Berhenti Langganan IndiHome Dipersulit

Terima kasih kepada Media Konsumen, telah diberikan izin untuk tayang artikel saya. Saya pengguna IndiHome dengan nomor pelanggan: 129320200583. Saya berlangganan sejak tahun Maret 2020. Pada saat awal pemasangan, saya dikenakan wajib deposit sebesar Rp350.000 dan dijelaskan oleh marketing IndiHome, bahwa deposit dapat digunakan untuk pembayaran tagihan terakhir apabila saya berhenti langganan.

Pada awal bulan Juli 2023, saya telah pindah rumah dan saya menelepon ke 147 untuk berhenti langganan. Saya diharuskan membayar tagihan terakhir. Saya menjelaskan kepada CS bahwa saya memiliki deposit. CS dengan mudahnya menerka-nerka bahwa tidak ada deposit dan kemudian CS mengatakan deposit sudah terpotong selisih dari tagihan setiap bulan. Apakah begitu sulitnya untuk mengecek status deposit saya?

Padahal saya membayar setiap bulan tagihan selalu flat. Anehnya, saya berargumen dengan CS, lalu CS meminta waktu beberapa hari dan mengatakan bahwa saya akan dihubungi. Namun sampai sekarang tidak ada yang menghubungi saya selama hampir 1 bulan, dan tagihan malah semakin bertambah. Padahal jika tagihan bulan kemarin tidak dibayar, seharusnya otomatis langsung diblokir. Ini malah muncul tagihan lagi.

Tolong pihak terkait untuk mengatasi masalah ini.

Yuleman
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Berhenti Langganan IndiHome Dipersulit”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 20 Agustus 2023 oleh Bapak Yuleman dan Ibu Neng Siti Roihanah mengenai...
Baca Selengkapnya

45 komentar untuk “Berhenti Langganan IndiHome Dipersulit

  • 20 Agustus 2023 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Ada yg pake deposit ya ?. Wktu itu pernah pasang di rumah kaka saya pake indi jg, hanya bayar biaya pasang lalu internetnya pun jalan… Ngga ada deposite bgini 🤔. Daftarnya dulu lewat mana ?. Klo boleh tau…

    • 20 Agustus 2023 - (08:24 WIB)
      Permalink

      Sama, saya cuma datang, daftar, kemudian di cek, ada langsung pasang. 2 jam selesai. Heran saja kok ada deposit. Mungkin kebijakan tiap daerah berbeda.

      • 20 Agustus 2023 - (20:56 WIB)
        Permalink

        Saya dulu pssang juga pake deposit dan setelah 1 tahun pemakaian, depoditnya langsung dipake buat bayar tagihan ke 13. Jadi gratis pas dibulan ke 13. Bulan selanjutnya ya bayar seperti biasanya

        • 22 Agustus 2023 - (09:38 WIB)
          Permalink

          Sdh terlalu bnyk kasus2 denda2 liar dari indihome,konsumen dirugikan ketika akan berhenti langganan.apa memang seperti itu aturannya??main pungli denda seenaknya. Apa indihome takut rugi kehilangan pemasukan bulanan dari pelanggan yg berhenti??apa memang harus memaksa rakyat yg sdh berlangganan harus langganan seumur hidup sampe kiamat??layanan masyarakat setingkat BUMN kok malah bikin sengsara pelanggan.

          • 25 Maret 2024 - (14:24 WIB)
            Permalink

            saya dan suami baru saja mengurus berhenti berlangganan indihome, kami pindah akhir februari tanggal 28, tanggal 21 februari kami sudah bayar internet sebelum pindah keluar kota, maret ini kami telfon pemutusan berhenti berlangganan karena sudah tidak memakai internet dari akhir februari tapi kami disuruh membayar dan kami bayar kembali untuk bulan maret, setiap telfon 147 sampai pada proses pengecekan selalu mati telfonnya, 10 kali kami telfon untuk mengurus ini selalu mati telfonnya disaat mereka mengecek data, padahal pulsa kami ada, dan bukan kami yang matikan telfon dan terakhir disampaikan kembali kami masih disuruh membayar untuk bulan maret, padahal bukti membayar dibulan maret ada kami simpan, dan akhirnya kami ga mau mengurus ini lagi, sangat merugikan baik waktu, pikiran dan finansial.

