Kartu Kredit BNI JCB Ultimate Mengubah Klausul yang Merugikan Pemegang Kartu

Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada media konsumen, menjadi wadah kami sebagai konsumen untuk menyampaikan ketidak adilan dan tuntutan atas hak kami terhadap kelalaian Bank BNI terhadap produknya yaitu kartu kredit BNI JCB Ultimate.

Saya Cipta Chandra pemegang kartu kredit BNI JCB Ultimate. Ada 2 produk yang klausulnya diubah secara mendadak dan sangat merugikan konsumen yang akan saya sampaikan di sini.

Produk Pertama yang bermasalah adalah Welcome Bonus reward sejumlah Rp.3,000,000 (Tiga Juta Rupiah) dengan nomor laporan saya 200020471317. Di mana Persyaratan saat pertama kali mendaftar adalah konsumen harus melakukan transaksi sejumlah 10 juta rupiah dalam 1 struk pembayaran baik online maupun offline (bukti terlampir dan sudah dikonfirmasi ke call center pada tanggal 10 November saat saya menerima kartu).

Syarat ini berubah ketika saya melakukan redeem ke BNI call center di 1500046 di mana mereka mengubah syarat tersebut menjadi transaksi pertama di bulan pertama. Di mana saya dinyatakan tidak eligible untuk Welcome Bonus karena transaksi 10 juta tersebut adalah transaksi kedua.

Sangat disayangkan BNI selaku penerbit kartu kredit mengubah syarat dan ketentuan saat program sedang berjalan tanpa sosialisasi kepada konsumen terlebih dahulu.

Produk kedua adalah spending reward sejumlah 15 juta rupiah dengan nomor laporan saya 200021032532. Di mana untuk mendapatkan spending reward tersebut kami sebagai konsumen berkewajiban untuk bertransaksi di tiga bulan berturut-turut dengan nominal minimal 50 juta/bulan sejak pengaktifan kartu.

Klausul ini berubah dari yang semula tidak ada tulisan berkaitan dengan kuota sama sekali (bukti terlampir).

Syarat dan ketentuan berubah menjadi reward sejumlah 15 juta rupiah tersebut dibuat kuota untuk 30 nasabah saja pada tanggal 11 Januari 2024. padahal pada saat saya menyelesaikan kewajiban saya untuk spend sejumlah 50 juta rupiah per  bulan jatuh pada bulan November , Desember , dan Januari.

Pada tanggal 5 Januari 2024 saya sudah melakukan call ke BNI Call Center 1500046 untuk memastikan status saya eligible dan pihak CS call center membenarkan saya eligible tinggal menunggu tanggal 1 Februari agar spending reward tersebut bisa diproses.

Pada tanggal 1 Februari pukul 00:01 saya menelpon kembali call center untuk me-redeem spending reward dan dinyatakan jam untuk redeem spending reward adalah pukul 08:00 WIB. Pukul 07:30 saya menelpon dengan maksud berada dalam antrean telepon agar ketika pukul 8:00 saya bisa menjadi orang pertama yang melakukan redeem, tetapi telepon diputuskan sepihak oleh pihak Call Center BNI.

Saya coba menelpon kembali pukul 07:40 dan baru tersambung dengan CS Call Center pada pukul 08:05, melakukan verifikasi pencocokan data dan di-hold sampai pukul 08:08 sebelum akhirnya CS Call Center memberikan nomor laporan bahwasannya saya berhak mendapatkan spending reward sejumlah 15 juta rupiah tersebut.

Alangkah terkejutnya pada tanggal 7 Februari saya mendapatkan whatsapp dari pihak BNI yang menyatakan kuota spending reward untuk Februari 2024 sudah habis dan saya tidak mendapatkan alokasinya (bukti terlampir )

Di kemudian hari saya mendapati kenalan saya yang me-redeem pada pukul 08:11 berhasil mendapatkan spending reward sejumlah 15 juta rupiah tersebut. Yang berarti proses pemilihan nasabah yang berhak mungkin bukan berdasarkan waktu nasabah melakukan redeem reward tersebut.

