Pelayanan Mengecewakan dari Shopee

Semoga tulisan saya bisa membantu dalam perbaikan sistem eskalasi dan follow up customer dari Shopee. Awalnya saya tertarik dengan aplikasi dari Shopee, saya pun mencoba memesan salah satu barang yang menurut saya paling menarik. Saya memesan barang dengan kode pemesanan: 19102016043CVHD. Jika surat saya dibaca petinggi Shopee mudah-mudahan dari nomor ini bisa dilacak historinya.

Saya menunggu pemesananan dan berpikiran positif mungkin sedang dalam pengiriman. Namun setelah beberapa hari barang tidak saya terima, saya coba chat penjual dan diinfokan barang sudah terkirim. Saya tidak sengaja menekan tombol pesanan telah diterima, sehingga saya coba sampaikan keluhan berharap ada solusi. Namun info dari admin Shopee saya dianjurkan untuk telepon penjual lagi untuk minta kirim barang ulang dan saya diminta track barang langsung ke kurir. Saya pun berpikir lalu untuk apa saya pesan barang di Shopee? Saya komplain, namun admin Shopee mengajak saya berdebat. Tidak ada follow up ke nomor hp saya yang selalu aktif dan telah saya daftarkan.

Semoga dengan surat ini bisa menjadi masukan untuk Shopee. Mungkin harga barang yang dipesan murah, namun paling tidak database kalian untuk nomor hp yang terdaftar bisa digunakan untuk follow up customer agar customer ada kepuasan walaupun memang harus merelakan dananya. Yang penting paling tidak pelayanannya ditingkatkan.

Memalukan sekali jika pelanggan marah hanya karena tidak ada follow up dari team leader. Buruknya siatem eskalasinya mudah-mudahan bisa diperbaiki.

Terima kasih.

Fenti Devita
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:56    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

16 komentar untuk “Pelayanan Mengecewakan dari Shopee

  • 28 Oktober 2019 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf kak setau saya kalu nggak sengaja klik tombol pesanan diterima bakalan muncul notif yang isinya kurang lebih setuju atau nggak pelepasan dana ke penjual terus ada tulisan batal sama konfirmasi, masa nggak sengaja bisa klik 2X apa mbaknya nggak baca sebelum klik konfirmasi? hehe sama-sama pengguna Shopee kak sekedar berbagi aja mungkin kakaknya khilaf nggak sengaja klik pesanan diterima sama nggak sengaja klik konfirmasi.

    • 30 Oktober 2019 - (01:01 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf jika anda membaca keluhan saya, disini saya tidak mempermasalahkan perihal barang atau tombol klik pesanan diterima 2x atau 3 kali seperti komentar anda ( Saya juga tidak mengetahui anda mengetahui dari mana saya klik 2x ) karena pesanan yg saya komplain itu hanya satu dengan no pesanan yang saya sebutkan diatas ( kecuali jika anda orang shopee yang dibayar untuk memberi komentar itu atau anda karyawan shopee sendiri 🙂

      Keluhan saya ditujukan untuk pelayanan admin shopee agar bisa lebih baik lagi dan seandainya ada follow up dari admin atau yang berwenang. Karena saya merasakan pelayanan dari aplikasi belanja online lain yang memberikan panduan dan follow up jika ada komplain yang tidak selesai di bagian chat.

      Jawaban admin terkesan seperti robot dan berulang serta tidak membantu dan mengulang2 perihal pengembalian dana. Saya hanya minta bantuan adakah dari admin yang bisa bantu saya track barang. Admin nya mengajak saya berdebat dan mengulang kata2 refund, padahal saya tidak minta refund.

      Saya hanya mempermasalahkan arahan admin yang tidak sesuai dan sekali lagi jika anda baca keluhan saya, saya tidak mempermasalahkan jika harus merelakan dana saya.

