Kuota Internet dan Pulsa Saya Diambil secara Diam-diam oleh Telkomsel

Tanggal 24 Agustus 2019, nomor Telkomsel saya 0812214071** masih memiliki kuota internet sekitar 1.2 GB dan pulsa sejumlah Rp4.196. Saya melakukan pengecekan sekitar pukul 16.30. Hari itu saya hanya melakukan pengecekan whatsapp dan tidak melakukan aktivitas internet yang lain. Pukul 21.30 malam, saya mendapat notifikasi sms bahwa kuota anda sudah habis dan saya diminta untuk membeli langganan paket internet yang baru. Tentu saja saya kaget, karena saya tidak dalam posisi memakai internet sama sekali. Paket data pun tidak dinyalakan. Saya pun segera melakukan pengecekan di aplikasi My Telkomsel, dan benar saja, kuota saya mendadak menjadi 0 dan pulsa saya pun juga 0.

Saya langsung menghubungi twitter Telkomsel untuk menanyakan hal ini, dan jawaban mereka sangat mengecewakan bagi saya. Mereka menjawab bahwa pemotongan pulsa sudah sesuai karena ada akses internet. Sudah saya jelaskan bahwa posisi saya saat itu sedang tidak melakukan akses internet, namun jawaban yang diberikan terus sama.

 

Yang mengecewakan lagi adalah mereka seolah menyalahkan ponsel saya. Mereka mengatakan bahwa meskipun paket data mati, namun jika terkonek ke wifi, tetap akan memotong kuota. Lho, ini info darimana ya? Sepengetahuan saya dan selama saya memakai ponsel ini bertahun-bertahun (tipe ponsel saya Samsung J3 Pro), jika tidak menyalakan paket data tentu tidak akan memotong kuota. Anehnya lagi, mereka mengatakan bahwa sejak pukul 15.55 di hari itu, kuota saya sudah terpotong karena akses internet yang banyak. Sangat bertolak belakang dengan pengecekan saya.

Karena tidak mendapat solusi yang memuaskan dari pihak Telkomsel, saya pun membuat surat di Media Konsumen. Harapan saya mereka mau mengembalikan kuota dan pulsa saya yang telah mereka ambil diam-diam ini. Saya sudah menjadi pelanggan Telkomsel selama bertahun-tahun, tapi inikah balasan yang saya dapat?

Shiela Hartiningtyas
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Penilaian Rata-rata: 1.9]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...
Tentang Penulis
Shiela Hartiningtyas  

Seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan di Bandung

11 komentar untuk “Kuota Internet dan Pulsa Saya Diambil secara Diam-diam oleh Telkomsel

  • 29 Agustus 2019 - (18:44 WIB)
    Permalink
    Hampir semua operator begitu.. solusinya pengguna dituntut untuk lebih giat belajar mengakali billing mereka, seperti menggunakan tunneling agar bisa akses gratis aja…silahkan cari komunitas phreaker / gretongan terdekat šŸ˜€
  • 29 Agustus 2019 - (18:52 WIB)
    Permalink
    Ya begitulah mereka. Saya instal aplikasi monitoring data internet. Selama ini selalu ada selisih penggunaan dengan sisa data di my telkomsel. Susah membuktikan spt ini pihak operator punya 1001 alasan untuk ngeles
  • 29 Agustus 2019 - (21:23 WIB)
    itu dia mas, mereka meyakini bahwa sistem mereka adalah yg terbaik. Padahal kita juga punya bukti bahwa ada ketidakcocokan data antara sistem mereka dengan di ponsel kita. Yg kaya gini kalau didiemin aja, bakal semakin menjadi-jadi.

    tunneling bukannya terbatas ya mas? rata2 hanya bertahan sebentar terus tewas sepengalaman saya.

