Kesalahan Transfer dari Seabank ke Virtual Account Mandiri Tak Kunjung Kelar, ‘Dibola-bola’ Terus

Pada tanggal 26 Februari 2024 saya ada kesalahan transfer dari Seabank ke Virtual Account Mandiri. Saya sendiri lupa apakah itu VA aplikasi pinjol apa.

Setelah menunggu berhari-hari sampai 1 bulan, pada tanggal 25 Maret 2024 baru ada jawaban dari Seabank yang menyatakan bahwa saya harus konfirmasi langsung ke pihak biller (penerima dana) dan surat jawaban atas kesalahan transfer dari Bank Mandiri secara digital.

Kemudian saya ke Mandiri cabang karena saya belum tahu penerima dana itu dari aplikasi pinjol apa. Kemudian mereka membantu mengecek ternyata VA DUITKU via telepon dari Mandiri.

Saya kemudian disuruh mengisi formalitas nama, telepon, bukti, dan kronologi kesalahan transfer tersebut. Setelah itu dijawab melalui SMS pihak DUITKU ternyata itu aplikasi Modal Nasional. Saya disuruh email ke pihak biller-nya yaitu Modal Nasional. Kemudian pihak Modal Nasional memberi saya jawaban dan ditunggu proses tindak lanjutnya 7-14 hari kerja. Jika memang ada masuk dana ke biller akan direfund.

Dan hari ini tanggal 27 Maret 2024 pihak Modal Nasional menyatakan bahwa dana kesalahan transfer failed/tidak masuk. Saya harus hubungi pihak Seabanknya karena saya salah transfer dari Seabank.

Yang saya sesalkan sudah 1 bulan menunggu kok dibola-bola lagi. Saya kira bisa langsung selesai setelah 1 bulan menunggu. Nominal juga tidak sedikit, Rp 5.669.231. Saya sangat butuh uang itu, kok dilempar-lempar lagi. Padahal prosesnya sudah sesuai.

Saya laporkan ke Seabank, menunggu 18 jam kerja tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan hari nasional. Setelah dihitung dari tanggal salah transfer 26 Februari sampai 25 Maret 1 bulan. Melaporkan lagi ke customer service DUITKU, kemudian melaporkan lagi ke Modal Nasional. Dari Modal Nasional menyatakan dana tidak masuk/failed/gagal. Saya disuruh hubungi lagi Seabanknya.

Sudah memakan waktu lama, keluarkan uang pulsa lagi lebih dari Rp 100.000, bolak-balik telepon Bank Mandiri-Seabank. Hasilnya sampai sekarang belum ada, disuruh menunggu lagi 18 jam kerja tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, libur nasional. Aduh, saya harus menunggu lagi sampai kapan.

Bagi saya uang Rp 5 juta lebih bukan sedikit. Mau diputer lagi sampai kapan uang saya ini. Semoga tidak ada yang mengalami kejadian seperti saya alami ini. Setahu saya selama saya transaksi VA, jika jumlah tidak sesuai tagihan/transaksi harusnya uang itu ditolak secara sistem dan dikembalikan. Karena tidak melakukan transaksi sesuai VA itu, ini saya harus menunggu 1 bulan dan belum ada hasil, masih dibola-bola lagi, menunggu sampai kapan ini.😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢😢.

Lidiawati
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Kesalahan Transfer dari Seabank ke Virtual Account Mandiri Tak Kunjung Kelar, ‘Dibola-bola’ Terus

  • 28 Maret 2024 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Apa apaan si ini, kesalahan diri sendiri koar koar di MK.
    Yang transfer kan tangan ibu, kok nyalahin berbagai pihak??
    makanya lain kali jangan salah.

    4
    2
  • 28 Maret 2024 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Ya memang kesalahan saya sendiri…saya bukan koar2 nyalahkan berbagai pihak…ini keluhan Krn uang saya dibola bola terus sampai kapan…sdh 1 bulan lebih..saya jg ga mau melakukan kesalahan..siapa yg mau melakukan kesalahan…

    2
    2
  • 28 Maret 2024 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kurang detail,transfer va dalam rangka apa.tiba-tiba nyebut va pinjol,dan gak tahu pinjol apa,dan minta dicek pihak mandiri?

  • 28 Maret 2024 - (14:31 WIB)
    Permalink

    klo udah lewat sebulan udah wasalam sih, biasanyakan laporan salah tf itu harus langsung d eksekusi 1×24 jam agar bsa langsung d tarik lg.

  • 28 Maret 2024 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Ya maka daripada itu…disuruh nunggu 18hr kerja tidak termasuk hari Sabtu,Minggu, tgl merah..sdh mengikuti semua prosedur..total menunggu sdh 1bulan dr salah transfer…dengan suara konsumen ini saya bukan bermaksud koar2 menyalahkan byk pihak…dengan suara konsumen tujuan saya..supaya kasus cepat ditindaklanjuti..dan juga supaya tidak ada yg mengalami seperti saya ini…

    3
    2
    • 28 Maret 2024 - (17:56 WIB)
      Permalink

      Lanjutin aje mbake,.. kerjar terusss, jgn dengerin koment2 tol*l dimari, emang entu kesalahan anda, tp disini konteksnye udh ngelakuin sesuai prosedur tp ente dibolak balik terus… dikira duit dari daon diiklasin aje.. 😅

      1
      5
      • 30 Maret 2024 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Ya terima kasih komennya…kasus sdh selesai ..karena masuk media konsumen..jadi cepat tindak lanjutnya .. .uang langsung dikembalikan sorenya…

  • 29 Maret 2024 - (18:05 WIB)
    Permalink

    ini sih nyangkut di gateway mandiri. dari mandiri lah yg harus melakukan refund ke pengirim asal.
    emang susah kalo berurusan dgn bank plat merah. semoga cepet selesai kasusnya

    • 30 Maret 2024 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Ya terima kasih komennya…kasus sdh selesai ..karena masuk media konsumen..jadi cepat tindak lanjutnya… Ternyata uangnya nyantol di VA DUITKU Mandiri…seharusnya klo emang TDK ada transaksi sejumlah itu VA hrsnya dikembalikan…ketolak sistem otomatis kembali ke rekening asal…ini gak e…sdh 1 bulan mengendap…masuk MK baru cepet tindak lanjutnya

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kesalahan Transfer dari Seabank ke Virtual Account Mandiri Tak Kunjung…

oleh Lidia dibaca dalam: 1 menit
10