      Namun terimakasih untuk komentar anda dari yang “bertahun-tahun menggunakan shopee” dan semoga anda tidak menemui kendala tentang pelayanan ya. 🙂

  • 29 Oktober 2019 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Selamat pagi smart people.. Saya juga pengguna Shopee, udah berpuluh puluh kali membeli barang di shopee,bukan nya membela Shopee atau apa ya, ketika kita klik tombol “pesanan telah diterima” setau saya akan ada notifikasi kembali yang meyakinkan kita bahwa apakah pesannya tersebut telah benar benar kita terima dengan muncul nya tombol “batal” dan “konfirmasi” , nah, ketika mbak nya klik konfirmasi, apakah bisa dibilang itu “tidak sengaja”? Masa iya 2x klik tidak sadar. Tidak sengaja itu setau saya 1x. Jika sudah 2x itu namanya kecerobohan. Jika sudah 3x bisa dikatakan bodoh. Jika mbak nya belum menerima pesanan kenapa iseng iseng klik pesanan diterima, 2x lagi 😀 bukan nya membela Shopee,saya jg awal awal berbelanja dulu pernah iseng klik pesanan diterima karena penasaran fungsinya apa,tetapi untuk yg kedua kali,saya tekan “batal” karena saya sadar saya belum menerima pesanan. Overall,jadilah buyer yang smart. Jangan menjudge sesuatu buruk jikalau itu karena kecerobohan kita sendiri. Bukan hanya untuk permasalahan ini,namun untuk yang lain juga agar kita tidak mendapat karma dikemudian hari.

    • 30 Oktober 2019 - (01:36 WIB)
      Permalink

      Wuidih smart komentator. Tapi kayaknya ngga nyambung bro ama ulasan mbaknya diatas. Keluhannya soal pelayanan adminnya bro dan memang dibandingkan dengan yang lain biasanya ada yang telp dari pihak marketplace nya.

      Shopee nya kayaknya disini juga salah deh, dari gambarnya kalo pembeli udah marah begitu masih nanya no hp lagi kayak ga niat mau bantu juga padahal biasanya data no hp pembeli ada.

      Yah saya juga pernah ada pengalaman jelek waktu beli barang di shopee akhirnya kapok dan setuju kalo pelayanan adminnya jelek banget.

      (bukan aplikasinya dah kayaknya yang bermasalah, tapi adminnya).

      Yang sabar yah mbak…

    • 30 Oktober 2019 - (03:09 WIB)
      Permalink

      Saya duga komentar ini memang tidak sinkron dengan tulisan diatas.

      Tulisan diatas sepertinya membahas tentang pelayanan CS Shopee yang memang kebanyakan tidak cerdas menangani permasalahan, bukan tentang aplikasinya.

      Permasalahan tentang pelayanan CS juga saya alami dan beberapa teman saya juga mengeluhkan CS shopee yang seperti robot dalam memberikan edukasi ke pembeli.

  • 29 Oktober 2019 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna shopee bertahun2, tak pernah ada kendala sama sekali. Bukan membela atau bagaimana, setiap platform shop online apa saja pasti memastikan agar user berhati2 dalam transaksi. User juga wajib bijak memakai aplikasi, tidak perlu mengklik pesanan diterima jika barang belum sampai di tangan.

  • 29 Oktober 2019 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Saya jg pengguna shopee bertaun2. Tp saya jg baru saja mengalami kejadian ngk enak d shopee. Saya order 2pc barang tp penjual hnya mengirim 1pc brg. Saya coba mghubngi penjual, tp penjual sgt2 tdk responsif. Akhirnya mnta bantuan pihak shopee. Dg sgala kerumitan krn penjual yg tdk responsif trsbt, akhirnya penjual mw mengembalikan dana seharga 1pc brg. Tp tdk dg kelebihan ongkirnya, pihak shopee pun tdk mw mmbntu, hnya meminta saya brhubungan dg penjual dluar shopee utk urusan pngembalian ongkir yg berlebih. Tp mmg dsr penjual tdk baik, tdk mrsa brslh. Mrsa urusan slsai hnya dg mngmbalikn dana seharga kekurangan brg, ongkir yg berlebih nya tdk mw dia gnti. ??

