Beli Emas tapi Paket yang Datang Isinya Sampah

Terima kasih Media Konsumen, atas kesempatannya berkeluh kesah.

Pada tanggal 23 Mei 2024, saya melakukan pembelian 30 pcs Minigold Black Series 0,1 gram di Shopee, dengan nomor pesanan: 24052348BN6DPV. Paket dikirim menggunakan kurir Anteraja, dengan nomor resi: 11000040438087. Sebelumnya, saya juga melakukan pembelian serupa dengan penjual yang sama, dan semuanya baik-baik saja.

Paket lalu sampai pada tanggal 25 Mei 2024 pukul 14:27 dan saya buka sekitar pukul 5. Adanya perbedaan waktu dikarenakan saya titip paketnya di PopBox dan baru menerima notifikasi terima barang sekitar pukul 5. Berikut saya lampirkan video unboxing-nya: Video Unboxing. Akan tetapi, isinya hanya dus, sampah, bubble wrap, sementara isi emasnya tidak ada.

Lalu saya buka komplain. Penjual bilang sudah mengembalikan uangnya, padahal tidak ada sama sekali uang masuk ke saya.

Besoknya, saya dapat pesan bahwa nomor saya tidak bisa dihubungi. Padahal tidak ada call log sama sekali dan diminta melampirkan semua bukti-bukti (video unboxing, KTP, dll).

Setelah semua bukti saya lampirkan. Tanggal 27 Mei 2024, saya terima telepon sekitar pukul 1, dengan pertanyaan aneh seperti:

  1. Kenapa paket gak langsung dibuka pada saat terima? Saya jawab, saya tinggal di apartemen yang terima mailbox/PopBox bukan saya langsung. Saya baru dapat notifikasi di hp pukul 5, saya buka saat itu juga.
  2. Punya berapa akun? Saya jawab cuma punya 1 akun.
  3. Pembeliannya mahal banget? Saya jawab ini untuk door prize kantor dan sebelumnya sudah pernah beli juga di toko yang sama pula. Lalu dia jawab mau tanya atasannya dulu.

Tanggal 28 Mei 2024, saya dapat info pengajuan saya ditolak karena bukti tidak lengkap. WTF! Kurang lengkap apa lagi?ย Lalu saya ajukan banding dan dapat info seperti ini:

Saya tunggu dan per hari ini saya dapat email lagi isinya menolak, karena bukti tidak mendukung. Saya disuruh chat dengan penjual untuk menemukan solusi bersama, karena dana telah dilepas ke pihak penjual. Ini seperti permainan saja, seenaknya lepas uang padahal masalah masih belum jelas!

Bukti

Saya juga sudah mengemis kepada penjual, memohon untuk tidak usah ganti full. Kalau penjual paham pasti paling gak sekedar profitnya dikembalikan ke saya, sedikit aja. Saya sudah 2 kali beli di toko Anda, tapi tetap menolak memberikan sepeser pun dengan alasan dia sudah jujur. Padahal di awal dia bilang uangnya sudah dikembalikan ke pembeli, tapi nihil.

Semoga dengan adanya surat pembaca ini, Shopee dan Anteraja dapat mengganti kerugian saya.

Herukhan
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

33 komentar untuk “Beli Emas tapi Paket yang Datang Isinya Sampah

  • 30 Mei 2024 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Beli emas kok di online ,kocak ,dan sekarang terima lah resiko nya, masyarakat yg beli online ,harus nya siap beresiko karena barang berharga atau tidak kemungkinan hilang , ditipu itu hal biasa dalam pembelian online,orang cerdas tidak akan beli barang mahal di toko online

    4
    3
    • 30 Mei 2024 - (11:30 WIB)
      Permalink

      Kocaknya dimana ya? Itu bukan pembelian pertama Saya. Dan Saya menggunakan marketplace “rekber”. Emas yang Saya beli juga minigold bukan antam , toko emas jarang ada yang jual

  • 30 Mei 2024 - (09:36 WIB)
    Permalink

    udah pada tahu kalo belanja barang berharga di online itu seperti titip anak ayam sama elang masih saja ada orang yang kena jebakan batman.

    1
    1
  • 30 Mei 2024 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Penjualnya juga rada mencurigakan, pembeli belum konfirmasi , dia sudah bilang mau mengembalikan uangnnya , kan uangnya belum dia terima? Kl untuk paket yg harganya mahal , usahakan terma sendiri , dan dibuka langsung didepan kurir .

    • 30 Mei 2024 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Ini masalahnya disini . Foto diberikan juga gak lengkap , video packing gak ada.
      Sepertinya bilang sudah dikembalikan untuk mengecoh admin saja

      • 30 Mei 2024 - (12:42 WIB)
        Permalink

        Iya ya. Manajemen Shopee sebaiknya melakukan investigasi di bagian CS nya.
        Ada apa antara bagian CS dengan Seller nya.
        Penyelesaian masalah seperti ini kok sering amburadul.
        Anda belum confirm terima, tau2 status selesai dan dana dilepas ke Seller.
        Benar seperti komentar @Renyta, seller nya juga aneh.
        Pertama info masalah di barangnya, malah buru2 mau ngembaliin uang, bukan malah ikut ke Pengaduan komplain.
        Semoga setelah masuk di MK, uang Anda dikembalikan.

