Kuota Internet dan Pulsa Saya Diambil secara Diam-diam oleh Telkomsel

Tanggal 24 Agustus 2019, nomor Telkomsel saya 0812214071** masih memiliki kuota internet sekitar 1.2 GB dan pulsa sejumlah Rp4.196. Saya melakukan pengecekan sekitar pukul 16.30. Hari itu saya hanya melakukan pengecekan whatsapp dan tidak melakukan aktivitas internet yang lain. Pukul 21.30 malam, saya mendapat notifikasi sms bahwa kuota anda sudah habis dan saya diminta untuk membeli langganan paket internet yang baru. Tentu saja saya kaget, karena saya tidak dalam posisi memakai internet sama sekali. Paket data pun tidak dinyalakan. Saya pun segera melakukan pengecekan di aplikasi My Telkomsel, dan benar saja, kuota saya mendadak menjadi 0 dan pulsa saya pun juga 0.

Saya langsung menghubungi twitter Telkomsel untuk menanyakan hal ini, dan jawaban mereka sangat mengecewakan bagi saya. Mereka menjawab bahwa pemotongan pulsa sudah sesuai karena ada akses internet. Sudah saya jelaskan bahwa posisi saya saat itu sedang tidak melakukan akses internet, namun jawaban yang diberikan terus sama.

 

Yang mengecewakan lagi adalah mereka seolah menyalahkan ponsel saya. Mereka mengatakan bahwa meskipun paket data mati, namun jika terkonek ke wifi, tetap akan memotong kuota. Lho, ini info darimana ya? Sepengetahuan saya dan selama saya memakai ponsel ini bertahun-bertahun (tipe ponsel saya Samsung J3 Pro), jika tidak menyalakan paket data tentu tidak akan memotong kuota. Anehnya lagi, mereka mengatakan bahwa sejak pukul 15.55 di hari itu, kuota saya sudah terpotong karena akses internet yang banyak. Sangat bertolak belakang dengan pengecekan saya.

Karena tidak mendapat solusi yang memuaskan dari pihak Telkomsel, saya pun membuat surat di Media Konsumen. Harapan saya mereka mau mengembalikan kuota dan pulsa saya yang telah mereka ambil diam-diam ini. Saya sudah menjadi pelanggan Telkomsel selama bertahun-tahun, tapi inikah balasan yang saya dapat?

Shiela Hartiningtyas
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:25    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

20 komentar untuk “Kuota Internet dan Pulsa Saya Diambil secara Diam-diam oleh Telkomsel

    • 20 Mei 2020 - (15:51 WIB)
      Permalink

      Ah palsu loh admin Telkomsel. Sok² nawarin solusi, tapi ujung²nya gak ada kompensasi. Trus bilang penggunaan sesuai. Aku juga kena soalnya, payah lu Telkomsel.

  • Ian Febriansyah Jangkaru
    29 Agustus 2019 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Hampir semua operator begitu.. solusinya pengguna dituntut untuk lebih giat belajar mengakali billing mereka, seperti menggunakan tunneling agar bisa akses gratis aja…silahkan cari komunitas phreaker / gretongan terdekat 😀

  • Ray Naldi
    29 Agustus 2019 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah mereka. Saya instal aplikasi monitoring data internet. Selama ini selalu ada selisih penggunaan dengan sisa data di my telkomsel. Susah membuktikan spt ini pihak operator punya 1001 alasan untuk ngeles

  • 29 Agustus 2019 - (21:23 WIB)
    Permalink

    @ray-naldi itu dia mas, mereka meyakini bahwa sistem mereka adalah yg terbaik. Padahal kita juga punya bukti bahwa ada ketidakcocokan data antara sistem mereka dengan di ponsel kita. Yg kaya gini kalau didiemin aja, bakal semakin menjadi-jadi.

    @ian-febriansyah-jangkaru tunneling bukannya terbatas ya mas? rata2 hanya bertahan sebentar terus tewas sepengalaman saya.