      • 21 Agustus 2023 - (22:48 WIB)
        Permalink

        Saya juga dulu langganan Indihome selama kurang lebih 5 tahun dan terakhir saya tutup langganan di plaza Telkom Pajajaran Bogor sdh disertai dengan surat bermeterai dan tidak ada tunggakan sama sekali dibantu oleh CS semua administrasinya sampai selesai.
        Eh pas pindah ke jkt mau pasang Indihome lagi katanya saya harus bayar tunggakan yg blm terbayar padahal semua sudah ditutup dan jelas di surat bermeterai tidak ada tunggakan dan akun sdh diblokir.
        Akhirnya mending saya pasang provider yg lain aja, bye bye TELKOM BUMN yg selalu rugi dan pelayanannya yg sangat tidak professional.

        10
    • 23 Agustus 2023 - (08:02 WIB)
      Permalink

      memang masa awal awal pandemi ada deposit sebesar sesuai paket internet, sy pasang 2022 jg ada dan dibalikin bulan ke 12 sehingga tagihan sy bulan ke 12 cm dibawah 50rb

  • 20 Agustus 2023 - (08:46 WIB)
    Permalink

    TS punya bukti deposit senilai Rp. 350.000 itu nggak? Misalnya dalam bentuk kuitansi, invoice, atau tanda terima digital. Tanpa barbuk, klaim anda lemah sekali. Pelanggan di tahun-tahun belakangan ini (termasuk di tahun 2020) biasanya sudah tidak dimintakan deposit pada saat pasang baru.

    • 20 Agustus 2023 - (14:26 WIB)
      Permalink

      Kenapa byk yg komplain tentang mbak Indihome….!!! Setelah indihome di ambil alih telkom, hrsnya pelanggan bisa nyaman senyaman air di pegunungan….sumbang saran utk telkom, anda berkewajiban memuaskan pelanggan agar mereka tdk lari dan pindah ke jaringan sebelah….ayo berbenah diri…..🙏🙏🙏🙏

      5
      1
    • 21 Agustus 2023 - (08:07 WIB)
      Permalink

      Saya pasang 2021 pake deposit, cuma memang pas di bulan 13 ga bayar, karna pakai deposit itu,

  • 20 Agustus 2023 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Indihome selama belum resmi berhenti tagihan akan jalan terus (meski diblokir karena tidak bayar).
    Jika benar dulu pernah deposit (kebijakan lama), deposit biasanya digunakan untuk membayar tagihan ke 13

  • 20 Agustus 2023 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Betul, tagihan sy bulan ke 13 dipotong dari deposit…coba dicheck lagi bulan ke 13 tagihan setelah pemasangan…

    3
    2
  • 20 Agustus 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Pengalaman berhenti berlangganan Indihome sulit, betul saya juga alami. Saya memiliki existing indihome kabel tembaga 3Mbps dan saya juga mendaftar untuk beralih ke indihome fiber 10 Mbps. Otomatis saya mengajukan berhenti indihome tembaga. Indihome menyetujui dan harus membayar biaya setelah berhenti langganan yang tagihan akan diinfokan. Menunggu sampai sebulan llebih ternyata info tidak kunjung datang saya hubungi 147 ternyata saya tagihan menjadi bertambah 2 bulan dan juga bayar administrasi pemberhentian sebagai pelanggan indihome tembaga. Selama administtasi berhenti belum lunas maka abonemen tetap berjalan walaupun modem indihome tembaga tidak pernah dinyalakan. Itulah pengalaman tidak menyenangkan untuk berhenti berlangganan Indihome.

    7
    1
  • 20 Agustus 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Deposit itu dibayarkan untuk tagihan pada bulan ke 12 biaya ada selisih coba cek dan ingat ingat . saya dulu juga pake deposit 350 ribu untuk kontrak 12 bulan dan deposit itu untuk selisih penggunakan pemakaian pada bulan ke 12 coba anda ingat lagi .

    • 20 Agustus 2023 - (19:04 WIB)
      Permalink

      Iya, betul seingat saya juga deposit itu jadi pengurang tagihan di bulan X. Aslinya tagihan IH saya di bulan X adalah 604.950, tapi karena ada deposit 350rb jadinya tagihan tinggal 254rb.