        • 30 Mei 2024 - (13:16 WIB)
          Permalink

          Terimakasih doanya , semoga uangnya bisa kembali

          Saya sudah mengemis untuk meminta bantuan seller , sekedar profitnya aja yang dibagi kesaya , supaya Saya gak nombok terlalu banyak ,paling gak berkurang biarpun cuman beberapa ratus ribu . Tetep gak mau , padahal awalnya bilangnya sudah ikhlas sudah mengembalikan uang .. Saya heran sama shopee dan penjual.

          • 30 Mei 2024 - (21:16 WIB)
            Permalink

            kalau paketnya utuh tidak ada kerusakan artinya memang yg dikirim penjual adalah “sampah”.
            ini logika cs shopee bagaimana yah?

            lalu telpon tgl 27 mei itu (pertanyaan aneh), semua pertanyaannya tidak ada hubungan dengan kejadian. dan jawabannya semua bisa dijawab dengan jawaban yg sama : bukan urusan shopee.
            bukan urusan shopee pembeli mau buka paket kapanpun. bukan urusan shopee punya akun berapapun dan bukan urusan shopee juga mau beli dengan harga berapapun (harga lebih tinggi artinya fee yg masuk ke kantong shopee juga lebih tinggi)

            coba di cek nomer telpon yg menghubungi anda, apakah betul itu nomer milik shopee.

  • 30 Mei 2024 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Kok bisa dana diteruskan ke penjual? Apakah pembeli sudah konfirmasi terima barang sebelum komplain? ๐Ÿค”

  • 30 Mei 2024 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Maaf kak.. saya cuma mau kasih saran, utk ke depannya klo beli brg yg nominal mahal sebaiknya di Tokopedia saja. CS nya lebih profesional dalam menangani masalah dan dana tidak dilepas ke penjual sebelum masalah selesai. Turut bersimpati ya, kak.

    2
    1
    • 30 Mei 2024 - (12:31 WIB)
      Permalink

      Terimakasih kak , ini juga kejadiam pertama , Saya pakai shopee dari 2021 aman . Sekali nya ada masalah lepas tangan , shopee Hanya mau cuan ambil fee transaksi saja . Kalau ada masalah ya bodoamat

  • 30 Mei 2024 - (13:14 WIB)
    Permalink

    di paketnya kosong kan kak, gak ada keterangan emas ??? kalo kosong berarti fix penjualnya, gak mungkin oknum ngambil paket macam begitu , gak keliatan berharga dari luar. yang saya aneh tiba2 bisa langsung di tolak, apakah pihak penjual juga ada bukti paking paket jelas detail. kalo sudah ditolak auto blokir aja shopee.

  • 30 Mei 2024 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Gak ada keterangan emasnya .. Saya memang curiga ke penjual, Karena gak ada bukti packing , juga asal jeplak aja uang udah kembalikan .. padahal sama sekali belum.

  • 30 Mei 2024 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Paking emas dah kaya bungkus ciki cuma buble gitu, biasa sope pro buyer ini agak lain ya.. Hmm

  • 30 Mei 2024 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Update 30/05/2024
    Terimakasih kepada mediakonsumen , shopee sudah menghubungi saya untuk update beberapa hari kedepan untuk melihat ulang permasalahan saya

    Alasan dari shopee kemarin menolak adalah karena bukti unboxing saya katanya tidak menunjukan kerusakan , entah buta atau gimana yang lihat kasus saya.

    Saat ini saya menunggu update kembali dari shopee , terimakasih juga untuk telah menanggapi surat pembaca ini

    • 31 Mei 2024 - (06:11 WIB)
      Permalink

      itu alasan saja biar shopee gak malu2 amat. menunjukkan kualitas pt nya sih, berikutnya jangan pakai shopee lagi, banyak marketplace online lain yang lebih bisa dipercaya

  • 30 Mei 2024 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Gikiran viral, baru kalang kabut entu shopeehh,.. enteng bener bilang “saat unboxing gak ada kerusakan”, orang barangnye aje beda, beg* benerr ๐Ÿ˜…,.. dan yg paling aneh bin ajaib, belom konfirmasi udh lgsg diterusin kepenjual uangnye,.. koplak2 nih orange.. ๐Ÿ˜…

  • 30 Mei 2024 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Update 30/05/2024 jam 17:39
    Laporan dianggap selesai karena dana telah diteruskan ke penjual
    Berarti telepon sebelumnya berbohong bilang akan ditinjau kembali , sungguh laknat!!! . 2x Saya dibohongi by phone oleh cs shopee , sebelumnya bilang perlu kordinasi dengan atasan karena jumlah , Tau Tau ditutup laporannya . Sungguh biadab!!!!!

