Kecewa dengan Program Spending Reward BNI JCB Ultimate

Melalui surat pembaca ini, sebagai nasabah dan pengguna kartu kredit BNI JCB Ultimate, saya ingin mengungkapkan keluhan saya terhadap program Spending Reward BNI JCB Ultimate.

Saya tertarik untuk apply kartu kredit ini, karena menawarkan program khusus BNI JCB Ultimate, yaitu Tiket Pesawat Jakarta–Tokyo Business Class (Pergi-Pulang) dan Cashback Rp 15 Juta (sumber Instagram BNI46).

Saya apply tanggal 9 Oktober 2023 dan terima kartu tanggal 2 November 2023. Saya langsung mengikuti program Spending Reward Cashback Rp15 juta, dengan transaksi minimal Rp50 juta/bulan selama 3 bulan berturut-turut (November – Desember – Januari).

Saat mengikuti program tersebut dan transaksi saya sudah mencapai Rp50 juta/bulan selama 3 bulan berturut-turut. Namun saya terkejut ketika BNI menambahkan klausul, bahwa untuk program spending reward terdapat alokasi kuota untuk masing-masing periode. Padahal di terms & conditions awal tidak disebutkan adanya alokasi kuota.

Pada tanggal 1 Februari 2024, saya menghubungi BNI Call untuk mengajukan klaim spending reward dan mendapat informasi bahwa saya eligible dengan program spending reward cashback Rp15 juta. Saya diberi nomor laporan: 200020878032 dan diinformasikan bahwa terdapat kuota, serta konfirmasi akan diberikan maksimal 5 hari kerja.

Pada tanggal 7 Februari 2024, saya mendapatkan pesan WhatsApp dari BNI bahwa alokasi cashback Rp 15 juta telah habis untuk periode spending reward program periode Februari 2024.

Hal ini menimbulkan kekecewaan saya terhadap BNI, karena menimbulkan kerugian finansial. Saya sudah memindahkan seluruh transaksi dari kartu kredit lain ke kartu kredit BNI JCB Ultimate dan juga telah membayar biaya tahunan yang tidak bisa dihilangkan.

Saya paham bahwa BNI memiliki hak untuk mengubah terms & conditions program. Namun sangat tidak fair apabila perubahan tersebut dilaksanakan di tengah program yang sedang berjalan. Alangkah baiknya apabila ada perubahan dapat dilaksanakan pada periode program berikutnya atau minimal diinformasikan secara transparan kepada nasabah paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum ketentuan baru diberlakukan (POJK 22 Tahun 2023 Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan Pasal 49(2)).

Oleh karena itu, saya berharap BNI untuk dapat mengambil tindakan yang fair untuk menyelesaikan masalah ini dan memenuhi komitmen yang telah dibuat kepada nasabahnya, dengan tetap melaksanakan terms & conditions awal tanpa alokasi kuota sampai periode program tersebut selesai di tanggal 31 Maret 2024.

Terima kasih atas perhatiannya.

Brama Parahita
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Kecewa dengan Program Spending Reward BNI JCB Ultimate

  • 24 Februari 2024 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Senasib bro saya juga kena prank program BNI JCB Ultimate ini

    https://mediakonsumen.com/2024/02/17/surat-pembaca/kecewa-dan-merasa-kena-prank-kartu-kredit-bni-jcb-ultimate

    Satu atau dua hari setelah keluhan ini saya tayangkan di Media Konsumen pihak BNI menghubungi saya via telfon dan menyampaikan bahwa mereka sudah membaca keluhan ini dan nanti akan ada staff bersangkutan yang akan menghubungi saya kembali.

    Lalu tanggal 19 Feb 2024 saya menerima email dari BNI (bnicall@bni.co.id) dengan info

    Pengaduan Bapak/ Ibu adalah sebagai berikut:
    No Tiket 2-00021270442
    No Account / No Kartu 356768****13
    Status Open
    Tanggal Open Tiket 19/02/2024 8:31:33
    SLA 5 HK

    Pengaduan Bapak/ Ibu telah kami selesaikan dengan data sebagai berikut:

    Tanggal 22 Feb 2024 ada email kembali menyatakan Ticket CLOSED padahal tidak ada yang menghubingi saya sama sekali.

    No Tiket 2-00021270442
    No Account / No Kartu 356768****13
    Status Closed
    Tanggal Close Tiket 22/02/2024

    Membingungkan. Ada case open lalu dia close dengan sendirinya tanpa tindakan apa-apa.

    • 24 Februari 2024 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Saya juga terima email status [Close] tgl 22 Februari 2024 tanpa dihubungi CS. Lalu saya inisiatif menghubungi CS infonya laporan sudah diteruskan pihak terkait dan sedang di proses. Estimasi waktu tidak ada dan diminta untuk menunggu.

 Apa Komentar Anda mengenai Promo kartu kredit BNI?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Program Spending Reward BNI JCB Ultimate

oleh Brama dibaca dalam: 1 menit
2