Data Pengguna Indosat Pascabayar Dimanfaatkan oleh Spammer

Saya pelanggan Indosat pascabayar yang “kebetulan” akan berakhir kontrak paket tahunannya. Sekitar seminggu ini saya sering mendapat telepon spam dari nomor Indosat. Ketika saya blokir nomor spam tersebut, tidak lama kemudian masuk lagi panggilan lain menggunakan nomor berbeda. Nomornya juga mirip, hanya beda deret belakangnya saja.

Pernah sekali saya coba angkat telepon tersebut dalam mode mic muted dan yang bicara adalah seorang wanita. Si penelepon yang mengaku dari pihak Indosat kemudian menjelaskan secara detail tentang jenis paket kontrak yang saya pakai dan tanggal berakhirnya paket saya. Kemudian dia meminta konfirmasi saya untuk memperpanjang kontrak paket tersebut. Namun karena tidak mendapat jawaban apa pun dari saya, si penelepon mengatakan “Mungkin terjadi gangguan sinyal dan akan menelepon kembali lain waktu”, kemudian dia menutup panggilan.

Hal yang membuat saya heran adalah bagaimana bisa para spammer ini mendapatkan data lengkap nomor saya? Bahkan sampai jenis paket dan tanggal berakhirnya paket pun mereka tahu. Padahal nomor ini hanya saya gunakan untuk data internet dan tidak pernah saya gunakan untuk menghubungi orang lain. Apakah para spammer ini dapat data dari pihak operator Indosat? Atau mereka ini orang dalam operator Indosat?

Semoga pihak Indosat bisa menjelaskan hal ini. Kebocoran data semacam ini menimbulkan pertanyaan tentang tingkat keamanan data yang mereka miliki. Bayangkan apa efeknya jika hal semacam ini terjadi pada konsumen lain yang kurang jeli. Bisa jadi para komplotan tersebut akan berhasil memperdayai konsumen Indosat dan mendapatkan data-data penting dari konsumen untuk kemudian disalahgunakan.

Berikut saya sertakan screenshot nomor spam dan hasil pencariannya di aplikasi Get Contact.

Ahmad Nuruddin
Pati, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Data Pengguna Indosat Pascabayar Dimanfaatkan oleh Spammer

  • 16 September 2023 - (07:53 WIB)
    Permalink

    Lho pak memang ga tau kl data indosat djual2? Ada kok marketing yg info ke saya dpt data dr operator. Bahkan ada situsnya kl mw beli data dr operator ini buat apapun. Dan legal lho, langsung dr operatornya sbg produk sampingan.

    1
    4
    • 16 September 2023 - (08:22 WIB)
      Permalink

      Sejak kapan bisnis jual beli data pengguna jadi bisnis legal? Setau saya bisnis sampingannya indosat itu jualan data center

      1
      2
  • 16 September 2023 - (16:42 WIB)
    Permalink

    Yang menghubungi kamu kan orang Indosat. Ya pasti tahu lah data kamu. Gimana sih…

    2
    1
  • 16 September 2023 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Coba Pak Ahmad kontak 185 atau kalo punya medsos, bisa DM Twitter Indosat: @IndosatCare untuk memastikan Pak. Nanti akan dibantu jelaskan tim sana. Krn kontak official dari Indosat ya itu.

  • 16 September 2023 - (22:14 WIB)
    Permalink

    menurut sy itu sales indst telemarketing tugas utk merayu cust agar mau perpanjang kontrak masih wajar kecuali yg telpon menawarkan jasa sedot WC, pinjol, asuransi

  • 21 September 2023 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Di negeri ini mana ada data yg tidak bocor pak, anda kayaknya baru bangun, sedang data mendagri, ktp el dll saja bocor apalagi ini indosat, mana mau mereka jelaskan pak.

    • 21 September 2023 - (18:59 WIB)
      Permalink

      Haha, maafkan diriku yang naif ini pak. Kirain saya pascabayar itu lbh aman, teryata jauh lebih parah.

  • 29 September 2023 - (13:54 WIB)
    Permalink

    Disebut spammers kayaknya tidak tepat. Jelas sekali ini telemarketingnya indosat, pak karena mereka menawarkan produk2 indosat saja terutama yang menyangkut kontrak anda dengan indosat agar anda mau memperpanjang kontrak langganan internet tahunan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Data Pengguna Indosat Pascabayar Dimanfaatkan oleh Spammer

oleh Ahmad dibaca dalam: 1 menit
11