Pelunasan Dipercepat, tapi Tidak Ada Pengembalian Bunga

Pada tanggal 27 November 2023, saya melakukan pelunasan awal untuk pinjaman di aplikasi Tunaiku, sebesar Rp28.650.318. Lalu pada tanggal 28 November 2023, saya mendapatkan email terkait pelunasan pinjaman tersebut.

Kemudian, pada tanggal 28 November 2023, saya mencoba untuk telepon customer service Tunaiku untuk menanyakan perihal konfirmasi pembayaran dan pengembalian dana atau bunga karena pelunasan di awal. Dengan sangat entengnya, tim dari Tunaiku tersebut mengatakan, “Kita tidak ada perjanjian untuk pengembalian dana tersebut.”

Saya merasa dirugikan, karena saya baru saja mengajukan dana pinjaman pada tanggal 10 November 2023. Selanjutnya, saya mengirim email ke Tunaiku, tetapi hingga tanggal 1 Desember ini, hanya ada balasan seperti ini:

Saya bingung dan merasa rugi sekali. Karena saya pinjam pada tanggal 10 November, saya langsung lunasi pada tanggal 27 November. Saya pinjam Rp20 juta, yang diterima hanya Rp18 juta, dan saya harus membayar sebesar Rp28 juta! Sungguh sangat merugi sekali.

Oky Mahmuri
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pelunasan Dipercepat, tapi Tidak Ada Pengembalian Bunga”

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Bapak Oky Mahmuri sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Bapak Oky Mahmuri...
Baca Selengkapnya

32 komentar untuk “Pelunasan Dipercepat, tapi Tidak Ada Pengembalian Bunga

    • 3 Desember 2023 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Sepaham saya jika melakukan pelunasan dipercepat seharusnya yg dibayarkan adalah sisa pokok pinjaman + bunga bulan berjalan + denda pelunasan dipercepat.
      Tp kembali lagi lihat dulu di klausul perjanjiannya, memungkinkan tidak dilakukan pelunasan dipercepat. Seperti UCan di aplikasi IM3, saya tidak melihat ada opsi pelunasan dipercepat.
      Dan alangkah lebih baik, sebelum melakukan pembayaran pelunasan dipercepat terlebih dahulu dilakukan konfirmasi ke CS.

      • 3 Desember 2023 - (06:24 WIB)
        Permalink

        Teegantung kalusul perjanjian yang sering nasabah gak pernah baca….ada juga yang pihak peminjam gak mau di cepat cepatin pelunasan karena kadang di tahun pertama atau beberapa bulan hanya bayar bunganya saja gak pakai disertakan bayar pokok.

        • 4 Desember 2023 - (07:42 WIB)
          Permalink

          Harusnya jgn seperti itu cara mengembalikannya pak….mereka ga akan mau tau walaupun cuma 1 hari tetap bayar normal. Biarkan telat dulu…semakin lama telat semakin besar peluang anda bayar pokoknya saja

  • 2 Desember 2023 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Waduh mmng tujuan awal pinjam ke pinjol buat apa, harusnya sdh tau pinjol besar bunganya,ini sdh pencarian knp malah dilunasi..jadi rugi besar tuh

  • 2 Desember 2023 - (10:49 WIB)
    Permalink

    pinjol memang kejam, lain kali pikirkan 100x kali mau mau pinjem di platform itu. lagian 10 november pinjam trus tanggal 27 november dilunasin full. ngapain juga pinjem kalo belum setahun sudah dilunasi? dan setahu saya bunga tinggi dilunasin lebih awal atau tidak ya malah bikin rugi.

    • 2 Desember 2023 - (15:58 WIB)
      Permalink

      Bener. Jangankan pinjol, pinjaman legal di bank aja baik KTA atau dana tunai dari pencairan kartu kredit, di awal sudah wanti” jika pelunasan lebih cepat malah akan ada biaya pinalti sekian % dr pinjaman, boro” pengurangan bunga 😅

  • 2 Desember 2023 - (11:54 WIB)
    Permalink

    lha namanya juga pinjol. sebelum pinjam apa nggak dilihat dulu baik2?
    di adakami malah klo pinjam 20jt balikinnya sekitar 34jt

  • 2 Desember 2023 - (16:31 WIB)
    Permalink

    LOH? bahkan di bank pun kalau pengajuan sudah disetujui dan pelunasan di percepat bunga tidak akan di kembalikan, bahkan biasanya ada denda jika pelunasan di percepat sebelum jatuh tempo.

    sudah pilih tenor pasti bunga sudah fixed. memang kartu kredit bayar bulanan tanpa cicilan no bunga.

