JD.ID Telat Mengantarkan Kiriman, Proses Refund Bertele-tele

Pada tanggal 5 Desember 2018 saya memesan Micro SD di JD.ID dengan nomor pemesanan 244049587. Alasan saya memesan barang tersebut di JD.ID karena jaminan mutu barang yang katanya original dan kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan untuk berjalan. Tetapi anehnya pesanan saya mandek di jasa pengiriman lebih dari 10 hari dan saya menjadi kesal karena pihak JD.ID mengatakan bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan adanya lonjakan pengiriman. Saya pun mengatakan bahwa saya rela membayar biaya kurir tambahan yang express asalkan barang saya bisa segera sampai saat itu juga. Tapi JD.ID tetap bersikukuh untuk menyuruh saya untuk menunggu. Karena kesal saya pun akhirnya membatalkan pesanan tersebut.

Rupanya hari ini tanggal 26 Desember saya baru menerima informasi dari pihak JD.ID melalui kanal Twitter bahwa proses refund akan memakan waktu yang sangat lama. Saya jelas tidak bisa menerima informasi tersebut. Saya sudah membatalkan pesanan itu jauh-jauh hari tetapi respon tersebut baru saya terima sekarang. Lagipula saya sudah meminta rekan saudara untuk membelikan barang tersebut di Jakarta dan mengirimkan barang tersebut dengan kurir express ke rumah saya di Bali. Jauh lebih cepat daripada pembelian melalui JD.ID. Saya sebagai konsumen tidak peduli apakah ada lonjakan pembelian atau tidak, tetapi seharusnya pihak e-commerce yang mencari jalan bagaimana agar barang tersebut bisa tetap sampai tepat waktu walaupun terjadi lonjakan pembelian.

Saya ingin pihak JD.ID bertanggung jawab untuk segera mengembalikan dana saya ke kartu kredit saat ini juga karena memakan waktu lebih dari 20 hari. Kejadian ini membuat saya kapok dan malas untuk berbelanja di JD.ID. Pengalaman ini juga membuat saya kapok untuk berbelanja secara daring di Indonesia karena semua pihak e-commerce hanya mementingkan keuntungan semata, tetapi pelayanannya nol besar. Saya sudah pernah tinggal di beberapa negara dan berbelanja secara daring, tetapi pengalaman saya di Indonesia adalah yang terburuk.

I Made Mahendra Budhiastra
Jimbaran – Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 1.4]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak I Made Mahendra

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak I Made Mahendra pada 26 Desember 2018 di halaman ini, kami...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “JD.ID Telat Mengantarkan Kiriman, Proses Refund Bertele-tele

  • 26 Desember 2018 - (10:27 WIB)
    JD.ID mah buat belanja santai aja, entah kapan barangnya tiba. ? Saya aja masih ada 3 barang lagi yg belum diterima sejak 12 Desember. Untung bayarnya COD, dikirim syukur, gak dikirim yo wes lah…haha. ?
  • 27 Desember 2018 - (13:05 WIB)
    Sejak kejadian ini saya kapok belanja online lagi. Enough is enough. Lebih baik saya bayar lebih mahal di toko langsung tapi saya ga perlu nunggu2 kaya gini

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

JD.ID Telat Mengantarkan Kiriman, Proses Refund Bertele-tele

Made Mahendra B 1 menit
2