Apakah Kealpaan Konsumen Harus Terkalahkan Sistem Record History PLN?

Saya beli beli token PLN pada tanggal 6 Juni 2023 karena sedang ada promo saat itu.

Karena memang saat itu masih banyak kWh-nya, jadi saya tunda di kemudian hari untuk input token tersebut. Eh, malah kelupaan sampai berbulan-bulan, baru teringat per 26 Oktober 2023, lalu segera diinput namun GAGAL.

Kemudian saya membuat pengaduan di PLN Mobile, dengan hasil ada petugas PLN yang menghubungi saya melaui WA, sebagai berikut:

Berikut bukti history yang dikirim petugas PLN

Berikut bukti histori di PLN Mobile:

Sesuai di capture WA dengan petugas PLN, bahwa di mesin meteran tidak bisa lacak record token yang diinput kalau sudah lebih dari 3x peng-inputan token sebelumnya.

Kepada PT PLN yang terhormat, apakah memang tidak ada mekanisme lain untuk prosedur penggantian token yang gagal input? Apakah kealpaan manusia harus kalah dengan sistem yang justru juga dibuat manusia?

Terima kasih.

Ahmad Fauzi
Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Apakah Kealpaan Konsumen Harus Terkalahkan Sistem Record History PLN?

  • 4 November 2023 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Ini masalahnya di mana sih, belum paham saya? 4 bulan token tidak diinput ke meteran jadi hangus gitu? Kok selama ini saya suka beli token tapi tidak langsung diinput masih bisa kok diinput ke meter di bulan-bulan berikutnya.

    • 4 November 2023 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Persis seperti kak Setiawan, sy jg sebelumnya pernah seperti itu tapi aman berhasil diinput. Cuma utk yg ini gagal input lalu setelah melakukan pengaduan, dikatakan bahwa di mesin meteran tidak bisa lacak record token yang diinput kalau sudah lebih dari 3x peng-inputan token sebelumnya..

      • 5 November 2023 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Cilebut masuk wilayah ULP Bogor Barat ya? Pertanyaan saya begini pak, token yang beli bulan Juni ini kan kelupaan input, berarti Bapak sebelum ini input token pembelian setelah bulan Juni ke sini? Kalau benar begitu berarti yang pembelian Juni ini kelompatan tidak diinput. Saya pernah baca begitu kalau memang kelompatan berapa kali bisa hangus karena sistem mesin (meskipun token tidak kadaluarsa). Saya aja ini tiap bulan kalau ada diskon beli token 50 rb tapi tidak langsung diinput, nanti diinput ketika sudah habis masih bisa asalkan urut jangan ada yang dilompati. Bahkan 5 token pembelian terakhir masih ada belum diinput (terakhir input bulan Agustus). Sedikit saran kalau mau mengejar diskonan, bisa lewat marketplace tokopedia, blibli atau yang lain pas ada event promo, kemarin pas ada event bulan Agustus lumayan diskon 100 rb untuk pembelian 1 jt (bisa dicicil pula).

        • 5 November 2023 - (09:46 WIB)
          Permalink

          Iya kak Setiawan, betul seperti itu. Ke-skip, kurang lebih gitu lah. Baik kak terimakasih atas saran dan informasinya.. semoga Allah mudahkan segala urusan kak Setiawan

      • 5 November 2023 - (09:30 WIB)
        Permalink

        Iya kak, In sya Allah sdh ikhlas kalau emang sdh tdk bisa diganti, karena emang tahunya Token tdk ada expired nya.. terima kasih kak atas doanya, begitu pun kak Muhammad, saya doakan rejeki lancar..Aamiin yaa Mujiibas saailiin 🤲🏻

    • 5 November 2023 - (09:09 WIB)
      Permalink

      1. Salah sendiri lupa input lama sekali 2. Itu hanya 100k bang wkwkwkwkkw 3. Saya doakan rejeki lancar biar bisa beli token 10 juta langsung diinput

      • 5 November 2023 - (09:31 WIB)
        Permalink

        Iya kak, In sya Allah sdh ikhlas kalau emang sdh tdk bisa diganti, karena emang tahunya Token tdk ada expired nya.. terima kasih kak atas doanya, begitu pun kak Muhammad, saya doakan rejeki lancar..Aamiin yaa Mujiibas saailiin 🤲🏻

  • 5 November 2023 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Yang lupa siapa yang disalahkan siapa? Maunya diganti rugi pulak! Sistemnya mesin itu juga ada salahnya bahkan jika ada batasan itu juga wajar! Mohon mesin juga dipahami pak! Jangan unggulin kelemahan manusianya aja mesin juga punya keterbatasan.

    2
    1
  • 5 November 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya simple aj
    Itu Khan masalah sudah input tapi enggak kebaca disistem PLN
    Solusinya coba beli pulsa yg baru.trus input
    Dari situ pasti ada hasilnya
    Kalo terbaca disistem PLN.berarti token yg promo kmrn memang sudah kedaluarsa.tanyakan ke PLN status pulsa tsb
    Kalo tidak bisa.berarti meterannya yg bermasalah

    1
    1
  • 5 November 2023 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Apa salahnya sih bila langsung diinput untuk menghindari lupa isi? toh ky pulsa, bisa ditumpuk. ga merugikan, ga menguntungkan, sama aja intinya kan isi skrg or nanti

    • 5 November 2023 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Betul kak Herwin, jadi pelajaran bgt ini buat sy ke depannya.. terimakasih kak

  • 6 November 2023 - (07:07 WIB)
    Permalink

    Saya kira tidak masalah walaupun berbulan bulan asalkan
    – jangan input token baru, contoh kakak beli token bulan Juni blum input, terus lupa beli baru. Terus yg lama lupa. Ketika ingat baru diinput ke meter, pasti eror..
    Ketika kita beli token umpama 50 rb. Terus dirasa kurang. Pada waktu yg sama kita bli lagi 50 rb. Udah kita dpat dua token kan. Terus kita keliru masukkan token ke 2 kita masukkan dulu, pasti gagal. Itulah kelemahan sistim PLN prabayar. Jadi intinya token yg kita beli ya harus kita masukkan berurutan. Jangan sampai kelupaan terus kita beli lagi kita masukkan, pasti yg kita beli terdahulu gagal input. Semoga bermanfaat.

 Apa Komentar Anda?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Apakah Kealpaan Konsumen Harus Terkalahkan Sistem Record History PLN?…

oleh Ahmad Fauzi dibaca dalam: 1 menit
18