  • 2 Desember 2023 - (22:00 WIB)
    Permalink

    SEBELUM MAU MEMBAYAR PELUNASAN AWAL, KONFIRMASI DULU MINTA POTONGAN BUNGA.. KALAU SUDAH BAYAR DULUAN, KEMUNGKINAN BESAR NGGAK DAPAT..

  • 3 Desember 2023 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Tergantung jenus bunga nya, apakah bunga fixed rate, bunga flat, bunga efektif. Lain kali baca dulu syarat dan ketentuannya.

  • 3 Desember 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    yak emang ada pelunasan dipercepat, terus bunga dan lain nya dikembalikan ? mana ada lah kaya gitu , wong bank aja kalo pelunasan cepat kena pinalti dan lain” apa lagi pinjol , mau di bawa kemana ? ojk ? yakin selesai ? yang ada buang waktu dan tenaga belum lagi keluar uang , jadiin pelajaran aja kalo minjem nya sebentar mending sama orang deket saja dan janjiin kalo bakal dikasih lebih

  • 3 Desember 2023 - (20:50 WIB)
    Permalink

    TS memang lg mabok bin sontoloyo 🤣
    Sdh tau lintah darat masih nekat saja pinjam di pinjol 😄😁
    Uangnya buat apa juga nggk jelas, malah cari sensasi di MK 🤣

  • 4 Desember 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Rp. 10.185.480 uang yang harus dikeluarkan TS dalam kurang dari 1 bulan utk bayar ribanya, kayaknya TS sedang baik hati ke renternir darat, di bank aja deposito itu 6% setahun belum potong pajak 20% dari nominal + bunga, ini lintah darat dapat 50% dalam sebulan..bisa bolak balik ke israel nih renternirnya kalo dapat kostumer kayak begini..lain kali sebelum meminjam dipikirkan matang matang.

  • 4 Desember 2023 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Kalau mau dibalikin cepat gitu,knp harus ambil tenor 12 bln?sepertinya TS pemain baru diperpinjolan

    • 4 Desember 2023 - (11:53 WIB)
      Permalink

      Apakah dalam perjanjian awal disebutkan adanya potongan atau pengembalian bunga jika hutang dilunasi lebih awal pak?

  • 4 Desember 2023 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Seperti nya anda jadi orang yg paling sial….dan sangat bodoh.atau anda pemain yg pura2 dizolimi.ngapain minjam pinjol kembalikan cepat2 .ayak2 wae

  • 4 Desember 2023 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Yg namanya pinjaman online mau dilunasin cepat atau tidak… Total bunga tetap harus dibayar… Jadi klu memang sudah punya uang buat lunasin… Simpan di rekening terpisah buat bayar tiap bulan. Setidaknya Anda punya waktu lebih buat membayar meski uang sudah ada

  • 5 Desember 2023 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Sebelum ambil pinjol harusnya dipikirkan dulu perlu tidaknya. Trus tenor 12 bln main dilunasi dalam 1 bln. Seblum main lunas ya tanya dulu ada pengembalian bunga gak, ada penalti gak? Kalau gak ada pengembalian bunganya ikuti tenor aja.

  • 5 Desember 2023 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Sebelum pinjam kan ada perjanjian, nah itu tagihan kamu udah sesuai perjanjian belum, kalo udah sesuai lalu yang dipermasalahkan apa, kalo merasa dirugikan kenapa disetujui perjanjian pinjaman tersebut

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku Amar Bank?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Pelunasan Dipercepat, tapi Tidak Ada Pengembalian Bunga

oleh Okai dibaca dalam: 1 menit
32