Upaya Penggelapan Barang Pembelian oleh Kurir dan Pelayanan Tokopedia Care yang Buruk, Sangat Merugikan Konsumen

Pada tanggal 02.08.2023, saya membeli PSU Komputer di toko (CS New) di Tokopedia nomor transaksi INV/20230802/MPL/3380096996, dengan pengiriman (Paxel Next Day) pelayanan tiba esok harinya.

 

Keesokan harinya pada tanggal 03.08.2023 pada sore menjelang magrib pukul 17.29 WIB, alangkah terkejutnya saya ketika akan melacak paket yang belum sampai itu di aplikasi Tokopedia, kolom/template “Lacak” sudah berganti menjadi “Terima Barang”.

Kemudian saya cek dengan cara input manual Resi ke: paxel.co/id/lacak-pengiriman, lebih mengagetkan lagi, bahwa status paket/kiriman di website tertera sudah terkirim, dengan terpampang foto dan tanda tangan. Tegas saya menyatakan itu bukanlah foto dan tanda tangan saya (foto dan tanda tangan saya telah dipalsukan oleh kurir Paxel).

Selanjutnya saya mengajukan Komplain di Tokopedia, juga menghubungi penjual/toko CS New, bahwa saya komplain karena belum terima barang tapi status telah terkirim, dengan foto dan tanda-tangan saya telah dipalsukan.

Proses komplain hingga detik ini belum ada kejelasan, anehnya Tokopedia Care malah berpihak kepada penjual dengan pertimbangan yang tidak berdasar data dan fakta yang akurat, dan seakan-akan mengancam saya dengan memberikan batas waktu “1×24 jam hari kalender terhitung mundur dari sekarang, jika melebihi waktu tersebut saya tidak konfirmasi mengajukan banding, maka kendala ini ditutup, dengan solusi dana diteruskan ke saldo penjual.”

Bisa dibayangkan apa jadinya jika saya lengah dan tidak mengecek proses komplain tersebut pada saat itu.

Yang lebih mengherankan, kenapa pihak penjual yang mengajukan klaim “PENJUAL KLAIM BARANG HILANG” padahal yang membayar asuransi pengiriman adalah saya, dan itu termasuk ke dalam total belanja saya, bukankah saya yang seharusnya mengajukan klaim.

Perlu untuk diketahui, sepengetahuan saya barang itu tidaklah hilang, barang itu berada atau telah diamankan oleh pihak Paxel. Berikut saya lampirkan data sebagai bukti jika barang itu berada di pihak Paxel.

Demikianlah cara penyelesaiannya yang sulit diterima oleh akal dan pikiran.

Herly Ocklassano
Bandar Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Upaya Penggelapan Barang Pembelian oleh Kurir dan Pelayanan Tokopedia Care yang Buruk, Sangat Merugikan Konsumen

  • 5 September 2023 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Posisi barangnya sekarang bagaimana setelah di Up ke mediakonsumen? apakah sudah diterima atau masih di kantor cabang paxel?
    Itu kurir yang mengantarkannya bisa dikenakan pasal pemalsuan.

    3
    1
    • 6 September 2023 - (04:03 WIB)
      Permalink

      sesuai data ss yg terlampir. 4 agustus 2023 pukul 19.25 barang berada di pihak kurir paxel.

      update info penyeselesaian: follow up dari tokopedia care, berkas pengajuan klaim sudah lengkap atau dilengkapi, dan berkas tersebut sudah diteruskan dan sedang dalam pengecekan pihak asuransi.

      gak tau nih kerugian denda keterlambatan gopaylaternya gimana, siapa yg menanggung

      2
      1
  • 5 September 2023 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Anda belum menekan tombol “Barang Diterima” di aplikasi Toped, kan? Hal wajar jika anda diminta tempo 1×24 jam untuk melakukan banding, supaya bukti-bukti lain bisa dikumpulkan pihak Toped. Kuncinya ada di bukti dan keterangan Paxel mengenai titik lokasi penerimaan barang sehingga bisa ditelusuri apakah barang diterima oleh pihak yang tidak berhak atau ada unsur kecurangan entah dari pihak kurir atau pihak anda.

    Satu hal lagi, judul SP anda cenderung tendensius dan mengandung unsur fitnah, jadi lain kali sebaiknya berhati-hati. Baru beberapa hari lalu ada yang komplain di MedKons dengan judul yang tendensius menyudutkan petugas maintenance mesin ATM sehingga akhirnya yang bersangkutan harus menulis lagi surat klarifikasi permintaan maaf (mungkin karena ada tuntutan hukum).