  • 20 Agustus 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Betul apa yang di utarakn itu, saya jg mengalami hal yg sama, waktu pasang IndiHome saya bayar pasangan awal yg katanya itu utk deposit, wktu sya mau berhenti berlangganan sya bilang utk tagihan yg terakhir sya di ambil dri deposit yg di awal sya byr, mereka bilang gk ada deposit jd sya harus byr lg, tobat sya berlangganan indohome lgi,..

    2
    1
  • 20 Agustus 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Ayo Telkom tolong benahi Indihome….jng bikin susah pelanggan yg akan berhenti berlangganan.

    2
    1
  • 20 Agustus 2023 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Betul sekali dipersulit katanya bakal ada email atau wa yg masuk nyatanya enggapernah ada tp tagihan lancar terus datang via email tolong ya jangan ambil kentungan dari yg gitu gak bakal berkah

  • 20 Agustus 2023 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Hari gini masih pake layanan dari BUMN? Hahahaha habis la kalian di pelorotin dan ditipu habis2an…. Bertobat lah bertobat lah

    8
    2
    • 21 Agustus 2023 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Jangan dibayar mbak, bakalan tetap dipersulit, paling diblokir diindihome, kalau mau daftar lagi tinggal pakai nomor hape lain. Saya sudah bayar semua, sudah kembalikan alat, bukti transfer dan bukti pengembalian alatnya juga sudah diserahkan, tetap saja ditagih. Dijelaskan panjang lebar ke CS juga percuma, mereka ga mau tau, ujung2nya tetap diminta ke plaza telkom untuk penyelesaian administrasi 😆

  • 20 Agustus 2023 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Hari gini masih pake layanan dari BUMN? Hahahaha habis la kalian di pelorotin habis2an…. Bertobat lah bertobat lah

  • 20 Agustus 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Kejadian yang sama dengan yang saya alami, saya juga pindah rumah dan terakhir saya ditelp oleh cs dan disuruh membayar di april 2023, dan itu sudah saya lakukan tgl 28 april. Setelahnya hingga tanggal 5 mei saya disuruh isi formulir surat pernyataan pencabutan dan juga sudah saya lakukan. Namun sampai saat ini tagihan masih saja masuk.
    Indihome dikelola telkom emang pelayanannya ga beres. Menjerat pelanggan.

  • 20 Agustus 2023 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama, nomor indihome saya 1224213***** itu drama minta berhenti dan akhirnya mengalah karena pindah lokasi juga sudah dilakukan, terakhir melalui 147 masih proses, entah sampai kapan drama ini berakhir. Sampai saat ini di lokasi rumah yang baru proses pindah alamat juga ga kunjung tiba

  • 20 Agustus 2023 - (19:38 WIB)
    Permalink

    toling pemerintah segera menutup indihome, krn sangat merugikan sejak dipegang telkomsel, kwalitas jaringan buruk, burik, barik, obrak abrik, 🤣🤣 saking buruknya sampai burik, atau kembalikan aja ke telkom, karena telkomsel ni mang parah….

  • 21 Agustus 2023 - (06:30 WIB)
    Permalink

    Ooooo ternyata bukan saya aja yg minta putus tapi dipersulit.udah laporan pun ada aja yg dibilang ngga sesuai data base,padahal alamat pendaftaran di awal udah sesuai tapi giliran minta diputus malah dipersulit

  • 21 Agustus 2023 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Buat yang mau berhenti indihome dan merasa “sulit”, cara berhenti berlangganan kalian salah.
    Kalau mau berhenti berlangganan, langsung datang ke plasa telkom/grapari telkomsel. Bawa perangkat nya sekalian, sambil siapin uang 1x tagihan di bulan berjalan.
    Tanpa bawa perangkat atau cuman sekedar telpon 147, yakin pasti tidak akan dilayanin.

  • 21 Agustus 2023 - (09:58 WIB)
    Permalink

    pengalaman saya deposit hanya di bekukan selama 1 tahun oleh telkom/indihome, dan dicairkan otomastis di bulan ke 13 dan langsung mengurangi billing tagihan di bulan ke 13,, coba di cek bukti pembayaran bulan ke 13 apa ada pengurangan sesuai dengan biaya depositnya..

