Shopee Membiarkan Pemalsuan Merek, Laporan Pemilik Merek Tidak Ditindaklanjuti

Saya adalah pemegang merek Ellemore yang sudah saya daftarkan HAKI-nya untuk kelas 3 (perawatan tubuh wajah, dll) dan sudah dilindungi, dengan nomor pendaftaran: IDM001009052.

Pada tanggal 11 Maret 2024, saya melaporkan ada pengguna yang menjual produk dengan menggunakan merek Ellemore dan laporan tersebut diterima oleh Shopee, dengan nomor pelaporan: 1767161902667436101. Saya sudah melampirkan sertifikat merek milik saya ke CS Shopee.

Oleh CS Shopee, saya diarahkan untuk mengisi formulir di link https://brandipp.shopee.com/verification. Dimana link tersebut saat ini sudah tidak bisa diakses, dan CS Shopee tidak mau memproses pengajuan saya mengenai pelanggaran merek secara manual.

Sampai surat ini saya tulis, produk palsu tersebut masih tetap tampil di Shopee. Yang mana masker tersebut bukan milik saya selaku pemegang merek Ellemore dan masker tersebut tidak terdaftar di BPOM. Sedangkan semua produk Ellemore yang asli terdaftar di BPOM.

Bagaimana saya bisa isi form tersebut kalau memang sudah dinonaktifkan oleh pihak Shopee? Dari sini kita bisa lihat Shopee mendukung pemalsuan merek. Karena form untuk melaporkan pemalsuan merek / pelanggaran HAKI sudah dinonaktifkan oleh Shopee, sehingga pemilik merek tidak bisa melaporkan jika terjadi pemalsuan merek.

Tolong tindak lanjut pihak Shopee untuk take down produk dan toko tersebut, serta memblokir pengguna tersebut agar tidak meng-upload kembali produk yang sama. Karena saya sudah pernah melaporkan itu, tetapi pengguna tetap aktif meng-upload produk palsu tersebut tiap kali di-take down.

Liliana
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Shopee Membiarkan Pemalsuan Merek, Laporan Pemilik Merek Tidak Ditindaklanjuti

  • 16 Maret 2024 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Kasus pemalsuan merk sudah merupakan tindak pidana,saran saya anda laporkan kasus ini secara pidana dan ajukan gugatan secara perdata,,memang perlu biaya tapi kalau shopee tidak merespon masukan juga sebagai pihak turut tergugat..mohon koreksi barangkali pendapat saya salah..trims

    • 28 Maret 2024 - (06:55 WIB)
      Permalink

      Betul tindak pidana kak. Saat ini toko dan link produk sudah dihapus oleh shopee. Setelah surat ini dimuat baru ada tindakan nyata dari shopee nya

  • 16 Maret 2024 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Link dimaksud oleh CS Sopi masih bisa saya akses. Anda perlu login atau buat akun. Anda tidak jelaskan lebih detail “tidak bisa diakses”. Jika di blokir oleh ISP, coba gunakan VPN atau lakukan akses dari koneksi internet milik provider yang berbeda.

    • 28 Maret 2024 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Betul . Per tanggal setelah suratbini dimuat link tersebut bisa diakses. Sebelum nya tidak bisa. Ternyata ada pembaharuan forma dari yg lama ke baru. Yg lama 1 Maret sudah tidak di gunakan oleh shopee. Tapi baru diinfo setelah surat ini tayang.

  • 17 Maret 2024 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Link nya bisa di akses koq mbak, coba lagi deh, harus login dgn akun shopee. Mungkin dicoba lagi saja untuk daftar. Saya barusan bisa akses.

    • 28 Maret 2024 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Betul . Per tanggal setelah suratbini dimuat link tersebut bisa diakses. Sebelum nya tidak bisa. Ternyata ada pembaharuan forma dari yg lama ke baru. Yg lama 1 Maret sudah tidak di gunakan oleh shopee. Tapi baru diinfo setelah surat ini tayang.

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Shopee Membiarkan Pemalsuan Merek, Laporan Pemilik Merek Tidak Ditinda…

oleh liliana dibaca dalam: 1 menit
6