Ditipu Pinjol Kredit Dana

Pada tanggal 15 Januari 2024, saya berniat meminjam Rp800.000 saja dari aplikasi pinjol “Kredit Dana,” yang semula namanya adalah “Kredit Digital”. Saya belum saya melakukan apa-apa, tapi tiba-tiba saya langsung dinyatakan telah meminjam sebesar Rp1.800.000. Tentu saya heran dan langsung saya cek di rekening. Ternyata yang masuk hanya Rp1.008.000 saja, bukan 1.800.000. Namun tenornya hanya 7 hari, dihitung dari tanggal meminjam.

Keesokan harinya, tepat hari ke-2, saya diteror, katanya saya harus mengembalikan secepatnya. Saya dihina sebagai maling pinjol, lo***, dan diancam sebar data, dsb. Padahal masih ada 6 hari. Hari ke-3, 4, sampai hari ke-7, teror itu terus datang, dan saya pun memutuskan untuk membayarnya, meskipun saya pihak yang rugi. Namun akunnya tidak dapat masuk, tidak dapat login, padahal OTP-nya sudah diberikan.

Saya menghubungi Call Center Kredit Dana di Jl. Progo Surabaya Timur. Saya pikir call center adalah satu-satunya yang memberi info benar, karena para penyerang hanya mengaku-ngaku atas link pengiriman tagihan. Call center tersebut ternyata juga penipu, dengan dalih bahwa akun dapat login setelah pembayaran dilakukan di nomor yang diberikan. Saya menolak, karena saya hanya berpikir jika masalah tidak selesai, bunga berjalan, lalu bagaimana dengan data saya?

Akhirnya, saya mengirimkan pembayaran ke rekening yang diberikan. Ternyata saya telah ditipu, karena setelah akunnya bisa login, tidak seperti yang dijelaskan. Setelah saya cocokkan, virtual account-nya berbeda. Jadi, ini penipuan!

Tolong para pembaca, jangan sampai tertipu, jangan datang ke Progo atau pinjam di Kredit Dana. Ini penipu benar. Cukup saya saja. Jika ada yang mengenal buronan-buronan ini, tolong share/laporkan agar tidak memakan korban lain.

Dewi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

54 komentar untuk “Ditipu Pinjol Kredit Dana

    • 3 Februari 2024 - (02:56 WIB)
      Permalink

      Saya Pernah Kejadian Kejebak Sperti Ini Dengan Pinjol Ilegal….,Saya Perlu Satu Juta Yg Ditransfer 7.5 Juta & Harus Balikin 11.5 juta dlm 7 hari..,Teror sama Kurang Lebih Sperti itu….Mau Ng Mau Saya Pun Mengalah Harus Jual Motor dan saya Bayar Total 11.5 Juta Bayangkan Dlm 7 hari Diperas 4.5 Juta….Tapi Saya Ng Mau Tinggal Diam Krena Sakit Hati Oleh Pinjol Ilegal tsb..,Saking Sakit hatinya…saya Pelajari cara main & Titik Lemahnya dlm Waktu Sebulan Alhasil Saya Ciptakan Data Fake…Dan Saya Coba ajukan Kembali Setelah itu ,Alhasil sistem mereka (Pinjol Ilegal) Masuk Jebakan Saya…dlm 2 hari Saya Dapat 35 Juta..terasa Puas Hati Saya balas dendam dgn pinjol ilegal….dan Satu Sen Pun Tidak Saya Bayar dan KTP saya Pun Aman( Tdk Masuk Slik) krena Tdk ada payung Hukumnya dan Benar seperti Sabda Pemerintah Waku Itu….Pinjol Ilegal Tidak Usah Dibayar dan Aman 1 Juta Persen.

