Kecewa dengan Pelayanan Tokopedia untuk Klaim Pesanan Tidak Sampai

Pada tanggal 28 Sep 2023 saya komplain bahwa barang belum sampai. Pihak Tokopedia menginformasikan maksimal 6 Oktober 2023. Tetapi sampai sekarang 21 Oktober 2023 proses klaim saya belum ada progress. Dengan alasan membutuhkan BAP dari pihak pengiriman.

Hal ini jelas sangat merugikan konsumen yang masih harus terus menunggu proses klaim yang berlarut-larut. Tokopedia seharusnya bisa segera mengatasi permasalahan seperti ini.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan Tokopedia. Tidak ada informasi kapan maksimal untuk penanganan BAP dari pihak ekspedisi.  Tanggal 20 Oktober 2023 saya mencoba menghubungi pihak Tokopedia dan ternyata dari pihak Tokopedia tidak ada tanggapan sama sekali dan lepas dari tanggung jawab.

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya sangat kecewa sekali dengan pelayanan Tokopedia yang tidak bisa memberikan solusi. Dan saya juga sangat menyesal karena telah mempercayakan masalah saya ke pihak Tokopedia dan bagi saya baik itu ekspedisi ataupun Tokopedia sama-sama memiliki pelayanan yang sangat buruk sekali.

Faisal
Pati, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Tokopedia untuk Klaim Pesanan Tidak Sampai

  • 22 Oktober 2023 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Hi there…
    Saya ikut berempati & semoga permasalahan Anda dapat diselesaikan secepatnya, karena saya mengalami kendala yang sama.

    Sangat memprihatinkan bahwa konsumen belum mendapatkan perlindungan secara actual saat ini.

    Saya juga masih menunggu permasalahan claim refund dana yang belum terselesaikan & customer care tokopedia pada pusat resolusi juga tidak memberikan solusi sampai saat ini. Jawaban yang mereka bersifat automated & generic response.

    Transaksi yang saya lakukan pada 21 September 2023 [INV/20230921/MPL/3468092347]: sampai saat juga ini belum terselesaikan: masih dalam tahap claim asuransi untuk proses refund dana kepada saya [pembeli].

    Kita sebagai konsumen juga tidak mendapatkan informasi transparent dari semua pihak.

    Saya sebagai pembeli saat ini menjadi berpikir, biaya asuransi pengiriman yang kita bayarkan pada setiap transaksi di marketplace; seberapa jauh hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan?; mengingat refund dana karena barang hilang akibat pengiriman courier yang tidak reliable dengan asuransi pengiriman yang sudah kita bayarkan pada akhirnya tidak memberikan jaminan penyelesaian masalah secara cepat.

    Semoga permasalahan ini menjadi prioritas hukum kita khususnya terhadap perlindungan konsumen / pelaku bisnis.

    • 23 Oktober 2023 - (16:31 WIB)
      Permalink

      Saran saya bg langsung kontak ke ekspedisi yang bersangkutan kalo chat cs tokped ya tau sendiri lah jawaban nya, karena ini berdasarkan pengalaman saya yang kendalanya sudah hampir 2 bulan di pusat resolusi,

  • 23 Oktober 2023 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Saran saya bg, follow up ke pihak ekspedisi nya langsung kontak mereka agar segera melampirkan berkas” Yang diminta tokped
    Percaya sama gw karna kemaren kasus yang sama dengan saya barang hilang klaim asuransi, hampir 2 bulan cuman stuck di bap giliran di kontak cs ekspedisi nya baru dilampirkan tuh surat kehilangan ke tokped,

  • 23 Oktober 2023 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami pengalaman yg sama dimana saya sdh membayar tapi pihak ekspedisi membatalkan sepihak tapi proses pengembalian uangnya minta ampun lamanya… Sdh jelas paket dibatalkan… Sekarang saya ogah pakai Tokped…. Amit amit deh pakai Tokped lagi… Saran saya jgn pake lagi Tokped… Kita konsumen bisa belanja dimana aja….

    • 7 Desember 2023 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Apakah tidak ada tindakan yang bisa di lakukan? Sama yang terjadi dengan saya, pembelian tanggal 29 Oktober 2023 hingga saat ini barang belum di terima dan dinyatakan hilang. Namun masalah menggantung sampai saat ini tidak ada kejelasan maupun tindakan apa2 dari Tokopedia yang hanya bisa “maksimalkan”, “optimalkan” dengan janji2 penyelesaian dalam n x24 jam. Pembeli maupun penjual sangat di rugikan.
      Yang saya amati expedisi terutama merek sicepot yang sangat sering bermasalah tapi tokopedia seolah menutup mata atas hal ini.
      Mungkin dari rekan2 media konsumen bisa membantu, dan jika ada jalur hukum yang dapat di tempuh akan lebih baik, agar tidak terjadi masalah kedepan nya terhadap pembeli maupun penjual.

  • 22 Januari 2024 - (13:00 WIB)
    Permalink

    wah memang suka berkasus stuck di toped … jng komplain barang belom sampai deh bs bs merugikan pembeli … barang komplain kembali ke penjual … duit harus nunggu bap dari kurir … duit ga jelas nyangkut ….

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Tokopedia untuk Klaim Pesanan Tidak Sampai

oleh Anggi dibaca dalam: 1 menit
9