Uang Tidak Keluar dari ATM, tapi Transaksi Diklaim Berhasil oleh Pihak Bank

Assalamualaikum,

Pada tanggal 8 September 2023 pukul 10:05, orang tua saya tarik tunai sebesar Rp500.000 memakai kartu debit BSI atas nama saya, di mesin ATM BSI yang terletak di Rumah Sakit PKU Solo. Namun ketika transaksi, uang tidak keluar dari mesin ATM, dengan keterangan mesin gangguan atau rusak. Saat itu orang tua saya tidak sempat mengambil foto. Karena saat transaksi mesin berbunyi seperti sedang menghitung uang, tapi setelah ditunggu ternyata layar ada keterangan mesin mengalami gangguan.

Dalam hitungan detik kartu debit keluar dari mesin dan layar sudah kembali normal seperti saat kartu ATM belum dimasukkan. Setelah itu, orang tua saya menunggu selama beberapa menit, berharap uang keluar, tapi ternyata tidak. Karena itu orang tua saya mengira uang di mesin ATM tersebut habis, jadi orang tua saya pindah ke mesin ATM BSI yang terletak di depan pabrik Kusuma Hadi Santoso. Namun saat melakukan percobaan tarik tunai kembali, keterangan di layar saldo tidak mencukupi.

Saat itu juga orang tua saya lapor ke saya selaku pemegang nomor rekening dan m-banking. Saya langsung mengecek di m-banking dan ternyata memang ada transaksi di RS PKU Solo dan diklaim berhasil oleh pihak bank. Setelah itu, saya langsung membuat aduan/sanggahan via aplikasi dan menelepon CS Bank BSI dan saya diminta menunggu selama 5 hari kerja.

Setelah 5 hari kerja, saya mendapat email pemberitahuan bahwa aduan/sanggahan saya ditolak, karena transaksi dianggap berhasil.

Di sini saya sangat menyayangkan cara Bank BSI melayani dan menginvestigasi transaksi yang dilakukan orang tua saya. Waktu saya melakukan komplain, pihak bank mengatakan tidak memerlukan info terkait lokasi ATM tempat transaksi dilakukan, dengan alasan nanti akan dicek sama petugas terkait. Namun hasilnya transaksi tetap dianggap berhasil. Padahal kalau mau dicek CCTV, pasti ketahuan kalau uangnya tidak keluar. Mungkin juga dapat dicek jumlah transaksi dan uang di mesin ATM, harusnya ketahuan kalau transaksi gagal.

Dalam keterangan hasil tanggapan atas sanggahan yang sudah saya buat, jika mau banding disuruh datang ke kantor cabang terdekat, dengan bukti pendukung. Namun sekali lagi saat itu tampilan layar berubah dengan cepat, sehingga orang tua saya tidak sempat ambil foto, jadi tidak ada bukti.

Di sini saya menekankan kinerja Bank BSI dalam menginvestigasi aduan/sanggahan. Karena barang bukti sebenarnya ada di sistem mereka sendiri, berupa rekaman CCTV dan data transaksi di mesin RS PKU Solo. Sungguh mengecewakan kalau sekelas Bank BSI tidak bisa mencari bukti sendiri dengan cara mengecek sistem mereka sendiri.

Semoga kejadian seperti ini tidak terjadi pada nasabah yang lain. Kalau tarik tunai di BSI, harap kamera disiapkan buat jaga-jaga kalau terjadi eror, karena uang Anda taruhannya. Jika memang tidak ada usaha yang cukup yang dilakukan oleh pihak BSI, maka kemungkinan saya akan menutup rekening saya sebagai bentuk kekecewaan serta kehilangan kepercayaan saya sebagai pengguna jasa layanan Bank BSI.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah memuat surat saya ini.

Muhammad Ikhsanuddin Alamin
Karanganyar, Jawa Tengah


Update (21 September 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank Syariah Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Uang Tidak Keluar dari ATM, tapi Transaksi Diklaim Berhasil oleh Pihak Bank

  • 19 September 2023 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Ketika buat laporan bisa bawa struk nya dan atm nya sehingga busa di trace tarik nya kapan & jam brapa.. Disitu nanti tinggal bank nya akan liat cctv apakah benar berhasil tarik/gagal..

    • 19 September 2023 - (15:35 WIB)
      Permalink

      Saat itu bahkan kartu atm langsung keluar tidak ada kertas struk yang keluar cuma untuk riwayat transaksi terekam di aplikasi mbangking dan sudah cukup jelas jam dan tanggalnya

      • 20 September 2023 - (20:00 WIB)
        Permalink

        Kok susah yaa, seharusnya mereka punya akses ke CCTV, kalo memang tidak keluar uang, kan bisa dilihat dr CCTV. Saya pernah mengalami, tapi di Bank BNI, tidak sampai 24 jam dr keluhan dan laporan, uang telah kembali.