  • 29 Agustus 2019 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Susah lah mau berdebat dengan provider soal perincian penggunaan data. Mau dibilang gak sesuai dengan pencatatan di HP kita sendiri sekali pun, mereka bakal tetap ngotot.

    & mereka akan bakalan tetap ngotot, karena toh yang lebih memerlukan adalah kita (konsumen). Mereka mah gak peduli, hilang 1 konsumen tumbuh 1000 konsumen lain.

    Kadang (biasanya) ada kemungkinan yang error nomor kita nya, artinya error di sistemnya di sana. Solusinya ganti nomor ataupun ganti provider. Yah memang sulit, tapi mau gimana lagi.

    Saya pernah mengalami kasus error di t-cash (sebelum merger). Mau ganti stiker, reset, dll, selalu sama problemnya: setiap kali masukin password, pasti dibilang error. Sudah diganti pun, tetap saja di EDC keluar error.
    Sudah bolak balik ke Grapari & telepon ke CS. Akhirnya solusinya yah hapus t-cash di nomor tersebut, karena sudah stuck gak ada solusi lain, nomor tersebut ada hantu nya yang bikin gak kompatibel dengan t-cash hehehe.
    Nomor gak bisa dibuang, karena ini nomor pascabayar. & cuma bermasalah dalam hal t-cash saja, selain itu no problem.

  • 30 Agustus 2019 - (22:46 WIB)
    Permalink

    @samuel-wijaya memang sulit mas. Mereka mengklaim sistem mereka yang paling benar, kenyataannya justru malah banyak pelanggan yang dirugikan.
    Masalahnya kalau kita hanya berdiam diri saja, mau berapa banyak kuota dan pulsa kita yang dicuri secara diam-diam? Iya kalau pelanggannya sering melakukan cek pulsa. Nah kalau tidak? Kalau satu orang satu hari diambil 1000 rupiah, dikali berapa juta pelanggan mereka, sudah berapa banyak pulsa yang dicuri?

    • 21 Januari 2020 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Hallo kak, sy jg baru kejadian seperti ini, kuota internet sy berkurang 14gb dan pulsa kepotong 14gb, itu kemarin dan Kemarin sy isi kuota lg 6gb, DAN hr ini sy kehilangan kuota sy lgi 2,3gb, Sy sdh konfrmasi ke twitter jg, jawabannya sama seperti yg kk share itu,, sungguh sangat kecewa sekali sy menjadi pelanggan tlsel bertahun2. 🤬🤬
      Boleh tau kak tindak lanjut de tlsel gimana setelah itu?? Soalnya sy komplain di twiter jg tidak ada solusi, adminnya kekeh sy menggunakan datanya, pdah sy tidak menggunakan datanya tbtb saya pagi2 sy terima sms bahwa kuota sudah habis

      • 11 Maret 2021 - (19:36 WIB)
        Permalink

        Hari ini maret 11 2021 kamis, saya berkali² perhatikan pulsa saya yg saya isi 25rb bulan lalu. Sekarang menjadi 22ribu sekian. Padahal saya tdk menggunakan data tlp untuk internet dan saya curiga ada kesalahan saat saya buka sms. Kemudian br saja saya tlp operator telkomsel, sungguh aneh saya dsangka tanpa sengaja mengaktifkan data saya tanpa paket dr mereka. Padahal saya pake saja tdk buat sms atau tlp apalagi paket internet. Tp mereka bilang saya pakai, memang tdk banyak berkurangnya cuma janggal sekali. Rasanya klo baca pendapat diatas, ada kesalahan sistem telkomselnya, atau memang sengaja dicuri. Klo dr 1 pelanggan hilang 5rb berapa nominal yg akan didapat lewat 5juta pelanggan. Sungguh mengecewakan.

  • 31 Agustus 2019 - (03:35 WIB)
    Permalink

    sudah sering kejadian macam begitu.
    background pendidikan saya seorang programmer, jadi saya sangat paham tentang kasus macam ini.. kemungkinannya cuma ada 2:
    1. sistem & tim IT telkomsel yg luar biasa BODOH, atau
    2. telkomsel memang pencuri & perampok konsumen.

    kita semua tahu mana yang terjadi.