Dimana berarti proses seleksi tersebut selain tidak transparan juga tidak menjamin nasabah yang lebih cepat me-redeem akan mendapatkan reward tersebut. Beberapa hari kemudian pun saya melakukan keluhan melalui instagram dan email BNI46 yang tidak kunjung diberi solusi (bukti terlampir).

Saya sangat berharap pihak Bank BNI46 selaku Bank besar dan terpercaya di Indonesia tidak merugikan konsumen dimana dalam hal ini, bisa memberikan hak saya sebagai konsumen yaitu cashback spending reward sejumlah 15 juta rupiah, berikut Welcome bonus reward sejumlah 3 juta rupiah Tersebut.

Demikian Surat Keluhan Konsumen ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Tanggapan atau Respon Bank BNI ditunggu di kolom tanggapan media konsumen ini atau bisa menghubungi saya melalui email.

Sekian dan Terima kasih.

Cipta Chandra
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kartu Kredit BNI JCB Ultimate Mengubah Klausul yang Merugikan Pemegang Kartu”

Menanggapi keluhan Bapak Cipta Chandra di www.mediakonsumen.com pada tanggal 21 Februari 2024 berjudul “Kartu Kredit BNI JCB Ultimate Mengubah Klausul...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Kartu Kredit BNI JCB Ultimate Mengubah Klausul yang Merugikan Pemegang Kartu

  • 22 Februari 2024 - (11:24 WIB)
    Permalink

    wah sangat disayangkan sekali ya pak. bank besar sekelas bni berbuat dzholim kepada nasabah dengan tidak konsisten terhadap aturan awal yang mereka buat. tim divisi jcb ultimate sungguh tidak amanah

  • 23 Februari 2024 - (01:28 WIB)
    Permalink

    belum ada tanggapan sampai saat ini dari pihak BNI.
    takutnya karena sudah ke blow up besar2 an yah didiamkan saja sampai api nya padam sendiri.
    yah lebih hati2 aja yah semua terhadap produk BUMEN.
    yang pasti saya bukan orang pertama yang kena dan juga bukan orang terakhir yang bakal kena.

  • 24 Februari 2024 - (08:30 WIB)
    Permalink

    Senasib bro saya juga kena prank program BNI JCB Ultimate ini

    https://mediakonsumen.com/2024/02/17/surat-pembaca/kecewa-dan-merasa-kena-prank-kartu-kredit-bni-jcb-ultimate

    Satu atau dua hari setelah keluhan ini saya tayangkan di Media Konsumen pihak BNI menghubungi saya via telfon dan menyampaikan bahwa mereka sudah membaca keluhan ini dan nanti akan ada staff bersangkutan yang akan menghubungi saya kembali.

    Lalu tanggal 19 Feb 2024 saya menerima email dari BNI (bnicall@bni.co.id) dengan info

    Pengaduan Bapak/ Ibu adalah sebagai berikut:
    No Tiket 2-00021270442
    No Account / No Kartu 356768****13
    Status Open
    Tanggal Open Tiket 19/02/2024 8:31:33
    SLA 5 HK

    Pengaduan Bapak/ Ibu telah kami selesaikan dengan data sebagai berikut:

    Tanggal 22 Feb 2024 ada email kembali menyatakan Ticket CLOSED padahal tidak ada yang menghubingi saya sama sekali.

    No Tiket 2-00021270442
    No Account / No Kartu 356768****13
    Status Closed
    Tanggal Close Tiket 22/02/2024

    Membingungkan. Ada case open lalu dia close dengan sendirinya tanpa tindakan apa-apa.

    • 25 Februari 2024 - (22:26 WIB)
      Permalink

      saya juga tiba2 ada email pembukaan laporan dan diberikan nomor laporan sih.

      tapi tidak ada juga email atau telepon lanjutan.

      apa nasibnya kira2 akan sama yah. tau2 ditutup secara sepihak.

      lelah sekali memperjuangkan hak kita melawan BUMEN bobrok.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BNI JCB Ultimate?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit BNI JCB Ultimate Mengubah Klausul yang Merugikan Pemegang…

oleh Cipta Chandra dibaca dalam: 2 menit
6