  • 19 September 2023 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Biasanya klo atm gagal transaksi, misal tiba2 error atau mati lampu atau mesin tiba2 restart saldo akan di kredit lg ke rekening max 1×24 jam

    Ada jg mesin ATM yg setelah pilih transaksi penarikan lsg mengeluarkan kartu seolah2 sudah selesai transaksi dan beberapa saat kemudian baru uang keluar, ini yg kadang bikin org yg kurang hati2 bs lsg masukin kartu atm ke kantong trus pergi karena biasanya kartu keluar terakhir setelah uang diambil

    Tp di kasus ini pihak BSI nya udh menyatakan transaksi berhasil, apa ada kemungkinan tipe ATM yg sy sebutin di atas, atau ada kemungkinan atm tsb sdh di modifikasi oknum untuk menahan keluarnya uang, misal di ganjal atau cara2 yg lain

    Jalan satu2nya ya harus cek CCTV pasti kelihatan jelas nnti kronologi nya gmn

    14
    1
    • 20 September 2023 - (00:36 WIB)
      Permalink

      ini namanya bank sontoloyo,dah kalau kurang atau tidak kepedulian cabut aja dari situ …benci aja kita lihatnya

      3
      3
    • 20 September 2023 - (13:41 WIB)
      Permalink

      Bisa jadi transaksi berhasil,tapi karena ulah oknum semisal dihalangi keluarnya uang maka seakan akan mesin error.padahal oknum tersebut sudah memantau org yg akan pelakukan penarikan.sehingga begitu org tersebut pergi dgn segala caranya uang itu bisa diambil.saran kesemua nasabah,sebaiknya cari ATM yg ada di kantor cabang.bukan yg tempat sepi

  • 19 September 2023 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Krn sy pernah kejadian, dan itu bukan uang nda kluar tp jumlahnya kurang 1 lembar, jd sy tiap ambil sy hitung di tunjukkan ke kamera n dari 1jt tnyt cm 9lembar alias 900k dan itu perlu struk utk cek kamerany d lokasi atm yg mana, dr struk itu cepet nanti bisa cek cctv nya..

    Jd membantu menguatkan bukti bahwa qta wkt kejadian bener uang nda kluar ktika dicek cctv

  • 19 September 2023 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Anda memberikan akses bank ke orang lain,termasuk keluarga saja itu sudah hal salah,dan dilarang semua bank (kecuali ke kantor cabang dgn surat kuasa).Untuk kasus anda,paling memberikan bukti cctv saat penarikan pertama.Ya kembali lagi ke kebijakan pihak BSI,hal yg disanggah pertama kali pasti kesalahan anda memberikan akses bank ke orang lain.

    6
    5
    • 19 September 2023 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Buat TS dan pembaca sekalian barangkali ada yg ingin memberi akses ke keluarga, bisa pake transaksi cardless (tanpa kartu), mereka bisa gunakan kode sekali pakai untuk penarikan uang tunai, kodenya didapat lewat mobile app… koreksi jika salah 🙏

    • 20 September 2023 - (15:50 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya ngak perlu cctv juga, dari zaman hp masih nokia batu kalau transaksi berhasil uang tidak keluar tidak perlu sampe cek rekaman cctv, disistem akan ketauan, ini artinya IT sistem BSI yang bobrok, pantesan bisa di jebol hacker, IT nya banyak turu.

      1
      2
      • 20 September 2023 - (16:10 WIB)
        Permalink

        jaman udh canggih mbak…CCTV itu bs jd salah satu alat bantu untuk mengetahui kejadian yg sebenernya seperti apa, bs jd bukan masalah di sistem bank nya melainkan di mesin ATM nya yg sudah di salah gunakan oleh orang yg berniat jahat

        Atau bs jd kesalahan manusia/user pemegang kartu nya itu sendiri, bs lalai bs mohon maaf ceroboh atau kurang waspada, misal di ATM tsb urutan keluarnya : kartu – uang – struk bukan seperti ATM lain yg keluarnya : uang – kartu – struk, setelah kartu keluar user nya lsg pergi dari ATM dan baru sadar klo uang blm keluar, pas balik lg uang udh ga ada…nah kalau case nya kaya gini kan butuh CCTV untuk alat kroscek nya
        atau bs jg karena masalah lain yg kita blm tau

        Klo terkait IT BSI yg sempet bermasalah kmrn dan infonya kena hack itu beda cerita sih meskipun kejadian itu sempet bikin sy panas dingin deg2an karena 3 atau 4 hari down, dan begitu online lg lsg tarik uang besar2an, sampe di datengin kacab BSI di daerah sy minta maaf dan ngasih souvenir jg hehehe

        • 20 September 2023 - (18:28 WIB)
          Permalink

          Anda tidak paham, maksud saya ngak perlu cctv harusnya masalah ini bisa selesai, ini sistem bsi aja yg bobrok, cukup buka database harusnya bisa ketauan duit gagal keluar, sayangnya komplain si TS ditolak karna di anggap status berhasil artinya kalau si TS jujur berarti sistem BSI yg bobrok hal kecil gini ngak bisa di atasi cuman lewat buka database, harus bongkar cctv lah dst.