    Semoga masalahnya segera selesai.

    6
    9
    • 5 September 2023 - (23:43 WIB)
      Permalink

      Bener om , kemarin ada yanh bikin judul ” Uang tertelan di mesin ATM & Uang tersebut di Ambil petugas ” judul nya sangat memfitnah , disini pun sama hampir memfitnah , walau pun niat nya bener biar paket cepat sampe tapi judul nya seakan”

      1
      7
    • 6 September 2023 - (03:00 WIB)
      Permalink

      maaf 🙏 saya bercerita berdasarkan data dan fakta juga derita yg saya alami.

      2
      2
    • 6 September 2023 - (04:58 WIB)
      Permalink

      Sudah jelas tanda tangan dipalsukan, Kenyataan nya barang tau tau ada di gudang Paxel, masih dibilang tendensius?

      5
      2
    • 6 September 2023 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Klo dari sisi tokped sebenernya smua prosedur penanganan dari sisi tokoped uda bener. Judulnya aja heboh dan TS yg gak sabar dengan prosedur pelayanan toko online.

      Klo dari sisi kurir memang salah mengubah status tanpa konfirmasi dlu. Meskipun bener apa yg disampaikan komen diatas biasanya kurir kejar target tp waktu gak memungkinkan sehingga biasanya mereka ubah status diterima dlu bru besok diantar. Karena kalau kembali ke gudang dlu bisa jadi besok barang ke kurir lain. Sya beberapa kali kok seperti itu dengan jasa kirim lain. Tp memang kurir pasti konfirmasi dlu statusnya dirubah ke terkirim dan jangan di komplain. Pasti sy bilang gpp tapi di aplikasi saya gak akan tekan barang ditrima dlu sampai barang di tangan. Bisa dimaklumi karena kurir juga nerima gaji gak seberapa jd sangat terbantu dengan komisi pengiriman. Jd mungkin TS bisa menyikapi dengan kepala dingin. Jangan sampai buru2 ambil tindakan yg berdampak pada mata pencaharian org lain. Karena proses transaksi juga baru tanggal 2-4 dan tulisan ini naik tanggal 5.bukan transaksi yg gak selesai lebih dari seminggu.

      Kesalahan hanya pada kurang komunikasi kurir yg mengubah dan menandatangani penerimaan tanpa konfirmasi ke penerima dlu. Apakah sudah masuk kategori penggelapan? Bsa jd sudah, tp kalau dari sisi personal saya, ya saya bilang belum

      1
      4
      • 6 September 2023 - (10:18 WIB)
        Permalink

        itu namanya kurir gk bener, yg beli belum menerima tapi kurir sdh menyelesaikan kirimannya.
        makanya jadi kurir jangan serakah, kalo emang gk mampu dgn begitu banyak paket, jangan diambil semua hanya utk mendapatkan bonus tambahan.
        kurir seperti ini harus di pecat !!! kurir yg begitu menghasilkan kurir2 pencuri…

        5
        1
  • 5 September 2023 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Maaf kakak beru pertama belanja ya. syastem seperti itu .tokopedia ajukan cliam asuransi .tunggu 1 minggu dana akan kembali kalau pembeli benar tidak terima barang

    • 6 September 2023 - (03:02 WIB)
      Permalink

      sudah lebih dari 1 minggu kak, sehingganya saya mengadukan kesini, agar diberikan tanggapan yg pasti 🙏

      2
      1
  • 5 September 2023 - (22:28 WIB)
    Permalink

    Ini sih asal komen dan sok bijak. Baca nggak soal foto dan tanda tangan itu, kalau bukan penggelapan apa namanya?

    5
    1
    • 6 September 2023 - (07:25 WIB)
      Permalink

      🙏 trimakasih atas atensinya pak.
      sekedar berbagi “edukasi” dan berbagi ilmu pengetahuan. dapat dicek untuk sekedar membuktikan, maps titik koordinat latitude dan longitude -5.3757585,105.2177524 pada foto saya yg dipalsukan, apakah berkesesuaian dengan alamat tujuan kirim. yg menjadikan dasar pertimbangan untuk memutuskan sengketa di pusat resolusi tokopedia care

      2
      1
    • 7 September 2023 - (04:57 WIB)
      Permalink

      Seperti nya anda terburu2 melaporkan kalo paket anda hilang, andaikan anda ga panik dan langsung melakukan claim mungkin paket anda sudah anda terima dan masalah ini selesai

      Seperti yg dijelaskan penjual bahwa terkadang ada kurir yg menyelasaikan pengiriman di sistem meskipun paket belum terkirim. Hal ini dikarenakan waktu yg tidak cukup untuk mengirimkan paket pada hari tersebut.
      Hal ini akan aman selama anda belum mengklik telah terima paket dan melewati waktu yg ditentukan.

