Berapa Lama Pemeriksaan Bea Cukai untuk Kiriman melalui Pos Indonesia?

Kepada yang terhormat Bea Cukai Indonesia dan Pos Indonesia.

Saya melakukan pembelian barang secara online dari luar negeri dan dikirimkan dengan Pos International. Dari hasil tracking resi: RV216976947GB, disebutkan paket sudah sampai Arrival at inward OE (EMD) JAKARTA MPC, sejak tanggal 18 Oktober 2023.

Namun sampai sekarang statusnya tidak berubah. Saya sudah menelepon Pos Indonesia via call dan live chat agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik. Namun tidak ada kejelasan juga, hanya disuruh menunggu dan terus menunggu. Apanya yang ditunggu? Estimasi waktunya saja tidak dapat diberikan.

Saya mencoba menelepon ke Pos Indonesia pusat yang tidak dapat memberikan jawaban memuaskan. Mohon perhatikan kualitas layanan Pos Indonesia, khususnya untuk pengiriman luar negeri, agar proses bisnis di Indonesia makin maju dengan kualitas BUMN yang menunjang. Terima kasih.

Ahmad Firdaus
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

25 komentar untuk “Berapa Lama Pemeriksaan Bea Cukai untuk Kiriman melalui Pos Indonesia?

    • 23 Oktober 2023 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Urusan barang nya isi nya apa,itu urusan saya dengan pihak bea cukai dan pos indonesia. Dan saya ga ada urusan dengan anda

      1
      5
    • 25 Oktober 2023 - (08:22 WIB)
      Permalink

      Sudah ratusan kali dapat kiriman dari LN, hal semacam ini sangat lazim terjadi .,dan saya tak ambil pusing ,pengalaman maksimal 30 hari dah clear .,semoga barang tak bermasalah ( lartas ),salam .

  • 23 Oktober 2023 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Kalau pengiriman ke alamat di jakarta juga, dari pengalaman biasa maksimal 2 minggu setelah sampai di Jakarta.
    Kalau di luar pulau dari pengalaman biasa maksimal 1 bulan.
    Sambil di pantau email dan sms jika nilai barang melebihi batas impor Pak, karena ada notifikasi pembayaran bea masuk nanti lewat app pospay.

    • 24 Oktober 2023 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Waktu Seller kirim Paketnya di sertakan invoice pembelian ?
      Setahu Saya kalau ada invoice pembelian, biasanya tidak lebih dari 7 hari kerja, sudah berada di gudang pos indonesia.

      Keliatannya paket TS masih ada di karung dalam Jakarta MPC, belum di proses antrian oleh BC. Karena mungkin tidak ada invoice pembelian jd deksripsi barang membingungkan, jadi di pending oleh BC. dan memerlukan pembukaan paket TS yang di saksikan oleh Petugas Pos dan BC.

      Tunggu 30 hari kerja, jika deksripsi barang tidak jelas. Pastikan Seller dan Buyer ada cantumin nomer WA /email di invoice pembelian. Biasanya di hubungi via email atau WA untuk tanyakan deksripsi barangnya apa untuk di kategorikan pajaknya.

    • 23 Oktober 2023 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Waduh lama juga ya,mudah2an setelah surat ini di terbitkan pengantaran nya bisa di maksimalkan.

  • 23 Oktober 2023 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Kalau dikirim dengan Pos Indonesia ya memang begitu, aku jg heran kenapa bisa begitu lama. Dari order sampai barang diterima itu bisa sampai sebulan. Paling cepat itu 2 minggu. Kayanya sih, itunya (*****) kurang gede, makanya barang lama banget keluar gudang.

    • 26 Oktober 2023 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Bukan pajak,
      Dulu pernah dengar langsung dari orang gudang yang ada di CGK, jadi kalau pesanan kita pgn cepat keluar itu si kurir atau apa gitu harus ngeluarin uang pelicin supaya barang cepat keluar. Kalo ga ada uang pelicin ya jatohnya di lama-lamain gitu. Makanya pengiriman paket dgn Pos dan DHL bisa jauh lebih cepat dgn DHL ketimbang Pos, tapi ya tahu sendiri lah, ongkir nya sendiri juga jauh beda.

  • 23 Oktober 2023 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Males beli barang LN via pos khususnya dr aliexpress, udah bayar ongkir, masih dikenakan bea handle atau apalah pas brg diantar tukang posnya, dan ga ditunjukin/dikasi faktur penerimaanya, kadang diminta surat keterangan tambahan ke bea cukainya, ribet, dan bs hmpir 2 bulan bru diterima.

    Beli barang yg sama di shopee malah gratis ongkir sampai di tempat, 1-2 minggu sdh sampai, kurir JNE, ga ada urusan sama bea cukai dll, terima beres

    Aneh bisa beda prosedur, ntah siapa yang salah.

  • 25 Oktober 2023 - (05:46 WIB)
    Permalink

    Kalo di paketnya ada deskripsi yang jelas biasanya cepet kok. saya biasa terima paket dari Jepang itu di beacukai proses 2 hari keluar pajaknya, setelah di bayar online bisa diambil 2 hari setelahnya (atau proses kirim ke alamat tujuan lamanya tergantung lokasi).

    Saya biasa terima & kirim jadi ada kontak telepon karyawan pos bisa minta tolong dicariin sebelum saya ke kantor pos untuk ambil.

    cek aja di https://www.beacukai.go.id/barangkiriman

    tergantung itu pake dikirim dari luar negeri lewat udara atau SAL (laut)

    dari Jepang kalo pake SAL (laut) juga lama.

    Jadi sabar aja nunggu nya kalo pake Pos Indonesia. karena lewat Pos lebih murah dibanding yang lain.

  • 26 Oktober 2023 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Paket sudah sampai rumah,terima kasih kepada media konsumen yang telah memuat surat ini. Dan terima kasih juga untuk bea cukai dan pos indonesia atas bantuan dan respon nya terkait surat ini. Case closed

 Apa Komentar Anda mengenai kiriman pos dari luar negeri?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Berapa Lama Pemeriksaan Bea Cukai untuk Kiriman melalui Pos Indonesia?…

oleh Ahmad dibaca dalam: 1 menit
25