          1
          2
  • 19 September 2023 - (23:26 WIB)
    Permalink

    Saya pernah 2x, tapi bank bni tarik tunai di bank bri.
    Saya lapor online di aplikasi mbanking, cuma minta data nama, no rek, nominal tarik tunai gagal & waktu tarik tunai. disuruh nunggu max 14 hari kerja, Tapi 2 hari saldo sudah kembali.
    Prosedur bank bsi kok ribet, beda dengan bni yang sangat mudah. Apa gara2 bsi bank terbilang baru & sistemnya belum sempurna.

  • 20 September 2023 - (06:31 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kejadian bgini pake BSI. Tapi nyadar uang g keluar, sy lgsg foto layar di Mesin ATM dan langsung videokan kondisi di ATM dan no ATM serta lokasinya. Hal itu dibutuhkan utk menunjang laporan kita agar valid ketika di investigasi. Saya yakin bahwa ATM tersebut sudah di salah gunakan oknum tertentu yang merugikan nasabah. Bs orang dalam atau murni kejahatan dr luar. Tp biasanya ATM yg disalahgunakan gini bukan di kantor BANK nya, jauh dari kantor cabang bank tersebut, dan jarang dikunjungi oleh petugas ATM lebih dari 2 hari. Semoga lekas kembali uang nya mas.

  • 20 September 2023 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Systemnyalah yg bisa buktikan dg bantuan cctv, bank dg mudah menyatakan transaksi berhasil, namun nasabah dibuat kecewa…
    Semoga bisa balik uangnya,

    • 20 September 2023 - (16:30 WIB)
      Permalink

      Kalau saya lebih percaya ke system bank.kecuali kena modus ganjel atm dan target bank2 sepi kaya gini.dan keterangan cs kalau mau banding bawa bukti2 yg kuat kalau bank yg salah.

      • 20 September 2023 - (17:23 WIB)
        Permalink

        Sistem mungkin bener tapi pegawainya yg gak mau ngecek dan asal bilang berhasil, karena itu kalau mau banding disuruh ke kantor cabang dengan bawa bukti pendukung yg artinya mereka gak mau ngecek sendiri alias males kerja..

        • 20 September 2023 - (17:52 WIB)
          Permalink

          Biasanya mesin ATM itu pakai vendor/pihak ke3 di sistem mesin tercatat keluar masuk uang nanti di hitung sama vendor kalau ada komplen uang gk keluar ada kotak lain yg menampung uang yg gagal atau sistem mesin tercatat gagal.logikanya yg komplen harus bawa bukti pembenaran bukan yg di komplen suruh membuktikan atau malas kerja dan di dunia kerja kalau bukan kerjaannya orang gk akan mau ikut campur buat kerjaan orang lain semua ada porsinya

          • 20 September 2023 - (18:11 WIB)
            Permalink

            Mereka yg punya akses ke cctv dan sistem,dikomplenan mereka sendiri yg bilang akan dicek sama pihak terkait, dikronologi juga dijelaskan tidak punya barang bukti,jadi jalan satu2nya pembuktian ya mereka harus kerja,guna CS menerima komplenan dan meneruskan ke pihak yg terkait,pihak yg terkait yg bertugas mengecek apakah benar atau tidak,jadi logikanya kalau korban tidak punya bukti,pihak yg perusahaan yg punya akses harus mencari bukti sendiri,kecuali pihak korban diberi kuasa buat buka2 rekaman cctv dan sistem bank baru pihak korban bisa membawa barang bukti sendiri.

  • 20 September 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Coba pastikan lubang keluarnya uang tidak ditutup oleh oknum tidak bertanggung jawab. Karena biasanya kalau uang tidak keluar karena sistem akan dikembalikan lagi ke saldo semula.

    • 20 September 2023 - (17:25 WIB)
      Permalink

      Dikronologi sudah dijelaskan kalau dilayar ada keterangan gangguan jd 100% kesalahan sistem

  • 20 September 2023 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Mantap juga ya BSI cmn butuh 5 hari kasi keputusan, bank lain biasanya 2 mingguan kasus srupa.

    Coba minta rekaman cctv, tpi posisi TS jga lemah karena bukan pmilik yg tarik tunai.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Syariah Indonesia?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Uang Tidak Keluar dari ATM, tapi Transaksi Diklaim Berhasil oleh Pihak…

oleh Muhammad dibaca dalam: 2 menit
23