Membeli Paket Kuota XL dengan Masalah yang Berulang Tiap Bulan

Tanggal 19 Juni 2023, saya membeli paket perdana XL dengan nomor 081883**76 di XL Official Shopee. Nomor pesanan: 230619SV705CQ5, dengan rincian perdana tersebut include kuota utama sebesar 456 GB per tahun (38 GB per bulan). Saat awal pengaktifan kartu, sudah ada masalah di mana saya gagal untuk verifikasi data, nomor laporan: C200093276, tanggal 5 Juli 2003.

Lalu masalah muncul lagi ketika bulan pertama perpanjangan. Yang mana paket yang seharusnya diperpanjang otomatis, ternyata tidak diperpanjang. Seharusnya diperpanjang setiap tanggal 6, tetapi karena saya ke luar negeri, saya jadi tidak sadar bahwa paket saya terhenti. Akhirnya saya baru membuat laporan tanggal 10 Agustus 2023, dengan nomor laporan: C20010824. Pada tanggal ini saya juga harus isi pulsa demi bisa menelepon pembuatan laporan ke 817 (berbayar).

Masalah yang sama muncul lagi pada bulan kedua perpanjangan. Saya kembali membuat laporan pada tanggal 9 September 2023, dengan nomor laporan: C200122609. Yang mana saat ini saya sudah emosi dan menanyakan kenapa permasalahan yang sama terus terulang? Apakah tidak ada upaya pencegahan dari XL untuk menanggulangi masalah yang sama sehingga pelanggan harus marah-marah dan mengemis agar reset kuota setiap bulan? Sampai saya menulis ini, tidak ada pihak XL yang menjelaskan kenapa masalah ini terus menerus terjadi. Dan karenanya, untuk nomor laporan ini, saya tidak pernah mengonfirmasi kalau masalah telah selesai!

Sebaliknya, masalah justru masih terus berlanjut hingga bulan ketiga perpanjangan. Tanggal 9 Oktober 2023 (hari ini), kuota saya kembali tidak di-reset otomatis, dan kembali membuat laporan dengan nomor: C200139556. Saat saya menulis ini, sudah 19 jam sejak waktu seharusnya kuota reset otomatis, saya belum mendapatkan hak saya.

Kepada XL, mohon beri saya penjelasan:

  1. Kenapa masalah ini terus terulang tiap bulan?! Saya pelanggan yang beritikad baik, membeli dengan harapan selama 12 bulan saya bebas dari masalah pemakaian kuota. Yang terjadi malah tiap bulan terjadi masalah yang terus berulang. Apakah pihak tahu bahwa selama masa saya tidak punya kuota, saya harus isi ulang untuk membuat laporan via telepon di 817 (jangan bilang saya harus chat via myXLcare, chat di sana 2 jam tidak ada solusi! Bolak-balik hanya ditanya kapan beli, posisi di mana, kapan pengaktifan. Hal-hal ini sangat tidak relevan. Kalian yang bermasalah, pelanggan yang harus bingung mencari data ke belakang). Saya juga sempat tidak bisa pulang via aplikasi online karena tidak ada kuota, akhirnya saya minta driver untuk bayar manual tanpa aplikasi. Saya juga mengalami kesulitan-kesulitan lain seperti pembayaran via dompet digital.
  2. Apakah tim IT XL sebodoh itu sampai tidak bisa menyelesaikan masalah reset kuota berulang yang menurut saya itu hanya masalah yang mudah apabila memang niat diselesaikan? Ataukah memang karena tidak ada itikad baik dan senang kalau pelanggan sesering mungkin mengisi pulsa dan kembali membeli paket lain?
  3. Apakah kejadian ini akan terus berulang sampai dengan bulan ke 12 nanti?

Saya adalah pengguna XL selama hampir 20 tahun dan pelanggan beritikad baik yang membeli paket 1 tahun agar tidak ada masalah pengisian kuota setiap bulan. Namun yang terjadi adalah setiap bulan saya merasa mendapat petaka setiap bulan, karena harus mengemis dan menelepon ke 817 secara terus menerus, yang mana 95 persen panggilan tidak bisa terhubung.

Saya tunggu tanggapannya dan tindakan perbaikan ke depannya. Serta penjelasan mengapa masalah ini terus terjadi setiap bulan. Terima kasih.

