Kecewa dengan Kebijakan Pengembalian Barang Bukalapak dan Pelapak “Abal-abal”

Surat terbuka kepada Yth.: (1) Admin Bukalapak (2) Lapak Tinta Pustaka Jogyakarta (3) Pelanggan Bukalapak
Perihal: Kebijakan Bukalapak dan Pelapak Abal-abal

Saya membeli via Bukalapak di pelapak “Tinta Pustaka” dengan judul buku “Etika Kepustakawanan. Suatu Pendekatan Terhadap Profesi Dan Kode Etik Pustakawan Indonesia” dengan nomor transaksi 192327492353, dibayar (15 Agu 2019, 19:15 WIB) dengan rincian:

Harga total barang: Rp38.000
Jasa pengiriman: Rp59.000
Jumlah yang saya bayar Rp97.000

Ternyata pelapak “Tinta Pustaka” entah sengaja atau tidak mengirim buku judulnya lain (buku novel) sehingga saya komplain.

Berdasarkan kebijakan Bukalapak pembeli harus segera mengirim, tentunya harus menanggung ongkir sebesar Rp44.000, sebab jika tidak dana saya akan diserahkan pada pelapak. Lagi-lagi pelapak diuntungkan. Apalagi pelapak tidak peduli dan tidak mau diajak chat, dia (pelapak) cukup klik setuju dan proses.

Tiba waktu yang ditetapkan ternyata pelapak juga tetap tidak mengirim barang pengganti sehingga Bukalapak mengembalikan dana pada pembeli sebesar Rp38.000. Di lain pihak pembeli telah mengeluarkan dana sejumlah Rp141.000 (Rp97.000+Rp44.000). Kesimpulannya saya sebagai pembeli rugi sejumlah Rp103.000 akibat kebijakan dan ulah pelapak yang tidak bertanggungjawab ini.

Harapan ke depan pelapak seperti ini jangan cuma diberi 3 feedback negatif tapi perlu blacklist (masukkan pada daftar hitam). Terima kasih.

Hormat saya,

Yusron Humonggio
Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 1.7]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Pembaca Bapak Yusron Humonggio

Jakarta, 9 September 2019 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal: Tanggapan Surat Pembaca tanggal 3 September 2019 yang...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Kecewa dengan Kebijakan Pengembalian Barang Bukalapak dan Pelapak “Abal-abal”

  • 3 September 2019 - (11:31 WIB)
    saya juga pernah, ditipu oleh pelapak di bukalapak saat pertama kali belanja. sejak itu sampai saat ini, tidak pernah dan semoga tidak akan berbelanja di bukalapak lagi.
    kredibilitas pelapak kurang terjamin
  • 3 September 2019 - (15:03 WIB)
    Sama saya juga ini terkena masalah di bukalapak. pelapak mengirim barang pada alamat yg entah itu alamat kolega pelapak atau bagaimana yg pasti bukan pada alamat saya. Namun karena sudah dikirim dan diterima oleh si X tersebut pihak kurir melakukan konfirmasi sehingga transaksi saya tertulis barang sudah diterima dan selesai. Mengajukan komplain barang pun tidak merubah keadaan karna sistem BL sendiri melakukan auto feedback jika sistem sudah mengatakan barang sudah dikirim dan diterima.
    Tidak puas saya melakukan komplain di fb bukabantuan namun tim mereka mengatakan transaksi saya tidak mengapa karena barang sudah saya terima. disini kecewa sekali saya sama keamanan bukalapak. Saya mendukung anda mengatakan pelapak seperti ini tidak perlu feedback negatif tapi blacklist karena banyak sekali akun bodong yg dibiarkan diijinkan oleh pihak BL beroperasi entah dg maksud dan tujuan apa

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Kebijakan Pengembalian Barang Bukalapak dan Pelapak R…

Yusron Humonggio 1 menit
2