Dana Refund Citilink Tidak Kunjung Diterima, CS Tidak Solutif

Dear Media Konsumen dan Citilink,

Saya ingin menyampaikan keluhan saya mengenai proses pengajuan refund maskapai Citilink yang sangat lama sekali prosesnya. Dari awal saya mengajukan pembatalan pada tanggal 11 April 2019 hingga saat ini dana belum juga dikembalikan kepada saya. Berikut detail kronologinya:

1. Sekitar awal Bulan Maret 2019, saya melakukan pemesanan untuk penerbangan Citilink tujuan JOG-HLP untuk tgl 14 April 2019 dengan kode booking S8QZXF atas nama Nindya Nastiti. Namun karena adanya kepentingan lainnya, saya diharuskan untuk melakukan pembatalan karena saya tidak jadi berangkat.

2. Pada tanggal 11 April 2019, saya menghubungi Call Center Citilink melalui telepon untuk menanyakan prosedur pembatalan penerbangan. Agen Call Center menginformasikan bahwa saya harus mengirimkan email terlebih dahulu ke refund@citilink.co.id dan selanjutnya akan diinformasikan mengenai persyaratan dokumen yang harus dilengkapi.

3. Pada tanggal yang sama saya mengirimkan email pertama saya kepada tim refund citilink, namun belum mendapat respon atas permohonan pembatalan saya.

4. Pada tanggal 12 April 2019, saya kembali mengirimkan reminder email kepada tim refund citilink, namun masih belum ada respon, sedangkan penerbangan saya dijadwalkan akan terbang pada tanggal 15 April 2019.

5. Pada tanggal 14 April 2019, saya kembali menghubungi Call Center Citilink untuk memastikan pembatalan yang dimaksud dan belum juga mendapat balasan/respon email dari pihak tim refund Citilink. Agen Call Center menginformasikan bahwa mungkin email masih dalam antrian untuk dibalas oleh tim refund Citilink, dan agen tsb juga memastikan bahwa untuk pembatalan dihitung dari pertama kali customer mengirimkan email, jadi tidak masalah jika diproses setelah tanggal penerbangan.

6. Pada tanggal 29 April 2019, saya baru mendapatkan email balasan dari tim refund Citilink untuk menginformasikan perihal dokumen yang saya haruis lengkapi untuk mengajukan proses refund.

7. Pada tanggal 05 Mei 2019, saya mengirimkan dan melengkapi email balasan dari tim refund Citilink dengan dokumen lengkap. Email saya hanya dibalas dengan auto reply bahwa email telah diterima, tidak ada informasi berapa lama proses refund-nya dilakukan.

8. Pada tanggal 06 Mei 2019, saya 2 (dua) kali menghubungi Customer Service Citilink melalui Email dan Live Chat, namun saya tidak juga mendapatkan kejelasan atas refund saya.

9. Pada hari ini, tanggal 01 Juli 2019, saya kembali menghubungi Customer Service Citilink melalui Email dan Live Chat, namun saya juga tidak mendapat jawaban kapan refund saya dikembalikan. Saya hanya mendapat informasi bahwa penumpang atas nama saya dilakukan pemisahan kode booking dengan nomor KB115J. Namun CS juga tidak memberi jawaban berapa lama lagi proses refund berjalan, CS tidak kooperatif. CS Nusa (live chat) menyarankan saya untuk kembali mengirim email saja, padahal email sebelumnya saja tidak dibalas.

Atas kronologi di atas, saya mohon bantuannya agar proses pengembalian dapat dipercepat dan diberikan kepastian kapan saya dapat menerima dana refund tersebut. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Regards,

Nindya Nastiti
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Citilink:
[Total:16    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “Dana Refund Citilink Tidak Kunjung Diterima, CS Tidak Solutif

  • 3 Juli 2019 - (11:09 WIB)
    Permalink

    sabar ya mbak, punya saya bulan Feb aja baru dpt nya Juni kemarin….
    malah saya komplain, kenapa kalau beli lewat travel online, refund nya lebih cepat drpd kalo beli langsung di maskapai? Padahal pihak travel online sendiri kan juga menunggu refund dari maskapai, lah ini lgsg ke maskapai nya dgn harapan klo ada refund dll, proses bs lbh cepat, eh malah lebih lambat…
    PARAH

    • 3 Juli 2019 - (11:24 WIB)
      Permalink

      wah berarti memang super lama sekali prosesnya ya…. iya, padahal maksudnya pesan langsung ke citilink berharap prosesnya jadi lebih mudah dan lebih cepat. Kalo lewat travel agent (khususnya online) malah lebih gampang dan cepat. Apalagi CS nya ngga solutif juga menjawab pertanyaan. Harusnya kan mereka bisa konfirmasi ke bagian refundnya berapa lama lagi waktunya, udh sampai mana prosesnya… ini malah diarahkan lagi utk email ke tim refund, padahal terakhir saya email ngga ada jawaban 🙁

      kacau padahal kan satu perusahaan yang sama ya…

  • 4 Oktober 2019 - (17:05 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami pengalaman yang sama dari bulan Juni 2019 sampai sekarang Oktober 2019 dana refund saya belum dikembalikan,, awal alasannya menunggu antrian sdh masuk antrian sampe akhirnya sdh dalam antrian transfer tapi msh belum di TF jg lebih dari 3 bulan sedangkan estimasi awal CS nya menjelaskan hanya memerlukan waktu 60 hari untuk proses refund
    padahal tiket sy yang di refund itu di jual loh bukan sebagai tiket hangus , apa saya harus berfikir citilink sampai tdk memiliki dana untuk mengembalikan dana refund saya .

  • 16 Januari 2020 - (23:17 WIB)
    Permalink

    Sy juga memgalami hal yg sm, canselflight dr pihak citilink, tgl 18 Desember 2019 lakukan proses refund ke Online travel agen, sampai saat ini blm cair, jk sy ber-email balasannya dana blm cair. Enak betul ya, kita booking tiket time limit sampai proses issued hanya hitungan jam tp saat kita canselflight dr pihak maskapai pula. Kita nunggu dana refund spt pengemis. Soal refund tiket Sriwijaya lbh cepat. Jd pengalaman ke depan tinggalkan maskapai LCC krn awal2nya kita merasa beruntung dgn harga terjangkau namun pd sisi yg sama kita bisa rugi banyak. Trima kasih.

  • 2 Februari 2020 - (16:22 WIB)
    Permalink

    saya pun begitu, krn error pada sistem, kartu kredit saya kena charge 2x, dr 22 Nov 2019 sampai hari ini (2 Feb 2020) dana kartu kredit saya belum juga dikembalikan. Email bagian refund tidak pernah dibalas, telp bagian refund tidak pernah diangkat, call CS Citilink selalu bilang “dalam antrian” .. jadi nyesel kenapa ga charge back lgsg aja dr bank issue.

  • 5 Februari 2020 - (14:25 WIB)
    Permalink

    halo saya masi baru dsini, jadi gunanya kita berkeluh kesah di web ini apa ya? apa akan bantuan jika memang masalah refund ini blm kembali dananya?

 Apa Komentar Anda mengenai Citilink?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Dana Refund Citilink Tidak Kunjung Diterima, CS Tidak Solutif

oleh Nindya Nastiti Puspitasari dibaca dalam: 2 min
6