Refund di Tokopedia dengan Penjual Agen Aksesoris HP Terlalu Lama

Saya sebagai pembeli bertransaksi di Tokopedia dengan no inv: INV/20190514/XIX/V/313947769 dengan penjual AGEN AKSESORIS HP di tanggal 14 Mei 2019. Barang tiba tanggal 17 Mei 2019 padahal menggunakan pengiriman JNE Yes. Status penjual sudah lambang 2 berlian yang menurut saya cukup rekomen tapi ternyata pihak penjual slow response dan pengirimannya pun lama diprosesnya.

Sebelum transaksi saya menanyakan ke penjual apakah barang ready dengan salah satunya charger Roker berwarna hitam dan case Oppo F11 biasa yang saya mau. Dengan cepat dibalas ready. Oke saya order, mulai di sini penjual lama di proses pengiriman. Barang tiba ternyata yang datang charger Roker berwarna putih dan case Oppo F11 Pro. 2 item tersebut tidak sesuai. Saya tanya ke penjual, balasannya lama dan di jawab iya chargernya cuma ada warna putih dan case Oppo F11 Pro saja. Saya bilang sebelumnya saya tanya ready tapi kenapa yang dikirim beda dan tidak ada konfirmasi main langsung kirim. Di jawab silahkan diretur saja.

Lalu saya mengklik komplain barang dengan keterangan tidak sesuai dan biaya kirim balik ditanggung penjual. Di komplain ini penjual sama sekali tidak merespon. Sampai minta bantuan Tokopedia Care, baru direspon dan diberitahukan alamat returnya. Saya hanya diberi waktu 1 x 24 jam untuk proses retur padahal komplain sudah berjalan 3 hari sebelumnya tanpa ada respon dari penjual. Hal ini menurut saya merugikan pihak pembeli yang hanya diberi waktu sedikit.

Setelah saya retur barang dengan menggunakan pengiriman JNE YES dan mengisi form klaim asuransi pengiriman Tokopedia, pihak penjual pun tidak ada respon mengenai barang sudah di terima. Pihak Tokopedia Care pun hanya membalas di diskusi komplain dengan meminta penjual lebih aktif tanpa ada peringatan bahwa dana refund secara otomatis terproses.

Sudah hampir 2 minggu proses komplain sampai saat ini (27 Mei 2019) saya minta penjelasan, sama sekali tidak ada jawaban pastinya. Hanya dari Tokopedia yang meminta saya bersabar menunggu dari proses refund dan pihak asuransi pengiriman Tokopedia. Jelas ini merugikan pihak pembeli dan hati-hati berbelanja di penjual AGEN AKSESORIS HP walaupun status lambang 2 berlian tapi tidak menjamin kualitas terpercaya.

Mohon pihak Tokopedia menindaklanjuti proses ini biar cepat di-refund dana saya dan diperingatkan ke pihak penjual ini dengan konsekuensi peraturan seller Tokopedia agar tidak merugikan pembeli lainnya jika perlu dibekukan akunnya. Terima kasih.

Yudhi Pradono
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:3    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Refund di Tokopedia dengan Penjual Agen Aksesoris HP Terlalu Lama

oleh Yudhi_Pradono dibaca dalam: 1 menit
0