Pulsa Terpotong, Padahal Akses Internet Menggunakan Wi-Fi

Hai Media Konsumen, Terima kasih atas bantuannya bila surat ini terbit. Saya adalah pengguna XL baru dengan nomor 08773476**29. Jadi ceritanya saya baru saja menggunakan nomor XL saat ini, karena untuk jaringan XL termasuk yang paling bagus di tempat saya. Selain itu XL juga memberikan banyak bonus bagi pengguna kartunya.

Setelah aktivasi, kemudian saya mengisi pulsa dan menggunakan akses internet menggunakan Wi-Fi, karena memang belum ingin membeli paket data. Namun saya malah mengalami pemotongan pulsa untuk akses internet. Jika dilihat dari nominal memang tidak seberapa, tetapi apa iya yang terpotong hanya saya saja? Sepertinya tidak.

Tanggal 6 Februari 2024, saya mulai menggunakan kartu perdana XL. Setelah registrasi, saya masih belum melakukan isi pulsa karena ada bonusnya untuk internet. Setelah bonusnya habis pun, saat itu saya menggunakan Wi-Fi untuk akses internet, karena masih belum ingin melakukan pembelian paket data.

Kemudian setelah pemakaian selama beberapa jam, pada hari yang sama tanggal 6 Februari 2024 sekitar pukul 22.00, saya melakukan pengisian pulsa untuk membeli paket nantinya. Saya isi pulsa di nomor ini sebanyak 15.000 rupiah. Setelah pengisian pulsa, saya masih belum melakukan pembelian paket karena masih tersambung dengan Wi-Fi. Sehingga saya memutuskan untuk menunda pembelian paket internet terlebih dahulu, karena saya belum terlalu butuh.

Namun pada saat saya gunakan untuk mengakses internet dan saya cek pada malam hari tanggal 7 Februari 2024, pulsa saya terpotong dengan notifikasi penggunaan untuk tarif dasar akses internet. Kemudian saya cek, pulsa saya terpotong, dengan sisa 10.890 rupiah. Padahal untuk mengakses internet saya sudah menggunakan koneksi Wi-Fi.

Saya heran kenapa pulsa saya bisa terpotong, bahkan tidak menerima SMS notifikasi pemotongan pulsa. Saya cek di MyXL hanya ada riwayat pemotongan pulsa sebesar 55 rupiah. Saya mohon penjelasan dari pihak XL atau sebaiknya diberikan informasi di kartu perdana atau laman web dan aplikasi, bagaimana cara menghindari pemotongan pulsa yang tidak jelas ini. Sehingga pelanggan baru seperti saya tidak was-was ketika menggunakan produk XL. Atau memang ini salah satu kelicikan dari XL yang suka mengambil pulsa pelanggan?

Saya menggunakan provider lain, tetapi tidak pernah mengalami kendala seperti ini. Untuk provider lain, memang ketika akses datanya nyala pulsa bisa terpotong. Namun untuk XL, kenapa meskipun akses internetnya menggunakan Wi-Fi tanpa menyalakan akses data bisa terpotong pulsanya? Apakah ada penjelasan logisnya?

Abdullah Muhammad Yusuf
Sleman, Yogyakarta


Update (22 Februari 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pulsa Terpotong, Padahal Akses Internet Menggunakan Wi-Fi”

Jakarta, 12 Maret 2024 Ref.CM/CU/E/005/0224/DA Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Abdullah Muhammad Yusuf...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Pulsa Terpotong, Padahal Akses Internet Menggunakan Wi-Fi

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pulsa Terpotong, Padahal Akses Internet Menggunakan Wi-Fi

oleh Abdullah Yusuf dibaca dalam: 2 menit
3