      Biasanya kurir tersebut akan mengirim barang tersebut keesokan harinya.. tetapi dikarenakan anda sudah melakukan claim. Pengiriman itu tidak dilakukan dan anda hanya menunggu hasil claim.

      Mengenai masalah tanda tangan yg anda dan orang2 lain permasalahkan. Ini penjelasannya

      Di sebagian aplikasi kurir, memang ada kolom tanda tangannya.. tapi jarang sekali kurir yg meminta tanda tangan asli ke penerima paket. Hal ini dikarenakan untuk menghemat waktu
      dan sering kali penerima paket jg ga peduli dengan tanda tangan asalkan paketnya sampe. ( klo ga percaya, coba tanya ke diri sendiri atau orang lain berapa banyak kurir yg meminta tanda tangan saat mengirim paket? Krn biasanya yg diambil kurir hanya foto penerima ).

      Saran saya sebagai orang yg bekerja sebagai kurir.. tolong bersabar lg pak.. Krn dengan anda panik dan cepat sekali melakukan claim mungkin akan menyebabkan kerugian bagi si kurir sekarang. ( Mungkin Akunnya kena Suspend dan disuruh membayar barang yg anda sebut hilang )

      • 7 September 2023 - (09:12 WIB)
        Permalink

        – jika tidak segera cepat di tindak lanjuti dengan “Mengajukan Komplain” siapa yg akan menanggung resiko jika terjadi hal-hal yg tidak di inginkan, misalkan kolom “Terima Barang” tidak sengaja tersentuh?. saya merasakannya seperti “Jebakan” ???
        – siapa yg menjamin jika barang akan dikirim, sedangkan foto dan tanda tangan saja telah dengan sengaja secara lancang di palsukan
        – sesuai layanan Next Day, barang akan diterima maksimal hari selanjutnya pukul 23:59 WIB terhitung dari barang sukses di pick up dari pihak Penjual.
        – Proses Klaim yg lama membuat saya pembeli terancam di denda dan akhirnya terdenda
        – “etikanya” atau cara yg sebaiknya!!
        “kenapa sebelumnya tidak memberikan konfirmasi terlebih dahulu?????? ?”

        • 7 September 2023 - (10:04 WIB)
          Permalink

          Ga usah belanja online pak… Belanja offline aja…. Lebih aman… Klo anda emang sering ketakutan….

          • 7 September 2023 - (12:57 WIB)
            Permalink

            “mengutip” kalimat Bang Napi yang tidak akan pernah saya lupakan adalah: “Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tetapi juga karena adanya kesempatan. WASPADALAH! WASPADALAH!!”.

            Bang Wiro menyempunakannya menjadi “Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tetapi juga karena adanya kesempatan, dan kesempatan itu dimulai dari kepercayaan. WASPADALAH!WASPADALAH!!”.

            saya hampir tidak mungkin tertipu, jika saya tidak terlalu mudah untuk percaya.

  • 6 September 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Mungkin TS baru pernah diphp kurir jadi agak shock kalo sy pribadi H+1 setelah status terkirim tdk ada kbar baru komplen mungkin setiap orang memiliki respon yg berbeda terlebih barang cukup mahal

    1
    2
  • 7 September 2023 - (10:46 WIB)
    Permalink

    Tsnya lebay duit receh aja sampai bilang penggelapan, biasa emang diupdate status ama kurir diterima tapi besoknya baru dikirim biar dia ga kena penalti

    • 7 September 2023 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Apapun alasan kurir tetap salah karena memalsukan tanda tangan. Yang bela kurir bisa aja itu geng kurir yang suka kerja serampangan.

  • 9 September 2023 - (06:16 WIB)
    Permalink

    Itu mah sudah biasa, katena overload status barang diubah “terkirim”, tapi akan diantarkan keesokan harinya.
    Sudah sangat biasa, apalagi dengan kurir yg gratis ongkir. Yang dibawa kurir buanyak banget.

 Apa Komentar Anda?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Upaya Penggelapan Barang Pembelian oleh Kurir dan Pelayanan Tokopedia …

oleh Herly dibaca dalam: 1 menit
24