      29
      1
        • 3 Februari 2024 - (14:00 WIB)
          Permalink

          Maaf Bang….Hal ini Bukan Utk Diajari Ke siapapun Tapi Bisa Dipelajari Kecuali Utk Orang2 Dekat Saya ,Krena Memang Waktu Itu Saya Baru Pertama Kali Minjol 3 Tahun Lalu ( Masuk Jebakan Link SMS) Dan Terjebaklah Saya Oleh Pinjol2 Ilegal Tersebut,🙏🙏

    • 3 Februari 2024 - (11:50 WIB)
      Permalink

      Siapa ya oknum investor dibalik aplikasi pinjol ilegal? Personal atau company pada saat membuat aplikasi kan harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit, melibatkan ribuan dollar juga untuk satu aplikasi. Herannya sudah diberantas kok muncul lagi dan muncul lagi, seharusnya ada badan khusus yang mengawasi munculnya aplikasi baru apapun [pinjol, judi, pertemanan, dll] untuk android maupun iphone khusus wilayah Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui OJK harus peduli dan melindungi rakyatnya dari jeratan kejahatan finansial aplikasi pinjol. Tidak boleh mengeluarkan statement lepas tangan. OJK tetap harus bertanggungjawab jika ada kasus korban penipuan pinjol.

      • 3 Februari 2024 - (14:19 WIB)
        Permalink

        Maaf kak….Memang Hal Ini Sulit Dibrantas…Krena Menurut Sumber …..,Mereka Terduga Adalah Cukong2 Mafia Pencucian Uang dri Luar Negara,Jadi Bersifat Mati Satu Tumbuh Seribu..
        #Ada Ratusan Pinjol OJK Saat Ini Itupun Ojk Masih Kwalahan Mengontrolnya..Bayangkan bagaiamana Ribuan Pinjol NON OJK (Ilegal) Yg Berdear Saat Ini ???#
        Jadi disini adalah Harus Adanya Peran Masyarakat Yang Solid Utk Memberantasnya Dgn Kompak Yaitu Dengan Cara Tidak Usah Dibayar Pinjol Ilegal Jika Masuk Jebakan Ilegal…Gampang Kok Cara Membedakannya ……Tapi Dng Menerima Konsekuensi Penyebaran Data……
        Krena Prihatin Dengan Masyarakat Yg Lemah Mental Terjebak Oleh Mereka (Pinjol Ilegal).

        Note:
        SELAMA PEMERINTAH Masih Mengontrol atau Mengijinkan Pinjol RESMI Selama Itu Juga Pinjol Ilegal Akan Beredar (Sisitem Berkamuflase) ,Jadi Solusi Paling Tepat Adalah Menutup Semua Pinjol (Ojk Maupun Yg NoN OJK) Krena Bnyak Masyarakat Yg Masih Awam atau Belum Bisa Membedakan Ketika Memiliki Kebutuhan Mendesak (Kebutuhan Mendesak Secara Psikis Akal Menjadi Tdk Sehat Disitulah Sistem Pinjol Ilegal Memanfaatkannya Ketika Butuh Dana Instan) krena CARA Peranan Mereka Pinjol ILEGAL Sangat Licik Sekali Utk Menjebak Masyarakat Awam.

      • 2 Februari 2024 - (14:01 WIB)
        Permalink

        SesuLit apakah pemerintah memberantas pinjol ILEGAL dan juga LEGAL.. patut diduga, oknum oknum OJK dibalik mafia pinjol.. ***** semua

    • 1 Februari 2024 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Yahh.. saya sudah bayar kak masalah nya. Di tipu lagi Virtual Account nya

      • 2 Februari 2024 - (05:22 WIB)
        Permalink

        Sementara gnti no nya kn , abaikan saja,fix penipuan itu,salam dr Jombang Jawa Timur

        • 2 Februari 2024 - (05:28 WIB)
          Permalink

          Aku kira dari aplikasi Dana,,, ternyata dari email… Kalau ak ada SMS gitu gak pernah ak tanggapin… Padahal kalau pinjam bank bunganya 0.9-2% per bulan tp masyarakat Indonesia suka bunga yang besar +20% per hari/Minggu.

        • 2 Februari 2024 - (07:43 WIB)
          Permalink

          Telaaaat ibu kirim ke MK nya,coba klo kasus masih berjalan, dan pinjaman blom di bayar.Benar kt rekan² di MK,gak usah bayar klo Ilegal,dan hapus data di akun cara nya masuk ke aplikasi pinjol,cari fitur hapus data dan chace,klil hapus data.Clear data ibu di aplikasi pinjol.

