Pelayanan BSI KC Jakarta Fatmawati 2 Tidak Memuaskan

Halo, di sini saya mau komplain terkait pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan BSI KC Jakarta Fatmawati 2 pada hari Kamis, 21 September 2023, sekitar pukul 12.30 – 13.30. Petugas yang dimaksud adalah satpam dan customer service.

1. Petugas Satpam

Ketika masuk, saya ditanya ada keperluan apa, saya sampaikan lupa PIN BSI Mobile. Satpam malah mengarahkan saya untuk duduk dan tidak memberikan nomor antrean customer service malah mengarahkan untuk uninstall aplikasi BSI Mobile.

Keanehan di sini terjadi. Saya sebelumnya lupa PIN, sudah hubungi call center, diminta datang ke kantor BSI, karena reset PIN tidak bisa dilakukan sendiri maupun oleh call center. Ketika sampai di kantor malah diarahkan satpam coba uninstall aplikasi BSI Mobile-nya. Kalau hanya uninstall aplikasi, mengapa saya harus repot-repot datang ke kantor? Alhasil saya turuti arahan satpam, dan setelah di-uninstall pastinya tidak bisa, dan satpam langsung mengambil nomor antrean.

Saya tidak tahu apakah memang SOP-nya seperti itu atau inisiatif satpamnya. Jika SOP BSI, maka ini harus diperbaiki, ketika nasabah datang ke kantor cabang, maka ada hal yang harus dilakukan pengecekan oleh sistem, apakah untuk reset, aktivasi, dll, bukan yang hanya bisa dilakukan oleh satpam saja. Jika bisa dilakukan oleh satpam saja, saya tekankan lagi, untuk apa datang ke kantor cabang, cukup sampaikan ke nasabah pada saat telepon call center untuk tahapan yang bisa dilakukan sendiri. Untuk nama satpamnya saya lupa tidak melihat name tag-nya.

2. Petugas Customer Service

Pada saat di Customer Service, namanya Mbak I*** kalau tidak salah (saya lihat di papan nama meja), saya sampaikan bahwa saya lupa PIN dan ingin di-reset. Setelah pencocokan data diri dengan sistem, Mba CS meminta saya untuk memasukkan data diri pada BSI Mobile untuk aktivasi.

Anehnya pada saat setelah kode verifikasi dikirimkan ke nomor HP, langkah selanjutnya yang muncul adalah masukkan PIN BSI Mobile. Seharusnya jika reset PIN maka biasanya ada keterangan masukkan PIN baru atau semacamnya.

Akhirnya saya coba masukkan PIN, dan ternyata tetap tidak bisa. Hingga akhirnya mbak CS yang membantu untuk mengisikan data diri di BSI Mobile, tapi tetap juga tidak bisa. Setelah 3 kali gagal memasukkan PIN, muncul keterangan untuk dicoba 1×24 jam dan mbaknya meminta saya untuk mencoba besok. WHAT???? Saya datang ke kantor meminta untuk reset malah disuruh menunggu 1×24 jam, jadi kantor cabang fungsinya untuk apa? Di sini saya pikir yang dilakukan mbaknya sebelumnya itu adalah buka blokir PIN, bukan reset PIN.

Akhirnya saya pulang, dan menunggu 1×24 Jam. Pada hari Sabtu, saya coba kembali dan ternyata memang tidak bisa, seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa CS bukan me-reset PIN, hanya buka blokir PIN saja. Padahal saya sampaikan di awal, saya lupa pin, minta di-reset. Alhasil saya harus menunggu hari Senin untuk datang ke kantor cabang lagi, sungguh membuang-buang waktu saja.

Jika yang dilakukan mbak CS adalah benar reset PIN, kenapa masih gagal? Berarti ada yang salah dengan sistemnya.

Saya sampaikan di sini untuk perbaikan. Saya sangat mendukung program Bank Syariah, karena dari dulu saya gunakan bank syariah untuk tabungan, tidak menggunakan bank konvensional. Sangat disayangkan jika hal seperti ini menyurutkan semangat nasabah untuk menabung di bank syariah.

Malah saya berpikir untuk menutup rekening saya, jika hari Senin nanti masalah ini belum terselesaikan.

Budi Hermawan
Cianjur, Jawa Barat


Update (28 September 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank Syariah Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Pelayanan BSI KC Jakarta Fatmawati 2 Tidak Memuaskan

  • 25 September 2023 - (06:39 WIB)
    Permalink

    hijrah ke muamallat, bank pertama murni syariah, bsi itu fusion bank2 syariah plat merah, ngga usah ditanya lah ya servicenya gmana.

    7
    3
    • 25 September 2023 - (08:45 WIB)
      Permalink

      Kalau lupan pin bisa di uninstal BSI Mobilenya kemudian masukkan ulang data diri diantaranya norek, no hp, nik dan tgl lahir, kemudian akan muncul permontaan masukkan PIN tekan saja pin yang sering dipakai apa kalau salah 2 kali akan muncul menu lupa pin, kemudian tinggal pilih selanjutnya dan ikuti langkah berikutnya untuk verifikasi wajah.
      Lupa PIN enggak perlu ke CS kok bisa seperti cara yang saya sebutkan di atas. Tks

  • 25 September 2023 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Terima kasih mas atas informasinya.
    Hal ini sudah saya coba, dan ketika 3x salah memasukkan PIN langsung ke blokir, harus menunggu 1×24 jam, tidak ada pilihan lupa PIN.
    Thx

  • 25 September 2023 - (20:49 WIB)
    Permalink

    [Update Senin, 25 September 2023]

    Alhamdulillah permasalahan terkait hal ini telah selesai.
    Tim BSI sangat responsif dan cepat dalam menangani hal ini. Hari ini tim BSI (Pak Khairul dan Tim) mendatangi saya secara langsung, membantu saya dalam mengarahkan terkait reaktivasi PIN BSI Mobile, dalam kurun waktu sekitar 10 menit, alhamdulillah saya bisa mengakses kembali BSI Mobile.

    Saya sangat mengapresiasi sekali tim BSI yang datang secara lansung untuk membantu, sehingga saya tidak perlu datang ke Kantor Cabang kembali. Saya juga mengapresiasi respon positif dari BSI yang mau mendengarkan nasabah dan menjadikannya sebagai perbaikan yang berkelanjutan. Saya semakin yakin dalam memilih BSI sebagai bank untuk menyimpan dana, walaupun masih perlu perbaikan, tapi saya yakin dengan hal ini BSI bisa bertumbuh dan berkembang menjadi Bank Syariah yang amanah dan profesional.

    Hari ini juga saya mendapatkan info baru ternyata di BSI bisa mendapatkan E-Statement, hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahui history transaksi perbulan, yang biasanya saya lakukan secara manual dan lihat satu persatu dalam transaksi BSI Mobile.

    Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas respon positif yang diberikan dan mohon maaf juga jika terdapat salah kata dalam penyampaian keluhan ini.

    Best regards,
    Budi Hermawan

  • 1 Oktober 2023 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Satpam bank lain mau berlagak ikut satpam bca, menganggap tau segalanya, kalau saya saat satpam sok tau begitu tidak bisa perbaiki masalah saya karna menganggap pinta langsung saya marahi karna sudah lewat 1 nomor antrian. Ini pernah kejadian di bank pelat merah bri bni dll, Ya dia yg salah.

 Apa Komentar Anda mengenai Pelayanan BSI?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Pelayanan BSI KC Jakarta Fatmawati 2 Tidak Memuaskan

oleh Budi dibaca dalam: 2 menit
7