  • 21 Agustus 2023 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Sy pasg WiFi Indihome 2P (WIFI+TV) bln Juni’21 dgn Deposit. Ktka itu sy Ngontrak di Gandaria JakTim. Di bln ke 13 deposit dikembalikan shg tagihan bln ke 13 berkurang. Sy pindah rmh ke ke Kota Bekasi tgl 26 Feb’23. Sy Tlp ke 147 & dipersulit. Tgl 28 Feb’23 Sy ke kantor INDIHOME Pasar Rebo JakTim dgn mengembalikan 1set Perangkat 2P (Router WIFI & TV) & CS Indihome ngecek tagihan lalu diprint spy sy byr tagihan di kasir INDIHOME. Sy langsung byr LUNAS ke kasir. Stlh sdh ada bukti Lunas shg CS Mmbuat surat tu2p Permanent & ksh nmr WA bagian keuangan spy bukti Lunas tagihan langsung di WA JK ada kndala.
    Eh di Aplikasi My INDIHOME sy punya tagihan bln Maret’23, Pdhl sdh di byr tgl 28 Feb shg sy trus WA Bagian keuangan INDIHOME & bikin komplain di aplikasi INDIHOME. Stlh 1minggu tagihan di Aplikasi My Indihome Lunas.

    Klo mau nutup WIFI jgn Tlp 147 tp langsung kembalikan Perangkat WIFI ke kantor INDIHOME terdekat.

  • 21 Agustus 2023 - (11:20 WIB)
    Permalink

    ya sama persis, bayar 250 diawal katanya untuk deposit …
    anehnya dalam satu kota tapi beda kelurahan pada periode yang sama,
    biaya bulanam paket yg sama bisa berbeda…
    saya bulanan 325.000 … ponakan tinggal satu masih kecamatan cuma beda keluran per bulan 250.000
    paket sama wifi doang …
    Sudah mending datangi kantor indohome, bawa perangkatnya bayar ajukan berhenti langganan …
    pindah lain masih banyak yg lebih murah dan kualitas nggak jauh beda

    • 22 Agustus 2023 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Setau Saya kalo indihome berhenti berlanggananya harus datang ke gerai plaza terdekat dengan membawa perangkatnya,,itu juga klo udah 1 thn lebih berlangganannya,,klo blm 1 thn biasanya ada denda juga,,,
      Beda dengan firs media cukup dengan tlp call centernya,,,udah bisa berhenti berlangganan nanti ada yang ambil perangkat nya ke rumah

  • 21 Agustus 2023 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Saya dulu gampang berhenti berlangganan, datang langsung ke gerai terdekat. Sekalian bawa stb nya… Langsung proses. Tinggal bayar sisa tagihan, beres. Jgn lewat cs atau via phone

  • 21 Agustus 2023 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Waktunya untuk beralih ke My Republic dengan kualitas Terbaik!!
    Yuukk buruan mumpung masih promo Kemerdekaan

  • 21 Agustus 2023 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Jangan dibayar mbak, bakalan tetap dipersulit, paling diblokir diindihome, kalau mau daftar lagi tinggal pakai nomor hape lain. Saya sudah bayar semua, sudah kembalikan alat, bukti transfer dan bukti pengembalian alatnya juga sudah diserahkan, tetap saja ditagih. Dijelaskan panjang lebar ke CS juga percuma, mereka ga mau tau, ujung2nya tetap diminta ke plaza telkom untuk penyelesaian administrasi 😆

    • 22 Agustus 2023 - (20:10 WIB)
      Permalink

      Setau Saya kalo indihome berhenti berlanggananya harus datang ke gerai plaza terdekat dengan membawa perangkatnya,,itu juga klo udah 1 thn lebih berlangganannya,,klo blm 1 thn biasanya ada denda juga,,,
      Beda dengan firs media cukup dengan tlp call centernya,,,udah bisa berhenti berlangganan nanti ada yang ambil perangkat nya ke rumah

      • 22 Agustus 2023 - (20:44 WIB)
        Permalink

        Bener Pak, dan sudah saya lakukan semua, saya langganan udah lebih dari 1tahun, mulai dari jaman sebelum pake deposit. Tetap saya bayar dendanya 800an, alat sudah dikembalikan digerai, tetap saja tagihan datang tiap bulan 😆

 Apa Komentar Anda mengenai IndiHome?

Ada 45 komentar sampai saat ini..

Berhenti Langganan IndiHome Dipersulit

oleh Farell dibaca dalam: 1 menit
45