Tokopedia Gegabah dalam Menyelesaikan Perselisihan antara Penjual dan Pembeli

Dear Media Konsumen, terima kasih sudah menerbitkan surat saya.

Pada tanggal 31 Juli 2019 pembeli saya (melalui dropship) memesan powerbank ke saya. Nomor invoice saya INV/20190731/XIX/VII/347198785. Saya jual powerbank Vivan 22.400 mah, di keterangan barang tersebut saya sudah tulis hanya unit powerbank saja, dan kondisi saya sudah pilih bekas. Pas customer membeli saya sudah langsung kirim pesan “Saya pastikan lagi hanya kirim unit powerbank saja ya”.

Namun kagetnya saya ketika pada tanggal 2 Agustus melalui pusat resolusi pembeli itu komplain “SAYA MAU UANG SAYA KEMBALI :)“, dan ada capture customer dia marah-marah “Yang benar aja, barang sudah sampai, tapi sudah saya tolak, karena barang bekas, tidak ada kotak, sudah lecet-lecet semua, juga tidak ada kabel, kalau emang barang bekas, harusnya diinfokan kondisi barangnya, jangan seperti ini mbak”.

 

Mulai tanggal tersebut saya aktif di komplainan tersebut. Saya rasa barang tersebut harusnya sudah sampai ke pembeli, karena sudah tahu bekas, sebagaimana terlampir di chat tersebut. Berikut ini jawaban saya atas komplain tersebut:

4 Agustus 2019 22:34 WIB
saya rasa barang tersebut harusnya sudah sampai ke pembeli, krn sudah tau bekas, terlampir di chat tersebut

4 Agustus 2019 22:34 WIB
dan saya tidak bersedia mengembalikan dana, karena data yg saya tulis jelas, dan barang tersebutpun sudah saya kirimkan sesuai permintaan pembeli “”jne reg segera dikirim”

4 Agustus 2019 22:35 WIB
kondisi pembeli dropship pula, jadi saya rasa tidak fair kalau saya sebagai penjual harus mengembalikan dana, krn keteledoran jadi dropshiper. dan saya jelaskan lagi, saya sertakan informasi barang tersebut bekas, dan hanya unit. Jadi saya rasa tidak ada masalah sehingga harus di complain

6 Agustus 2019 12:08 WIB
Untuk bahan pertimbangan Tokopedia.

Lampiran ini customer dari dropshiper yang komplain KARENA kelalaian dropship dalam memberi informasi..

Karena di barang saya JELAS saya tulis keterangan bekas.

Yang saya pertanyakan, apa salah saya sebagai penjual yang sudah menulis rinci jelas dan sudah memastikan kembali melalui chat langsung? Apa karena kelalaian dropship dengan mengharap untung lebih banyak tapi tidak teliti membaca bekas atau baru harus membatalkan transaksi saya? Dan karena barang tersebut ditolak dan saya masukan data dropship, hingga hari ini tanggal 29 Agustus 2019 barang tersebut barang saya masih belum balik ke saya!! Buruknya pelayanan JNE tidak bisa tracking barang saya ada di mana sekarang.

Semoga kedepannya Tokopedia bisa lebih fair melihat dari berbagai sudut pandang.

Ferdinal Chandra
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:6    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Tokopedia Gegabah dalam Menyelesaikan Perselisihan antara Penjual dan Pembeli

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Gegabah dalam Menyelesaikan Perselisihan antara Penjual dan …

oleh Ferdinal Chandra dibaca dalam: 1 menit
1