Program “Spending Rewards” BNI JCB Ultimate yang Sangat Mengecewakan

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen. Melalui surat pembaca kali ini, saya mengungkapkan kekecewaan saya terhadap pelayanan Bank BNI, yang terkesan tidak konsisten dalam menyusun program promosi kartu kredit.

Pada bulan Oktober 2023, Bank BNI memperkenalkan kartu kredit BNI JCB Ultimate dengan program menarik, yang memberikan cashback sebesar Rp15 juta bagi pemegang kartu yang bertransaksi sebanyak Rp150 juta dalam waktu 3 bulan. Saya termasuk yang tergoda dengan iklan tersebut dan memutuskan untuk mengajukan kartu kredit ini, dan beruntungnya, pengajuan saya diterima.

Setelah memeriksa halaman pendaftaran kartu kredit (screenshot terlampir), brosur welcome pack, tidak ada informasi tentang alokasi kuota yang disediakan untuk hadiah tiket atau cashback. Sehingga sebagai pemegang kartu yang sudah menerima kartu tersebut pada November 2023, saya mulai mengumpulkan transaksi dengan harapan dapat mengklaim hadiah mereka, karena program ini mensyaratkan transaksi selama tiga bulan untuk memenuhi syarat klaim.

Namun alangkah kecewanya saya. pada bulan November 2023, tiba-tiba BNI memasukkan klausa “Sejauh masih tersedia kuota.” Klausa baru ini tidak menjelaskan berapa banyak kuota yang tersedia dan tidak memberikan pembaruan waktu nyata dari BNI terkait dengan sisa kuota. Lebih lanjut, klausa baru ini bahkan tidak dikomunikasikan dengan baik kepada staf BNI yang menanggapi email dan telepon dari nasabah. Saya melampirkan tangkapan layar email dari staff BNI yang dengan jelas menyatakan bahwa program ini tidak dibatasi oleh kuota.

Saya berharap JCB Indonesia dapat mengevaluasi kerja sama dengan Bank BNI. Mengingat sebelumnya, JCB Indonesia telah menjalin kerja sama serupa dengan bank swasta lain di Indonesia tanpa adanya permasalahan. Mengingat Bank BNI merupakan salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, sangat penting bagi BNI untuk menjaga reputasinya dengan tetap berkomitmen menyajikan program dengan syarat dan ketentuan yang konsisten. Penting untuk menghindari janji manis di awal yang kemudian diubah di tengah jalan.

Saya paham bahwa pihak bank memang memiliki hak untuk mengubah klausul program kapan pun. Namun alangkah lebih bijaksananya, agar nasabah tidak tidak bingung, bank mengkomunikasikan terlebih dahulu kepada semua konsumennya. Setidaknya 30 hari sebelumnya bila ingin melakukan pergantian syarat dan ketentuan, agar nasabah memiliki waktu untuk mengambil keputusan terbaik sebagai respons atas syarat dan ketentuan yang baru.

Kekhawatiran saya terbukti bahwa hari ini, 7 Februari 2024, saya dinyatakan tidak eligible untuk program cashback Rp15 juta karena kuota sudah habis.

Hal ini tentunya berseberangan dengan POJK 22 Tahun 2023 Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan di mana Bank BNI melanggar Pasal 49 dan Pasal 92. Saya akan melakukan komplain ke OJK dalam 3 hari kerja apabila komplain saya tidak diselesaikan.

Regards,

Abi Hakim
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Penjelasan BNI tentang “Program Spending Rewards BNI JCB Ultimate yang Sangat Mengecewakan”

Menanggapi keluhan Bapak Abi Hakim Mandalaputra Kosasih di www.mediakonsumen.com pada tanggal 10 Februari 2024 berjudul “Program Spending Rewards BNI JCB...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Program “Spending Rewards” BNI JCB Ultimate yang Sangat Mengecewakan

  • 13 Februari 2024 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Ingin bertanya dan memastikan, apakah benar hanya orang2 yg protes keras yg diberikan haknya baik tiket maupun cashback??

 Apa Komentar Anda mengenai Promo kartu kredit BNI?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Program “Spending Rewards” BNI JCB Ultimate yang Sangat Me…

oleh abi dibaca dalam: 2 menit
3