  • 31 Agustus 2019 - (10:53 WIB)
    Permalink

    @djuwanda yang bikin menyebalkan adalah mereka mengklaim sistem mereka yang paling benar, padahal sistem juga buatan manusia yang bisa salah ketika terjadi eror. Dan hal kedua yang menyebalkan adalah jawaban serupa dari pihak CS yang mengatakan pemotongan sudah sesuai.
    Hingga saat ini pun tidak ada respon dari pihak Telkomsel.
    Operator kelas atas (katanya) tapi pelayanan kelas bawah.

  • 1 September 2019 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Telkomsel dengan pelanggan ratusan juta, merasa seolah tidak butuh pelanggan. dia merasa pelanggan yang butuh dia, karena luasnya jangkauan jaringan yg dimilikinya apabila dibandingkan operator lain.

    pinter² aja kalo mau pake Telkomsel.
    jangan sisakan pulsa banyak².
    langsung belikan paket internet atau paket nelpon sesuai kebutuhan.

    kalo saya sih sampai sekarang mending beli perdana sekali pakai, trus buang. Telkomsel memang paling stabil kalo buat internetan.

  • 4 September 2019 - (22:27 WIB)
    Permalink

    @anton-betton betul sekali, salah satu solusinya memang jangan sisakan pulsa banyak. Tapi ternyata pulsa sedikit pun dipotong juga diam2 oleh telkomsel.
    Memang untuk internetan, lebih aman memakai kartu perdana yg sekali buang.

  • 6 Februari 2020 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Barusan sy mengalami hal yg sama paket telkomsel sy 15gb 98rb 30 hari yg biasanya sy habis dlm 3 minggu pemakaian sperti biasa, habiss dlm 1 minggu lebih…gilaaak bener nih telkomsel, gw dlu sbelum pake telkomsel sempet pake provider lain tp gegara sering bgt pulsa hilang disedot entah kemana..ternyata sama saja nih kualitas provider2 di indonesia..asli jengkel saya

    • 11 April 2020 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Sama nih gua! Baru seminggu yg lalu beli paket kuota 17Gb 30 hari harga 105K, dan sehari sebelum kuotanya ilang sempet gua cek masih sisa 7 Gb (Maklum boros krn pemakaian berat buat video conference). Kuota malam gua 10Gb jg belum gua pake & belum expired tiba2 ilang. Cek di Mytelkomsel & *888# tertulis 0Kb semua, like WTF. Udah gitu pulsa ilang terus lg, pdhl kagak pernah aktif internet kalo memang gak ada kuota. Bgst nih provider, heran gua sumpah.

    • 2 Oktober 2020 - (10:47 WIB)
      Permalink

      Terakhir kemarin tgl oktober Saya cek kuota internet Saya masih 4 gb-an, tadi pagi tgl 2 oktober pukul 9 pagi tiba2 Saya dapet SMS dari telkomsel bahwa kuota Saya sudah habis padahal biasanya kuota 4 gb-an bisa cukup 2-3 hari dengan pemakaian seperti biasa yang Saya lakukan, kemudian lebih parahnya adalah setelah kuota Saya habis pukul 9 pagi tersebut Saya langsung beli kuota 2 gb dengan masa aktif 1 hari, tapi belum ada 40 menit tiba2 Saya mendapatkan notifikasi SMS bahwa sisa kuota Saya tinggal 400 mb dan Saya cek di aplikasi my telkomsel ternyata benar demikian, padahal selama 40 menitan tersebut Saya cuma memainkan aplikasi Instagram dan joox, Sangat tidak masuk akal sekali 1,6 gb habis dalam 40 menit dengan hanya membuka 2 aplikasi tsb tanpa menyalakan hotspot ataupun aplikasi lainnya.
      Kesal, Saya langsung menghubungi customer care telkomsel 188, Saya kecewa karena menurut saya customer service nya tidak memberikan solusi yg memuaskan dengan hanya bilang bahwa permasalahan Saya sudah di buatkan laporan ke bagian IT, dan Saya harus menunggu feedback dari proses dari laporan tersebut dalam jangka waktu 4 hari, Sangat tidak solutif sekali, bayangkan berapa kuota yang harus Saya keluarkan selama 4 hari apabila dalam 40 menit saja kuota yang terpakai sebesar 1,6 gb. Selain itu sangat disayangkan sikap customer care nya yg kurang baik dalam menangani keluhan Saya dengan berbicara menggunakan nada tinggi terkesan tidak sopan dan baru kali ini Saya mendapati hal tersebut, Sangat disayangkan pula perusahaan besar sekelas Telkomsel memiliki SDM yang demikian. Kecewa rasanya, padahal sudah menggunakan telkomsel selama lebih dari 11 tahun.

