Pembatasan Transaksi Kartu Kredit Jenius Bank BTPN

Halo semuanya,

Pada bulan Desember, saya resmi mendapatkan kartu kredit Jenius. Saya pun sudah bertanya di awal terkait batasan penggunaan kartu kredit yang akan saya pakai, lalu berapa hari kemudian langsung dibayar agar bisa digunakan lagi tanpa ada batasan-batasan tertentu.

Hari ini, saya ingin membayar vendor-vendor yang sebelumnya tagihannya sudah saya bayar penuh sehingga limit penuh kembali. Tetapi ternyata, mesin EDC offline vendor-vendor perusahaan saya menolak kartu saya (declined) di 4 mesin yang berbeda dan juga dengan nominal yang berbeda. Dan tentunya, pembayaran vendor melalui kartu kredit saya lakukan hanya untuk mengejar program-program reward Jenius. Apalagi, setiap vendor mengenakan biaya tambahan sebanyak 2% untuk penggunaan kartu kredit.

Lalu, saya menghubungi pihak bank 3x melalui call centre untuk memastikan masalah apa yang akan terjadi. Kemudian ternyata mereka menginformasikan bahwa penggunaan kartu kredit Jenius sudah dibatasi per hari ini, tanggal 19 Januari 2024, yang mana belum ada informasi apapun dari pihak Bank BTPN melalui media apapun. Saya pun terkejut. Saya sebagai pengusaha yang sudah melakukan perhitungan cashflow, dll., tiba-tiba jadi macet karena tidak ada informasi terkait pembatasan pemakaian kartu Jenius sebelumnya.

Saya memohon agar Jenius (Bank BTPN) bisa memberikan solusi terkait peraturan yang dilakukan secara mendadak ini. Karena ini sangat fatal sekali. Terima kasih.

Jordi Johanes
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pembatasan Transaksi Kartu Kredit Jenius Bank BTPN”

Dengan hormat, Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Bapak Jordi Johanes berjudul “Pembatasan Transaksi Kartu Kredit Jenius Bank BTPN” yang...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Pembatasan Transaksi Kartu Kredit Jenius Bank BTPN

    • 21 Januari 2024 - (18:38 WIB)
      Permalink

      Bukannya kartu kredit limitnya di perbarui tiap bulan, walau langsung di bayar 2-3 hari kemudian tapi jika brlum tanggal limitnya belum akan terefresh. Saya juga heran pengusaha koq tidak ada backup plan misal KK lain atau bayar cash jika ada masalah cashflow.

      • 21 Januari 2024 - (19:19 WIB)
        Permalink

        Beberapa bank bisa lgsg refresh jika bayar nya juga melalui bank penerbit kartu itu sendiri. Yang namanya hitungan memang ada backup, tpi tentu backup juga tidak bisa 100% terpenuhi pak. Apalagi cara ini sudah saya lakukan hampir tiap minggu, dan kebetulan jenius saja yg seperti ini

        • 21 Januari 2024 - (20:03 WIB)
          Permalink

          Saya juga mengalami hal yg sama,
          Saya melakukan penambahan dana ke kartu kredit untuk mengejar reward yay point.

          Setau saya bank lain memberikan kemudahan dengan melakukan topup untuk bs bertransaksi melebihi limit kartu.

          Mungkin ini disengaja untuk mencegah org menukarkan yay point?

          • 21 Januari 2024 - (21:11 WIB)
            Permalink

            Iya, yg jadi permasalahannya bukan masalah yay point kalo kasus ini, tapi kartu kredit tidak bisa dipakai alias ke locked hingga awal bulan.

            Ini kan sangat tidak nyaman bagi nasabah. Kalo emang niatnya memperketat pembagian reward alangkah lebih baiknya transaksi tetap bisa dilakukan walaupun mungkin tidak dapat double reward dan tidak dilock seperti ini dana nya. Ini kan mematikan nasabah hingga akhir bulan.

          • 22 Januari 2024 - (08:25 WIB)
            Permalink

            “setau saya bank lain” lah iya kalo bca, beda bank beda policy bwaang, bca bisa top up gitu no problem, ngak bisa disamain lah

            0
            1
          • 22 Januari 2024 - (09:41 WIB)
            Permalink

            Iya kak, tp masalahnya ini diubah secara diam2. Sebelumnya semua lancar gk masalah.

            Klo bapak baca article ini kebijakannya baru dimulai 19 January lalu tanpa ada pengumumam apapun dr pihak jenius.

            Klo ada article pengumumam silahkan anda share disini.

    • 21 Januari 2024 - (19:20 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf pak, ini privasi yang jelas bisa untuk perputaran usaha ✌️

    • 21 Januari 2024 - (19:17 WIB)
      Permalink

      Halo pak Firman, kebetulan posisi saya sangat jauh dari rumah dan saya hanya bawa 2 kartu kredit saja.

