Syarat Ambigu Program Promo Tiket Jakarta-Tokyo BNI JCB Ultimate

Saya nasabah kartu kredit BNI JCB Ultimate yang mengikuti program promo tiket Jakarta-Tokyo.

Singkat cerita, syarat akumulasi transaksi sudah tercapai, lalu saya menghubungi Customer Service BNI untuk mengajukan klaim hadiah. Namun customer service menolak klaim, dengan alasan hanya transaksi di kartu kredit utama yang diperhitungkan. Padahal tidak ada syarat dan ketentuan tertulis kalau transaksi di kartu tambahan tidak terhitung. Terlampir beberapa transaksi yang tidak diakui oleh BNI:

Customer Service bersikeras di website BNI tertulis bahwa promo hanya berlaku untuk Kartu Utama.

Kalimat “Hanya untuk kartu utama” sangat ambigu, tidak spesifik. Saya sebagai nasabah mengartikan kalimat tersebut sebagai: Hadiah promo (tiket) hanya berlaku untuk pemegang kartu utama. Kenapa bank besar sekelas BNI tidak secara jelas menulis syarat “Transaksi kartu tambahan tidak terhitung”? Agar tidak terjadi kesalahpahaman seperti ini.

Saya sudah sering mengikuti bermacam-macam promo dari bank lain dan baru kali ini transaksi kartu tambahan tidak diperhitungkan. Kartu tambahan adalah bagian dari kartu utama. Semua transaksi di kartu tambahan adalah tanggung jawab pemegang kartu utama.

Customer service BNI mencoba eskalasikan masalah ini (dengan nomor laporan: 200020604539), tapi ternyata hasilnya tetap ditolak oleh tim terkait dengan alasan “Hanya untuk kartu utama”. Pada bulan Januari 2024 ini, memang sudah terdengar berita tentang program BNI JCB Ultimate yang syarat dan ketentuannya berubah-ubah, dan banyak klaim nasabah ditolak.

Bryant R.
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Syarat Ambigu Program Promo Tiket Jakarta-Tokyo BNI JCB Ultimate

  • 28 Januari 2024 - (13:02 WIB)
    Permalink

    awal bulan komplain sulit tutup cc bni, eh sekarang komplain lagi, masih lanjut dramanya,

    7
    1
  • 28 Januari 2024 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Kalo saya sih merasa tulisan s&k “Promo hanya berlaku untuk kartu utama” sudah sangat amat jelas. Kartu tambahan gak ikutan.

  • 29 Januari 2024 - (07:43 WIB)
    Permalink

    “Promo hanya berlaku untuk kartu utama”

    Secara konteks bahasa verbal sudah sangat jelas.
    Beda kalau kalimatnya tertulis “Promo berlaku untuk kartu utama dan kartu tambahan” atau “Promo hanya berlaku untuk pemegang kartu utama”.

    Tambahan kata “Pemegang” biasanya untuk benefit yang memerlukan kehadiran subjek/pemegang kartu, misalnya benefit airport perks.
    Kalau gak disebut “pemegang” berarti yang dimaksud adalah objek kartunya sebagai sumber transaksi yang eligible untuk program.

  • 29 Januari 2024 - (08:05 WIB)
    Permalink

    tulisan s&k “Promo hanya berlaku untuk kartu utama” sudah sangat amat jelas. masa tulisan segitu jelasnya masih gak paham???

  • 29 Januari 2024 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Kalimat di S&K nya sudah sangat gamblang mudah dimengerti, di mana letak ambigunya ya?
    Kalau mengaku sudah sering ikut promo kartu kredit, dan sudah pakai cc BNI sejak 2010, masa sih pemahaman soal promo spesifik utk kartu utama / tambahan blm jelas?

  • 29 Januari 2024 - (11:44 WIB)
    Permalink

    Ini mah emang TSnye yg salah,.. Jelas kok itu tulisan peraturannye “HANYA BERLAKU UNTUK KARTU UTAMA”,. 😅
    Dan Bank “Berhak” menolak klaim..

 Apa Komentar Anda mengenai Promo kartu kredit BNI?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Syarat Ambigu Program Promo Tiket Jakarta-Tokyo BNI JCB Ultimate

oleh Bryant dibaca dalam: 1 menit
6