Terjebak Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI dan Tidak Bisa Menutup Kartu

Saya pengguna kartu kredit BRI JCB Platinum dengan nomor 3565**********05. Kartu kredit ini memang jarang saya pakai, saya lebih sering menggunakan yang BRI Touch Visa Platinum.

Bulan ini saya mendapat tagihan biaya iuran tahunan, yang muncul di kartu kredit BRI JCB Platinum saya, sebesar Rp300.000. Hari ini (11 Desember 2023) saya pun menelepon call center BRI di nomor 1500017. Setelah dilakukan pengecekan oleh customer service, saya dinyatakan tidak memenuhi syarat keaktifan penggunaan kartu, sehingga iuran tahunan tidak dapat dihapus. Saya pun mengajukan penutupan kartu, tetapi penjelasan dari customer service saya harus membayar iuran tahunannya dulu.

Yang saya bingung, bukankah iuran tahunan kartu kredit adalah biaya yang ditagihkan di awal untuk layanan satu tahun ke depan? Jika saya sudah tidak mau menggunakan kartu kreditnya lagi, layanan apa yang harus saya bayar sampai-sampai saya tidak bisa menutup kartu kreditnya?

Saya pengguna kartu kredit sejak 6-7 tahun terakhir dan memiliki beberapa kartu kredit dari bank lain, tapi baru kali ini mengalami hal seperti ini. Yang diberikan BRI ini limit gabungan, yang mana kartu kredit BRI saya yang lain sangat aktif digunakan. Sejak Januari sampai dengan November 2023, total penggunaan saya sudah mencapai Rp70.000.000. Sayangnya, loyalitas saya di kartu kredit satunya sama sekali tidak dipertimbangkan.

Triyanto Adi Sampurno
Kab. Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Terjebak Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI dan Tidak Bisa Menutup Kartu”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Triyanto...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Terjebak Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI dan Tidak Bisa Menutup Kartu

    • 13 Desember 2023 - (08:46 WIB)
      Permalink

      Sebenernya kalo sering dipake iuran tahunan itu bisa free sih makanya kalo punya 3 kartu pastikan 2-2nya sering dipake atau bisa daftarkan auto payment aja. Lagian, udah selayaknya kalo kita pake jasa yaa bayar jasanya, kalo gamau bayar minimal rajin dipake transaksi aja

      2
      1
  • 13 Desember 2023 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Yang saya bingung, bukankah iuran tahunan kartu kredit adalah biaya yang ditagihkan di awal untuk layanan satu tahun ke depan?
    ==>> Coba baca di S&K nya. Pemegang KK selalu dapat. Gak prlernah baca yah?

    Jika saya sudah tidak mau menggunakan kartu kreditnya lagi, layanan apa yang harus saya bayar sampai-sampai saya tidak bisa menutup kartu kreditnya?
    ==>> Di S&K juga ada tuh. Kartu busa ditutup apabila tidak ada tagihan. Kan masih ada tagihan.

    Saya pengguna kartu kredit sejak 6-7 tahun terakhir dan memiliki beberapa kartu kredit dari bank lain, tapi baru kali ini mengalami hal seperti ini.
    ==>> Beda bank beda kebijakan. Asalkan tidak melanggar yg ditentukan oleh BI, Customer tidak bisa menolak. Balik lagi ke pertanyaan, apakah sudah membaca S&K nya?

    Sejak Januari sampai dengan November 2023, total penggunaan saya sudah mencapai Rp70.000.000. Sayangnya, loyalitas saya di kartu kredit satunya sama sekali tidak dipertimbangkan.
    ==>> Ada beberapa point yg ditentukan oleh Bank mengenai ini. Mungkin TS tidak memenuhi syarat dan sifatnya pengajuan, bisa ditolak atau diterima.

    Anyway, judulnya Terjebak Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI.
    ==>> Yakin terjebak? Sepertinya TS bermasalah dengan literasi.

    Semoga ada jalan keluarnya yah.

    7
    2
    • 14 Desember 2023 - (05:10 WIB)
      Permalink

      Masa sih transaksi 70 jutaan dalam setahun , iuran 300 ribu kagak bisa dibayar? Toh segala promo2 dan poin2 cashback anda nikmati juga lebih dr 300 ribu dari benefit kartu kredit saya rasa.

  • 13 Desember 2023 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Bank BRI memang begitu. Iuran tahunannya tidak bisa dihapus dengan ancam tutup, karena kalau mau ditutup iuran tahunannya harus dibayar terlebih dahulu. Untuk menghapusnya harus mengikuti program seperti mendaftarkan tagihan rutin bulanan atau mencairkan dana tunai.

    Makanya, dulu saya buru-buru tutup kartu kreditnya sebelum iuran tahunannya muncul. Karena kalau sudan muncul agak repot untuk menghapusnya.

  • 13 Desember 2023 - (10:39 WIB)
    Permalink

    CC BRI segitu mah udah enakk.. 70 jt annual 300rb, kalo gk dipake ngapain juga ngajuin, kalo ditawarin ngapain juga mau..

    1
    1
  • 13 Desember 2023 - (13:27 WIB)
    Permalink

    salahnya TS itu kartu yang gak dipake dalam keaddan aktip dan tidak tau kalo walau limit gabungan tapi bayarnya gak digabung..nasi sudah jadi basi, lebih baik bayar terus tutup yang jcb platinumnya..next kalo ada kartu tambahan pastikan dulu itu limit gabungan atau bukan, kalo gabungan jangan mau diterima atau diaktipkan, yaa percuma aja punya banyak kartu tapi limitnya gabungan

  • 13 Desember 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Sudah pake 6 sd 7 tahun CC, kan baru ada iuran tahunan masih nalar sih pak, lagian TS sendiri yg bilang kartu tsbt kartu tambahan dan jarang sekali dipake … Kemungkinan kalau sering dipake transaksi kartu tsbt tidak akan dikenakan biaya iuran tahunan, dan skrng klo mau ditutup ya harus dilunasi dulu baru bisa ditutup…

  • 13 Desember 2023 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Biasanya cc bank bri bisa hapus biaya tahunan jika terdapat minimal sekian juta rupiah transaksi dari cc tersebut. Klo nggk salah 15jt.
    Saya dr awal pny cc bri tahun 2019 hingga sekarang blm pernah bayar biaya tahunan

  • 14 Desember 2023 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Punya CC ud lama tp kagak tau T&C. Kalau kartu aktif ya harus bayar annual fee. Kalau minta penghapusan kan harus ada timbal balik antara anda dan bank. Kalau gak mau pakai ya tutup seblum muncul annual feenya

  • 14 Desember 2023 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Satu lagi nasabah kocak , lain kali baca S&K dimana tahun pertama itu annual fee gratis dan tahun ke dua itu berbayar , bilang nya sih sudah tahunan make kartu kredit tapi malah kek pora pora bodoh soal annual fee , lu mau transaksi puluhan ratusan sampe miliyaran pun ga ngaruh buat bank wkwk , karena kartu kredit itu lu yang dipinjemin duit sama bank , beda cerita kalo lu yang ngasih dana ke bank jadi nasabah prioritas kek atau naro deposito di bank 1M atau lebih , baru dah lu bisa belagu wkwkw ini transaksi 70 an aja udah lagu laguan wkwkwk , kalo ga mau bayar annual fee mah siap siap KOL 5 wkwk , nanti giliran KOL 5 nyalahin bank 😁

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BRI?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Terjebak Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI dan Tidak Bisa Menutup Kartu

oleh Sampurno dibaca dalam: 1 menit
16