      • 2 Februari 2024 - (05:37 WIB)
        Permalink

        Turut prihatin dengan penipuan yg anda alami.
        Bagi teman2 yg sangat butuh pinjol, sebaiknya cek dulu pinjol mana yg resmi/legal. Paling tidak, mengurangi resiko penipuan. Pinjol resmi rasanya tidak ada kasi tenor 7 hari.
        Hindari mencoba2 klik pinjol ilegal.
        Sudah tak terhitung orang tertipu dan jadi obyek pemerasan pinjol ilegal..
        Kalau masalah ini belun juga tuntas, buat saja laporan ke aparat atau OJK.
        Salam

        • 2 Februari 2024 - (19:15 WIB)
          Permalink

          OJK malah lepas tangan kak, dengan enteng nya berkata, yang illegal yang tidak terdaftar di OJK, OJK nggak menangani yg tidak terdaftar .. gitu katanya, saya langsung bilang dengan nada tinggi pd cs nya, ” lho OJK guna nya kan memberantas penipuan online illegal, apa kalo gitu guna nya OJK. ” Terus terang kecewa lho dengan OJK ini. Mungkin kalo ada duit nya baru mau menghandle

          2
          1
        • 2 Februari 2024 - (19:16 WIB)
          Permalink

          Seandai nya OJK nggak lepas tangan, mungkin saya juga nggak sampai bayar kak. Ya uda lah yaa.. yang penting saya sudah bertanggung jawab, silahkan bikin manipulasi2 baru, saya nggak akan menggubris.

      • 2 Februari 2024 - (07:19 WIB)
        Permalink

        saya juga tertipu dengan aplikasi Kredit Digital dan harus bayar, tapi informasi dari ibu, apakah data ibu masih tercantum punya hutang atau gimana?

      • 2 Februari 2024 - (20:21 WIB)
        Permalink

        Saya juga sama seperti ibu Dewi setelah saya memberikan pelunasan dihari berikutnya masih ada yg ngaku pinjol dg apk lain bilangnya saya ada pelunasan yg belum dibayar 1800.000 tapi sudah tidak saya gubris takut tertipu lagi.

    • 2 Februari 2024 - (16:37 WIB)
      Permalink

      Iya g usah dibayar, soalnya kasusnya SM ky aku,cuma mau ngechek liat tenor aja,tiba2 dh d TF k rekening 1,008,000 dn HR mengembalikan 1,800,000 Dlm 7hr,br 4 HR udh d teror pake ancaman penggelapan dana, ditelpon trs blm chat wa dlm sehari ada 7 nomer yg berbeda chat SM telp,sy abaikan

    • 2 Februari 2024 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Kalau tidak dibayar gmn kak? Apa bnr data kita akan disebarkan? Sy juga lg ngalamin hal yg sama, dana masuk 1,1 sy disuruh bayar 2,1 dlm waktu 4 hari. Padahal sy tidak merasa pinjam di aplikasi itu

    • 1 Februari 2024 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Dan saya berharap saya nggak akan berkaitan yang nama nya pinjol baik legal maupun ilegal.

  • 31 Januari 2024 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Sebelum bayar dicek dulu itu legal atau ilegal. Kalo ilegal tidak usah dibayar. Kemarin tetanggaku juga gitu ditransfer 1,3 JT dalam seminggu disuruh bayar 2.2 JT. Itu kredit setan kasih bunga tinggi banget udah gitu tenor cuma 1 Minggu. Trus tidak dibayar setiap telp mereka selalu dikasih suara berisik pake baskom yg dipukul pukul. Akhirnya capek juga tuh mereka. Dan jangan lupa ucapkan TERIMA KASIH ke PINJOL ILEGAL karena sudah transfer uang. 😀😀😀😀😀😀

    • 1 Februari 2024 - (11:01 WIB)
      Permalink

      Wahhh tau gituu saya tiru kak.. saya terlanjur bayar kak.. karna kalo penipu harus di balas penipu

      2
      1
    • 2 Februari 2024 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Sy diancam data akan disebarkan ke semua kontak. Apa bnr kak data bakal disebar sm mereka?