Risnafany Hartanto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata perihal “Membeli Paket Kuota XL dengan Masalah yang Berulang Tiap Bulan”

Jakarta, 18 Januari 2024 Ref.CM/CU/E/017/0124/NL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Ibu Risnafany Hartanto melalui...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Membeli Paket Kuota XL dengan Masalah yang Berulang Tiap Bulan

  • 11 Oktober 2023 - (13:48 WIB)
    Permalink

    Saya ingin menambahkan, kalau setelah 32 jam 22 menit saya hidup tanpa kuota seperti manusia gua, akhirnya kuota saya direset.. tau gak kenapa bisa reset?! Karena ketika saya nelpon 817 saya marah2 dan tidak mau menutup panggilan apabila kuota saya belum direset. Dan dalam waktu 5-10 menit kuota saya sudah berhasil reset. itu berarti bahwa sebenernya ini hal yg sangat mudah dan bisa langsung diselesaikan, tetapi kenapa kejadian ini terus terulang?! (Untuk informasi, kalau saya 2 kali memakai nomor temen saya untuk follow up ke 817 karena kedua nomor xl pribadi saya setelah sekali berhasil nelpon ke 817 untuk mau melakukan panggilan lagi akan selalu gagal, tetapi kalu dari nomor baru akan langsung terhubung) XL sungguh LUAR BIASA , kalau bisa dipersulit dan lambat untuk apa dibantu dan dipercepat, bukan begitu?? 😁

    2
    0
  • 12 Oktober 2023 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Langsung saja datang ke kantor atau counter Provider XL xiata nya.. biar cepat di tangani dan solusi terbaik nya.

    Saya kalau bermasalah dgn kuota pulsa saya…, langsung gercep ke counter yang terdekat di mall-mall jg tersedia… jangan lupa sekarang mesti bawa fcopy KK dan KTP asli, habis nya daripada capek2 menunggu tanggapan.. dan bikin emosi.

  • 12 Oktober 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    istilah nya mesti ngomel2 dulu kuota baru didapatkan?
    capek bener ini operator

  • 12 Oktober 2023 - (22:05 WIB)
    Permalink

    ente ke luar angkasa dulu sana? dan sengaja telat pulamg, trus complain !!!!!
    cape gw bacanya, balikin kuota gw ! ….. keluhan loe masuk kedalam “anak ga ber otak tapi idup”

    • 16 Oktober 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Masalah ini gak saya dapat klo XL memperpanjang otomatis sesuai apa yang apa yang sudah saya bayar!! SAYA BELI DI TOKO RESMI, saya cuma minta HAK sesuai apa yang sudah saya BAYAR.. yang sengaja telat pulang siapa?!! Ya ampun sampeyan PINTER amat toh 🤣🤣🤣🤣

  • 12 Oktober 2023 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Masih banyak operator seluler yg lain, silahkan dipilih lagi yg sistem dan pelayananya lebih baik.

    • 16 Oktober 2023 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Bener, tapi kan saya sudah bayar kuota buat setahun… Saya cuma minta HAK sesuai apa yg sdh saya bayar 😀

      • 19 Oktober 2023 - (12:43 WIB)
        Permalink

        Semoga cepat ditangani oleh XL nya.
        Kalo dah selesai..buruan pindah operator seluler yg lain..

  • 15 November 2023 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Laporan C200139556 , kuotanya bulan kelima ga reset lagi ini.. klo nulis di media konsumen masih gak cukup, ya nanti saya bakal nulis di tempat lain klo begitu.. UDAH 5 BULAN, SETIAP BULAN KEJADIAN GAK KELAR-KELAR, TIM IT XL NGAPAIN AJA KERJANYA?!!!! Apa diantara tim IT kalian yang berjuamlah ratusan atau bahkan ribuan orang gak ada yg sedikit lebih pintar, sampai masalah sepele gini aja gak bisa di selesaikan???!!!! Pantas aja data2 bisa bocor klo tim IT nya model bgni 🤣

  • 20 Desember 2023 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Hallo, Kak!
    Saya, YUDHISTA.

    Saya sedang mencari data untuk Skripsi, terkait dengan kerugian akibat perpanjangan paket internet tertentu secara otomatis dan sepihak oleh Provider.

    Jika berkenan Kakak, untuk mengisi link dibawah ini:

    https://bit.ly/KuisionerPenelitianTASkripsi

    Terima kasih 🙏🏻

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Membeli Paket Kuota XL dengan Masalah yang Berulang Tiap Bulan

oleh Risnafany dibaca dalam: 2 menit
10