Program Gratis Ongkir XTRA Diaktifkan Shopee Tanpa Konfirmasi

Buat kalian para seller di Shopee, kalian tahu gak kalau di Shopee ada peraturan baru per tanggal 1 Juli 2024? Saya baru tahu barusan, ternyata sekarang semua penjual langsung diikutsertakan dalam program Gratis Ongkir XTRA.

Kalau kalian penjual yang gak pernah perhatikan detail, kalian mungkin gak akan sadar ada biaya layanan. Saya baru perhatikan tadi. Untuk pesanan sejumlah Rp500.000, selain ada biaya admin yang berkisar 5% sampai 6%, saya perhatikan kok ada biaya layanan? Pas saya klik tanda tanya yang ada disamping, ternyata itu biaya layanan Gratis Ongkir Extra. Padahal saya tidak pernah bergabung dalam layanan tersebut.

Setelah saya cek lebih lanjut, ternyata per tanggal 1 Juli 2024, setiap penjual langsung tergabung dalam program tersebut. Cukup menjebak sih program Shopee kali ini. Bayangkan kalau penjual yang tidak tahu program ini, bisa kena potong berapa banyak? Biaya admin saja makin lama juga makin tinggi. Belum lagi kebijakan bebas pengembalian, yang banyak dikeluhkan seller lain karena terlalu menguntungkan pihak pembeli nakal.

Surat ini sengaja saya buat agar seller lain lebih teliti dan cek akun Shopee kalian. Terima kasih.

Viyanty
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Program Gratis Ongkir XTRA Diaktifkan Shopee Tanpa Konfirmasi

  • 6 Juli 2024 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Lu lupa bagian paling sadisnya:

    > Biaya layanan akan dikenakan untuk semua pesanan selesai, baik untuk pesanan yang menggunakan atau tidak menggunakan voucher diskon.

    Di halaman “Bergabung & Berhenti Program Gratis Ongkir XTRA & Cashback XTRA” https://seller.shopee.co.id/edu/article/6929. Cuma di halaman lain seperti “Syarat dan Ketentuan Program Gratis Ongkir XTRA” juga ditulis begitu.

  • 6 Juli 2024 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Kalau sy udh tau lama sih kak, karna shopee udh kasih pengumuman jauh2 hari. Kalau gak mau ikut bs non aktifkan gratis ongkir, dgn resiko bnyk pembeli yg batal co. Kalau sy emang baru mulai pakai gratis ongkir, jujur bedanya jauh bngt, orderan naik hingga 3x lipat, jd menurut sy msh worth it, tinggal naikkan harga jual aja. Tp emang jeleknya di shopee & Lazada biaya gratis ongkir tetap dibebankan mau pembeli pake gratis ongkir atau tidak, kalau toped msh fair, kalau pembeli gak pake ya seller jg gak dibebankan biaya gratis ongkir.

    • 6 Juli 2024 - (11:48 WIB)
      Permalink

      intinya shopee ngambil cuan dari biaya gratis ongkir, toko ada label gratis ongkir kena potongan 4%.
      jd pembeli pakai vocer ongkir maupun tidak, penjual kena potongan 4%. dan tidak ada maksimal potongan perpesanan.

      tokopedia masih ada maksimal potongan, yaitu sebesar subsidi ongkirnya

      • 6 Juli 2024 - (12:05 WIB)
        Permalink

        > tokopedia masih ada maksimal potongan, yaitu sebesar subsidi ongkirnya

        Shopee ngak ada maksimal udah pernah dites atau kena? Ini kayanya sangat memberatkan orang yang jual barang kecil dan ringan.

        • 6 Juli 2024 - (12:22 WIB)
          Permalink

          Eh, ini pertanyaan saya ngak masuk akal dah. Kan kalau pembeli ngak pakai Gratis Ongkir, dia dapatnya 0. Tapi penjual tetap musti bayar. Jadi pasti ngak ada sistem maksimal berapa.