  • 2 Oktober 2020 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Terakhir kemarin tgl 1 oktober Saya cek kuota internet Saya masih 4 gb-an, tadi pagi tgl 2 oktober pukul 9 pagi tiba2 Saya dapet SMS dari telkomsel bahwa kuota Saya sudah habis padahal biasanya kuota 4 gb-an bisa cukup 2-3 hari dengan pemakaian seperti biasa yang Saya lakukan, kemudian lebih parahnya adalah setelah kuota Saya habis pukul 9 pagi tersebut Saya langsung beli kuota 2 gb dengan masa aktif 1 hari, tapi belum ada 40 menit tiba2 Saya mendapatkan notifikasi SMS bahwa sisa kuota Saya tinggal 400 mb dan Saya cek di aplikasi my telkomsel ternyata benar demikian, padahal selama 40 menitan tersebut Saya cuma memainkan aplikasi Instagram dan joox, Sangat tidak masuk akal sekali 1,6 gb habis dalam 40 menit dengan hanya membuka 2 aplikasi tsb tanpa menyalakan hotspot ataupun aplikasi lainnya.
    Kesal, Saya langsung menghubungi customer care telkomsel 188, Saya kecewa karena menurut saya customer service nya tidak memberikan solusi yg memuaskan dengan hanya bilang bahwa permasalahan Saya sudah di buatkan laporan ke bagian IT, dan Saya harus menunggu feedback dari proses dari laporan tersebut dalam jangka waktu 4 hari, Sangat tidak solutif sekali, bayangkan berapa kuota yang harus Saya keluarkan selama 4 hari apabila dalam 40 menit saja kuota yang terpakai sebesar 1,6 gb. Selain itu sangat disayangkan sikap customer care nya yg kurang baik dalam menangani keluhan Saya dengan berbicara menggunakan nada tinggi terkesan tidak sopan dan baru kali ini Saya mendapati hal tersebut, Sangat disayangkan pula perusahaan besar sekelas Telkomsel memiliki SDM yang demikian. Kecewa rasanya, padahal sudah menggunakan telkomsel selama lebih dari 11 tahun.

  • 1 Mei 2021 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Samaaa..SAYA JUGA DITIPU BERKALI2 PULSA SAYA HABIS 5000 SETIAP ISI PULSA 15RIBU. PADAHAL 10RIBU BUAT ISI PAKET.PAKET MASIH BANYAK KOK PULSA SAYA UDAH HABIS..KECUALI KLW PAKET SAYA SDH HABIS KEPAKE PULSANYA KAN WAJAR..INI BARUSAN AJA ISI PAKET..INTERNET BLM DIPAKE APA2..DAN SLALU BERULANG2..PENIPU NIH TLKOMSEL MAKAN UANG HARAM

  • 1 Mei 2021 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Media KONSUMEN..MANA..??ADAKAH MANFAAT DAN EFEK DARI POSTINGAN KELUHAN PELANGGAN??? YG DI KOMEN JUGA BANYAK..SUDAH KETERLALUAN INI TELKOMSEL

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Kuota Internet dan Pulsa Saya Diambil secara Diam-diam oleh Telkomsel…

oleh Shiela Hartiningtyas dibaca dalam: 1 menit
20