  • 29 Agustus 2019 - (22:12 WIB)
    Susah lah mau berdebat dengan provider soal perincian penggunaan data. Mau dibilang gak sesuai dengan pencatatan di HP kita sendiri sekali pun, mereka bakal tetap ngotot.

    & mereka akan bakalan tetap ngotot, karena toh yang lebih memerlukan adalah kita (konsumen). Mereka mah gak peduli, hilang 1 konsumen tumbuh 1000 konsumen lain.

    Kadang (biasanya) ada kemungkinan yang error nomor kita nya, artinya error di sistemnya di sana. Solusinya ganti nomor ataupun ganti provider. Yah memang sulit, tapi mau gimana lagi.

    Saya pernah mengalami kasus error di t-cash (sebelum merger). Mau ganti stiker, reset, dll, selalu sama problemnya: setiap kali masukin password, pasti dibilang error. Sudah diganti pun, tetap saja di EDC keluar error.
    Sudah bolak balik ke Grapari & telepon ke CS. Akhirnya solusinya yah hapus t-cash di nomor tersebut, karena sudah stuck gak ada solusi lain, nomor tersebut ada hantu nya yang bikin gak kompatibel dengan t-cash hehehe.
    Nomor gak bisa dibuang, karena ini nomor pascabayar. & cuma bermasalah dalam hal t-cash saja, selain itu no problem.

  • 30 Agustus 2019 - (22:46 WIB)
    memang sulit mas. Mereka mengklaim sistem mereka yang paling benar, kenyataannya justru malah banyak pelanggan yang dirugikan.
    Masalahnya kalau kita hanya berdiam diri saja, mau berapa banyak kuota dan pulsa kita yang dicuri secara diam-diam? Iya kalau pelanggannya sering melakukan cek pulsa. Nah kalau tidak? Kalau satu orang satu hari diambil 1000 rupiah, dikali berapa juta pelanggan mereka, sudah berapa banyak pulsa yang dicuri?
  • 31 Agustus 2019 - (03:35 WIB)
    sudah sering kejadian macam begitu.
    background pendidikan saya seorang programmer, jadi saya sangat paham tentang kasus macam ini.. kemungkinannya cuma ada 2:
    1. sistem & tim IT telkomsel yg luar biasa BODOH, atau
    2. telkomsel memang pencuri & perampok konsumen.

    kita semua tahu mana yang terjadi.

  • 31 Agustus 2019 - (10:53 WIB)
    yang bikin menyebalkan adalah mereka mengklaim sistem mereka yang paling benar, padahal sistem juga buatan manusia yang bisa salah ketika terjadi eror. Dan hal kedua yang menyebalkan adalah jawaban serupa dari pihak CS yang mengatakan pemotongan sudah sesuai.
    Hingga saat ini pun tidak ada respon dari pihak Telkomsel.
    Operator kelas atas (katanya) tapi pelayanan kelas bawah.
  • 1 September 2019 - (08:57 WIB)
    Telkomsel dengan pelanggan ratusan juta, merasa seolah tidak butuh pelanggan. dia merasa pelanggan yang butuh dia, karena luasnya jangkauan jaringan yg dimilikinya apabila dibandingkan operator lain.

    pinterĀ² aja kalo mau pake Telkomsel.
    jangan sisakan pulsa banyakĀ².
    langsung belikan paket internet atau paket nelpon sesuai kebutuhan.

    kalo saya sih sampai sekarang mending beli perdana sekali pakai, trus buang. Telkomsel memang paling stabil kalo buat internetan.

  • 4 September 2019 - (22:27 WIB)
    betul sekali, salah satu solusinya memang jangan sisakan pulsa banyak. Tapi ternyata pulsa sedikit pun dipotong juga diam2 oleh telkomsel.
    Memang untuk internetan, lebih aman memakai kartu perdana yg sekali buang.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kuota Internet dan Pulsa Saya Diambil secara Diam-diam oleh Telkomselā€¦

Shiela Hartiningtyas 1 menit
11