        • 6 Juli 2024 - (13:34 WIB)
          Permalink

          ya sudah pernah om.

          logika sederhananya saja :
          pembeli tidak pakai vocer saja penjual kena fee gratis ongkir xtra (4%)

          “Biaya layanan akan dikenakan untuk semua pesanan yang terselesaikan, baik yang menggunakan Voucher Gratis Ongkir XTRA atau tidak.”

          jadi tidak ada batasan nominal untuk biaya layanan ini.
          biaya layanan ada maksimalnya 10rb per KUANTITAS produk.
          jadi kalau si om jualan produk seharga 300rb (1 buah produk seharga 300rb) 4%x300rb = 12rb, tapi hanya kena fee 10rb saja, tapi kalau pembeli belinya 2, fee nya jadi 20rb, pembeli beli 3, fee nya 30rb, dst.
          nah penjual kena fee 30rb, shopee tidak peduli pembeli pakai vocer gratis ongkir atau tidak.

          katakanlah pakai dengan potongan 18rb (instant courier), shopee tetap mengenakan biaya layanan (fee) gratis ongkir xtra ke penjual sebesar 30rb, artinya cuan 12rb, kalau pembeli tidak pakai vocer gratis ongkir xtra, ya shopee. cuan 30rb.

          • 6 Juli 2024 - (15:59 WIB)
            Permalink

            Maaf kak, setau sy toped jg sm aja per produk. Karna sy udh lama pakai gratis ongkir toped, kalau kebetulan pembeli co dgn qty bnyk, sy jg kena potongan lumayan, pernah di atas 50rb, walaupun ongkirnya cm 30rb.

        • 6 Juli 2024 - (16:22 WIB)
          Permalink

          per KUANTITAS produk, ini lah yg tidak dijelaskan secara detail oleh marketplace, semua contohnya hanya beli 1 produk.
          jadi maksimal 10rb itu per 1 produk, kalau beli 2 buah produk yg sama, ya maksimal jd 20rb.

          misal : beli 1 buah produk A seharga 300rb, maksimal fee dikenakan ke penjual adalah 10rb, tapi kalau beli 2 buah produk A (produk yg sama) , maksimal fee nya jadi 20rb bukan 10rb, jd bukan per produk, perKUANTITAS produk.

          kata lainnya : 1 (SATU) buah produk maksimal feenya adalah 10rb, ingat baik2 : 1 (SATU) buah.

          *fee dalam tulisan ini adalah fee grartis ongkir, yg pada saat ini adalah sebesar 4%

        • 6 Juli 2024 - (16:23 WIB)
          Permalink

          Maksud dia, katakan pembeli beli 3 barang dan dapat potongan Bebas/Gratis Ongkir 20ribu.

          Jadi kalau di Tokopedia, walaupun per barang seharusnya kena 10ribu, totalnya ngak 30ribu, karena maksimum penjual kena potongan yang didapat pembeli alias 20 ribu Rupiah.

          Kalau di Shopee, klaimnya, tetap kena 30 ribu Rupiah. Ngak mau tau pembeli sebenarnya dapat berapa.

  • 6 Juli 2024 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Saya pembeli murni, kalau anda tidak ikut gratis ongkor xtra pembeli tidak bisa gratis ongkir, karena kupon di pembeli hanya ada gratis ongkir extra.
    Mulai tgl 1 banyak toko langganan saya tidak ikut ongkir xtra sehingga otomatis saya beralih ke toko yang ikut ongkir extra.
    Saran: lebih baik ikut ongkir extra tapi harga jualnya dinaikkan. Banyak pembeli yang tidak jadi beli karena tidak ada gratis ongkir.

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Program Gratis Ongkir XTRA Diaktifkan Shopee Tanpa Konfirmasi

oleh Vivisusanto dibaca dalam: 1 menit
11