ha…

oleh ADITYA PERMANA PUTRA dibaca dalam: 2 menit
2