    • 21 Januari 2024 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Yg dilakuakan ts ini kejar point jenius..
      Karna jenius lg viral miles..seperti bank membatasi bayar top up bayar2..
      Itu sebabny ts tidak bayar pakai kartu kredit lain..karna lg viral point jenius banyak pengguna kartu kredit gesek bayar agar dpt point sebanyak2 ny..tgl 19 pihak bank uda membatasi gesek top klo dapat limit kecil..ts ga terima kebijakan bank hahahhaha

      • 21 Januari 2024 - (22:37 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf sebelumnya, kebijakan nya yg mana? Apa ada pengumuman resmi? Apa ada informasi terkait kebijakan? Saya terima aja kok asal pihak BANK dengan jelas memberikan informasi. Seandainya pun saya tidak dapat point tidak apa.

        Yang jadi masalah adalah saya sudah topup untuk keperluan tagihan dan CC dari Jenius tidak bisa digunakan bahkan Rp. 1,000.- pun tidak bisa.

        Tolong dibaca dengan bijak kejadian di atas, jangan berasumsi saya tidak bisa terima dengan kebijakan bank. Menurut saya pihak BANK tidak fair dalam memberikan kebijakan. Seandainya ada informasi resmi sebelum nya, saya tidak akan melakukan topup, saya bayar cash saja ke vendor.

        • 21 Januari 2024 - (22:48 WIB)
          Permalink

          Itu tulisan elu sendiri tulis tlp call center tgl 19 januari cs bilang dibatasi penggunaany…elu ga terima bilang tdk diinformasikan sebelumny…pdhl elu tlp kan sdh diinformasikan..elu kan maony bank kasih pengumuman di media..

          • 21 Januari 2024 - (22:53 WIB)
            Permalink

            Dibaca dengan baik pak alur cerita di atas, sudah di declined 4x. Lalu baru telp bank.

            Bukan telp bank dulu lalu maksa2 gesek HAHAH

          • 22 Januari 2024 - (11:27 WIB)
            Permalink

            Kalau tanpa pengumuman terlebih dahulu, misal saya sudah taruh dana di kartu kredit sejak awal bulan. Jadinya uang saya nyangkut disana pak.

  • 21 Januari 2024 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Dibaca donk syarat Dan ketentuan Jenius
    Nih copy dr aplikasi jenius
    Keputusan, ketentuan, maupun perubahan ketentuan yang dibuat oleh BTPN tidak dapat diganggu gugat.

    Selamat menikmati gagal gesekny hahahah

  • 22 Januari 2024 - (02:53 WIB)
    Permalink

    Ini yg ngebelain jenius org jenius sendiri kykny hahaha. Bank ga jelas emang ini. Klo mau buat program gausah setengah2, kita punya uang kita bayar lunas bukan hutang. Besok saya tutup ini CC jenius ga jelas bangsat sampai dilock transaksi cuma bisa sesuai limit/bulan.

    • 22 Januari 2024 - (08:28 WIB)
      Permalink

      lah misuh2, wkwkwk, kalo emang policy si jenius ngga bisa top up over limit terus pegimane dul, bca mah oke2 bae, newbie banget keknya, wkwkwk

      • 22 Januari 2024 - (09:11 WIB)
        Permalink

        Lah, marketingny nipu dong jatohnya? Awal bilang bisa topup over limit. Skrg malah dilock ga bs transaksi sama sekali. Awal bs topup overlimit & transaksi diatas limit. Trs diubah lg bs topup tp cm bs transaksi maksimal limit. Skrg ga bs transaksi sm sekali, ke refresh diawal bulan. Kan kocak

      • 22 Januari 2024 - (11:30 WIB)
        Permalink

        Yg jd masalah tanpa ada komunikasi terlebih dahulu, bila kita topup kemudian diblock kan sama aja uangnya nyangkut disana.

        • 22 Januari 2024 - (16:38 WIB)
          Permalink

          Betul, dan untuk convert yaypoint ke miles jadi sulit tercapai. Transaksi saya perbulan 150jt+ mending saya gunakan CC lain kemarin sudah masuk milesnya. Ini jadi nyangkut yaypointnya harus berbulan2 karena dibatasi maksimal limit/bulan

  • 22 Januari 2024 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Gak bisa disamain semua cc bank seperti itu. Jenius itu tidak bs refresh limit walaupun kita topup. Sudah ada jatahnya dan sistem mereka. Silahkan hargai sistem di masing masing bank dan jangan “mengakali” sistem yang sudah ada. Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

    • 22 Januari 2024 - (21:50 WIB)
      Permalink

      Dari awal sudah dikonfirmasi oleh call center katanya bisa topup pakai tanpa batas cap. Dari awal bisa kol selama hampir 2 bulan, tiba-tiba malah seperti ini.

  • 24 Januari 2024 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Bank nya aja Kere…. bayangin mana ada bank batasin pemakaian nasabah nya kecuali si jenius ini….

    Gak usah bikin promo kalau takut gak bisa memenuhin nya…. wajar kita nuntut toh kita nasabah… bayar biaya admin bulanan, bayar biaya tahunan… kita naruh dana kita di atur lagi cara pengunaan nya next bikin konten jangan apply kartu kredit jenius karena di batasin transaksinya… viralin aja .. biar nanti di rubah lagi perturanyaa…

    Trus heran juga nih komentar di kolom sini… kita yang komplain ma perusahaan dia yg kenapanas buat belaa nih bank… lo di bayar berapa ?

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Jenius?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Pembatasan Transaksi Kartu Kredit Jenius Bank BTPN

oleh Jordi Johanes dibaca dalam: 1 menit
24