      • 2 Februari 2024 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Yang sabar ya kak. Kita semua sama2 korban penipuan online. Maksud hati memang meminjam kok malah di jebak, saya nggak tau kak, di sebar apa gimana, saya tutup telinga mata, ganti nomer, saya uninstall si Kredit brengsek itu, saya terlalu takut data di sebar sampai2 menuruti bayar segitu, seharusnya illegal penipu jangan di bayar. Biar Tuhan yang balas

  • 31 Januari 2024 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Sudahlah kadung disebar data, jgn dibayar, ganti nmr hp..bilang ke semua kontak klo nomornya ganti…

    • 1 Februari 2024 - (11:03 WIB)
      Permalink

      Tau gitu kak.. 😪 ini yaa illegal lalu nipu VA juga, seharus nya jangan di bayar

  • 1 Februari 2024 - (05:03 WIB)
    Permalink

    Pinjol ilegal.. mereka cuma berani teror lebih baik ganti nomor hape hubungi keluarga dll.. setelah itu JANGAN PERNAH BERHUBUNGAN DENGAN PINJOL BAIK ILEGAL ATAUPUN LEGAL jika butuh sekali pinjam saudara terdekat atau jual/gadaikan barang.

    • 1 Februari 2024 - (11:06 WIB)
      Permalink

      Saya setuju kak. Tapi pernyataan yang terakhir saya Noo.. tidak semudah itu kalo pinjam ke keluarga, kan semua ada kebutuhan nya masing2, walaupun tujuan meminjam juga untuk hal positif. that’s why terpaksa menyentuh aplikasi brengsek ini.. ehh di tipu kak

      • 1 Februari 2024 - (19:47 WIB)
        Permalink

        @Dewi Lestari
        Jika mencari rasa aman, keluarga dan kerabat bisa memberikannya baik psikis atau fisik. Jika mereka tidak bisa membantu secara finansial, maka rasa aman bisa diberikan kantor tempat bekerja dengan kasbon tanpa agunan dan bunga. Jika anda bukan pekerja kantoran dengan pendapatan pasti setiap bulan, jangan ambil pinjaman tanpa agunan karena lebih beresiko. Jika tidak memiliki aset yang bisa dipakai sebagai jaminan pinjaman, maka sesuaikan tiang dan pasak anda. Utamakan kebutuhan di atas keinginan dan gaya hidup.

  • 2 Februari 2024 - (05:08 WIB)
    Permalink

    SAYA JUGA PWRNAH ALAMI HAL SPT IBU MALAH SAYA KETIPU 2 X NGAKU2 CS NYA DI SLAAH SATU PINJOL ILEGAL DIMARENAKA APK NYA SUDAH TDK DPT DI BUKA KEMBALI..2 X KETIPU CA GADUNGAN SEKITAR1…3.6 jt (1 x oem ayaran tertipu 1.8 jt )AKHIRNYA SAYA SAKIT ATI..DAN MENEMUKAN APKNYA BERGANTI NAMA..SAYA AYAR 1.8 VIA APK MEREKA..TOTAL SUDAH 3.6 (CUMA PAKE 1.1 JT)AKHIRNYA SAYA PINJAM LAGI DR APK MEREKA LIMIT BESAR 2.8..DA BRP APK MEREKA TOTAL 9 JT..TERUS SAYA HAPUS..SAYA MATIKA SEMUA AKSES KONTAK ..EMAIL..GANTI HP..PUASS SAYA..TDNYA KITA GAK ADA NIATAN SPT ITU TP KAREN A MERRKA DULUAN NIPU..KITA HAJAR SEKALIAN 🤣🤣🤣

    13
    • 2 Februari 2024 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Mantap lanjutkan gan wkkkkk, emang hrs dihajar jg tu mrk pinjol ilegal biar pd bangkrut sekalian 😂

  • 2 Februari 2024 - (07:27 WIB)
    Permalink

    Itu illegal saya jg gt dengan apk yg berbeda tpi akhir nya gak saya bayar, udah disebar data di pake in logo buronan

  • 2 Februari 2024 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Intinya kalo dijebak ada transferan anggap aja uang sumbangan bansos. Kl diteror pas diangkat tlp ketok2 aja pake panci glondangan ga usah didengerin. Okehh

  • 2 Februari 2024 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Lagi lagi pelakunya KREDIT DIGITAL, kenapa pemerintah gak segera tangkap kriminal model ini. Baca cerita bikin emosi ! Mrk berbuat kriminal secara halus masa didiamkan.