  • 30 Mei 2024 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Update 30/05/2024
    Dapat telepon dari shopee , ditanya nama gak dijawab sampai dimatiin wkwkwkw Saya pastika kamu yang telepon saya dipecat dari kerjaan kamu !!
    Alasannya sekarang berubah , karena ada selisih waktu pembukaan paket dari diterima ,.padahal jelas , Saya tinggal diapartement, kurirnya juga gak ada wa sama sekali , paket ditaruh dipopbox . Saya Tau dari Mana paket udah diterima? Apa Saya harus punya superpower dulu?? .. selisih nya juga cuman 1-2 jam bukam berharihari , kalau laporan Saya ditutup lagi , Saya upload lagi beserta rekaman teleponnya

    • 30 Mei 2024 - (21:09 WIB)
      Permalink

      Saran saya masukkan ke surat pembaca media cetak nasional juga. Seperti Jawa Pos, Kompas, dll. Yg cetak ya jangan yg elektronik. Biar management Shopee tahu diri.

    • 31 Mei 2024 - (06:13 WIB)
      Permalink

      dan juga shoppe mengizinkan dititip di popbox. berarti shoppee juga tahu risiko titip di popbox. tidak bisa kakak yang dibebankan risiko titip di popboxnya

      itupun jika ada risikonya karena saya melihat titip di popbox bahkan lebih aman dititipkan ke orang (yang bisa membuka paket)

      selisih waktu pembukaan paket itu alasan saja. tidak logis dan menggambarkan apa risikonya (kecuali selisih waktu dan barang dititipkan ke orang yang bisa membuka paket)

      shoppee asal2 an dan aneh

    • 31 Mei 2024 - (21:41 WIB)
      Permalink

      Ketika paket sudah sampai pasti ada notifikasi di aplikasi. Dan itu hitungan menit bahkan detik ketika kurir sudah mengantar paket.

      • 31 Mei 2024 - (22:06 WIB)
        Permalink

        Kebetulan disaya posisinya ada jeda waktu notif muncul dihp .
        Tapi coba pikir lagi aja , kalaupun notifikasi on time . Paket sampai jam 2 , terus saya masih kerja , harus langsung ngebut ambil paket ?? Kalau paketnya gak diambil Dan di unboxing pada jam yg sama hak complain Saya jadi gugur?

        Kalau dong kalau begitu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • 30 Mei 2024 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Dimana letak keamanan shopee? Saya Hanya Tanya nama yang telepon siapa tidak dijawab , rekaman ada semua , apa begini kualitas shopee?

    • 31 Mei 2024 - (09:56 WIB)
      Permalink

      Memang seharusnya penjualan emas tidak bisa dijual secara beberapa tahun lalu sama pernah liat emas batangan di jual di alfamart itu masih ok lah, kalau online sich masih kurang safety

  • 31 Mei 2024 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Kejadian seperti ini sangat bikin was-was, saya juga pernah kejadian seperti ini yang saya beli 10 gram emas LM. Dalam benak saya, menggunakan toko online karena sudah aman, apalagi slogan-slogan dan marketing luar biasa dari marketplace, tapi biar jadi pengalaman saja. Toko ijo ada asuransinya. Di kasus saya, toko ijo lama customer handling, kurirnya anteraja, infonya investigasi, sudah lewat masa investigasi juga tidak ada info lanjutkan, terus kita yang bertanya-tanya. Saya memang curiga indikasi lebih ke kurir, tidak diketahui hasil report dari investigasi itu seperti apa, paket hilang, dicuri atau bagaimana. Tapi ya, mau bagaimana lagi ya, jadinya rugi di waktu dan biaya pembayaran asuransi.

  • 31 Mei 2024 - (20:56 WIB)
    Permalink

    UPDATE: Saya diancam akan ditindak oleh tim berwenang (kuasa hukum) dll jika ada ketidak sesuaian dalam keluhan Saya di media pembaca oleh shopee .
    Bener bener wasting time .

  • 31 Mei 2024 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Di media ini banyak kasus seperti yg anda alami. Beberapa kasus sangat identik dengan yg anda alami yaitu tinggal di apartemen dan paket ditaruh di popbox Jadi ada 4 tersangka utama, penjual, pembeli, jasa kirim dan oknum di apartemen anda. Coba saja tanya warga di apartemen anda ada kasua kehilangan paket seperti anda tidak. Kl ada ya ada oknum maling di apartemen anda.

    • 31 Mei 2024 - (22:03 WIB)
      Permalink

      Popbox itu gak ada yang bisa buka selain pemilik nomor HP karena ada OTP . kebetulan apartment saya mewajibkan paket kecil taruh dipopbox kecuali paket besar . Kalau pakai logika nya 4 tersangka ya buat apa ada aduan ini . Salahin aja 4 4 nya ..

 Apa Komentar Anda?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Beli Emas tapi Paket yang Datang Isinya Sampah

oleh Heru dibaca dalam: 2 menit
33