Kasus Nyangkut Massal QRIS Mitra Bukalapak

Saya adalah pengguna Aplikasi Mitra Bukalapak sejak 3 tahun lalu. Salah satu fitur yang sering saya gunakan adalah pembayaran via Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS). Pada tanggal 26 September 2023, ada dua pembayaran QRIS ke warung saya yang tidak masuk. Padahal dari status aplikasi pengirim yaitu DANA, keduanya sudah berhasil.

Berdasarkan riwayat transaksi di MBL sendiri, memang belum ada saldo yang masuk. Saya kemudian mencoba menghubungi BukaBantuan di aplikasi MBL. Namun pada saat itu CS tidak bisa diakses.

Saya kemudian mencari informasi melalui Grup WhatsApp Juwara (Bukalapak) dan mendapatkan informasi bahwa beberapa user mengalami hal yang sama, pembayaran QRIS MBL nyangkut. Kasus ini ternyata masal. Kemudian di aplikasi MBL fitur terima pembayaran QRIS ternyata memang dinonaktifkan.

Untuk diketahui, di warung saya terdapat QRIS cetak di etalase untuk digunakan pelanggan agar lebih memudahkan pembayaran. Selain itu, ada beberapa pelanggan yang juga menyimpan kode QRIS warung saya, terutama mereka yang hendak melakukan tarik tunai. Beberapa di antaranya kadang tidak melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum pengiriman. Artinya meski MBL menonaktifkan fitur terima pembayaran QRIS, tidak menutup kemungkinan pembayaran QRIS masih terjadi.

Saya kemudian menginformasikan kepada pelanggan via WhatsApp untuk sementara tidak melakukan pembayaran via QRIS terlebih dahulu. Untuk QRIS cetak di warung pun saya simpan terlebih dahulu. Setelah CS BukaBantuan bisa dihubungi, CS menginformasikan memang pada saat itu ada gangguan di QRIS MBL, sehingga saldo belum bisa diteruskan kepada merchant. Saya diminta menunggu selama 3×24 jam. Apabila dalam kurun waktu tersebut saldo masih belum masuk, saya diminta menghubungi CS kembali.

Tanggal 1 Oktober 2023, saya kembali menghubungi CS untuk menagih janji. Dan seperti dugaan saya, saya kembali diminta menunggu kembali. Selain itu saya juga diminta menghubungi BukaBantuan WhatsApp untuk mengkonfirmasi. Di WhatsApp BukaBantuan, setelah memberikan data email, nomor hp, dan nama akun MBL, saya kemudian diberikan nomor pelaporan di #53703393. Di sini pun jawabannya sama, saya harus menunggu (sampai kapan?).

Kini sudah seminggu berlalu, setiap kali saya bertanya ke CS di aplikasi MBL jawabannya adalah saya harus menghubungi CS BukaBantuan WhatsApp. Sedangkan di WhatsApp, yang menjawab adalah robot yang mengatakan dengan pengulangan “Silahkan menunggu dan melakukan cek email secara berkala”.

Sebagai pengusaha kecil, tentu saja saya beserta beberapa user MBL lain berharap kepastian tentang saldo yang nyangkut tersebut. Di sisi lain, Bukalapak pun tentunya tidak pernah mengharapkan gangguan semacam ini terjadi. Hanya saja, dalam kenyataannya seolah-olah user yang harus menagih terus menerus dengan jawaban dari CS (MBL maupun WhatsApp) yang tidak memuaskan karena tak ada kepastian.

Sampai kapan kami harus menunggu hingga saldo masuk?

Ady Nugraha
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kasus Nyangkut Massal QRIS Mitra Bukalapak”

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Kasus Nyangkut Massal QRIS Mitra Bukalapak

  • 7 Oktober 2023 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai penggunaan mitra Bukalapak ada kendala seperti itu biasanya uang akan di kembalikan dan harus menunggyu 1 minggu tapi ada kompensasi biasanya di kasih saldo Rp 50.000 oleh mitra dan voucher untuk seperti potongan pembelian pulsa. Semoga permasalahan cepat selesai

 Apa Komentar Anda mengenai Mitra Bukalapak?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kasus Nyangkut Massal QRIS Mitra Bukalapak

oleh hasan dibaca dalam: 2 menit
1