  • 2 Februari 2024 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Klo sy jd ibu, sy pastikan selain ngga akan sy bayar sy jg akan pakai uangnya. Lah koq tiba² main tf aja, sayangnya belum pernah ada yg nyasar tf ke sy. Tapi klo data jebol di kredit pintar berijin OJK ya pernah 3jt. Sy ngga menikmati uangnya ya sdh ngga dibayar. Tapi sy lgsg buat laporan ke kantor polisi, belum sampai ke OJK tiba² males aja krn pendaftaran hrs online gagal mulu buat lapor ke OJK pada saat itu sdg covid jadi pendaftarannya hrs online

    • 2 Februari 2024 - (19:21 WIB)
      Permalink

      ka denty gimn cerita yg KP??sy lg minta surat pelunasan ga dikasih2 sdh via email katanya sdg ditangani tim terkait tp lama…

  • 2 Februari 2024 - (20:36 WIB)
    Permalink

    pengen deh kerjain pinjol ilegal. beli hp murah2 saja, no perdana, kalo bisa yg sudah aktif dr penjualnya, kontaknya isi dengan nomer&nama asal2an sekitar 100-150 kontak, biar meyakinkan pinjol bila diintip isi hp nya. Abis cair, trus dia wa ngancem2 tinggal blok. mau puluhan nomer jg tinggal blok aja. dia sebar data ya silakan. dia menghubungi kontak di hp silakan. beginilah cara membasmi pinjol ilegal. tp pastikan dulu ilegal ya. kl legal ya mamfus kena BI Checking😂

  • 3 Februari 2024 - (00:46 WIB)
    Permalink

    Sy juga ngalamin kyk gini di APK Kredit Digital, cuma iseng daftar, eh tiba2 ada uang masuk yg gk ada konfimasi apapun, dah sebelumnya dibyr, eh tahu2 muncul tag lg, udh gt blm JT udh di wa dan di sms di ancem, ya udh terpaksa dibyr. Hbs itu bye2 sm APK nya.

    • 9 Februari 2024 - (08:42 WIB)
      Permalink

      wah sama neh gw baru kena tgl 5 kemarin, belum nganjuin sama tanda tangan digital udh masuk transfer. udh coba hubungin cs sama dengan dengan cara dapet nomor dari googlemap malah di minta trf ke no va yang mencurigakan,
      trus hubungin yang pengirim dana wdocash(pt odeo) mau balikin dana tapi sambil minta surat pernyataan resmi tapi tidak dapat hanya dapat no wa yang di berikan ke penagih, dan itu kemungkinan gak bisa buat jadi pegangan buat di penagih. dana masih aman.

  • 3 Februari 2024 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Saya jg ditipu kredit digital..
    Pertama pinjam 1.008.000
    Sdh sy kembalikan 1800000
    Tp ada tagihan lagi.. padahal sy tdk pinjam sebesar 1.500.000
    Ancam dg kata2 dan telp yg kotor teror trs
    Pdhl sy tdk pinjam. Dan ketika saya cek, dana nya pun bukan masuk ke rekening saya. Saya tdk kenal dg rek yg tercantum.
    Tp karena teror trs saya bayar walau ga pinjam.

    Tp ada tagihan lagi yg saya ga pinjam.
    Dan rekening tdk sy kenal lagi.
    Tp tdk saya bayar . 2x ditipu.. tdk saya bayar karena sy tdk merasa menerima uangnya jg.

    TOLONG OJK MUSNAHKAN KREDIT DIGITAL.
    NAMA PINJOLNYA DOMPET OK.

    Saya single parents.. uang segitu sangat besar utk kehidupan saya dan anak saya..

    • 3 Februari 2024 - (14:13 WIB)
      Permalink

      Saya juga kena tipu di kredit digital …di tf tanpa perjajian main tf ternor 7 hari di teror di katain anak haram lah lah..di katain *****” lah dan bunga keterlambatan 100% gila gak tuh pinjol…

  • 4 Februari 2024 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Kuncinya 1 , sabar dan jgn ikuti hawanafsu dgn mengikuti gaya hidup Hutang !
    Insyaa Allah berkah dunia akhirat ..aamiin

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 54 komentar sampai saat ini..

Ditipu Pinjol Kredit Dana

oleh Dewi Lestari dibaca dalam: 1 menit
54