    • 30 Oktober 2019 - (01:06 WIB)
      Permalink

      Betul mba. Intinya semoga kedepannya Shopee bisa betul – betul bisa membantu customer jika ada kendala seperti ini karena selain fungsinya sebagai marketplace juga bisa menjadi penengah antara pembeli dan penjual dan bisa memberikan solusi / panduan tepat untuk membantu jika pemesan ada kendala ya mba.

  • 30 Oktober 2019 - (02:22 WIB)
    Permalink

    Kayaknya memang adminnya yang bermasalah deh.

    Saya juga pengguna shopee yang juga ada kendala yang sama waktu ada keluhan. Memang nggak ada telp dari pihak shopee dah waktu saya komplain banget.

    Sempet ketawa liat balasan komentarnya dan memang kayaknya mencurigakan sih, karyawan shopee nya sendiri. Tapi mudah-mudahan nggak ya.

    Tapi yah semoga keluhannya dibaca shopee dah ya biar diperbaiki, semoga kalo saya ada keluhan nanti, ada admin yang bisa responsif dan ga kayak yg saya alami juga waktu komplain beberapa kali adminnya kayak robot ngasih solusi yang ga nyambung. Hehehe.

    Salam
    Ifsan

  • 30 Oktober 2019 - (02:30 WIB)
    Permalink

    Membaca artikel dari penulis @fenti-d diatas, tampaknya kesalahan ada di penjual, cuma CS dari olshop kurang cerdas dalam menanggapi masalah konsumen.

    Terlepas dari ketidaksengajaan pembeli dengan meng-klik tombol “pesanan telah diterima” tetapi kasus ini tidak terjadi jika penjual benar-benar telah mengirimkan barang sebagaimana diinfokan melalui chat. Karena, jika barang telah dikirim oleh penjual melalui kurir, seharusnya barang tetap terkirim ke pembeli dan ketidaksengajaan pembeli dengan menekan tombol barang telah diterima tidak berpengaruh.

    Shopee sebagai perantara seharusnya bisa menjembatani dan menyelesaikan kasus diatas, sehingga tidak ada yang dirugikan. Shopee bisa meminta bukti resi / bukti pengiriman barang kepada penjual sesuai kode pesan diatas.

    Kasus diatas sebenarnya sederhana tapi menjadi rumit karena kurangnya aware dan ketidakprofesionalan pihak terkait dalam menangani sebuah permasalahan atau komplain. Seringkali CS seperti robot, tidak mampu menangani masalah dan memberi layanan yang baik.

  • 30 Oktober 2019 - (03:01 WIB)
    Permalink

    Jika berdasarkan tulisan dari penulis, memang ada kesalahan dari CS Shopee.

    Seharusnya CS bersifat sebagai penghubung antara pembeli dan penjual tapi sepertinya terjadi miss-communication antara CS dan penulis, sehingga kasus ini sebenarnya mudah tapi jadi rumit karena CS nya salah memberikan solusi.

    Penulis sepertinya minta bantuan track barang tapi CS nya membahas masalah pengembalian dana.

    Untuk hal ini, mungkin pihak direksi Shopee perlu menindaklanjuti CS tersebut dan diberi training lagi. Jika pembeli sudah marah dan kecewa seperti percakapan di image berarti trigger dari masalah ini memang benar dari CS nya.

    Terlepas dari penulis tidak sengaja menekan pilihan pesanan diterima, CS tidak seharusnya menjadi robot dan terkesan abai dengan keluhan pembeli.

    Sangat bagus artikelnya semoga bisa dijadikan pembelajaran untuk direksi dan CS. Saya juga pernah mengalami kendala yang sama dan memang tidak ada tanggapan atau respon berupa telp atau pesan dari pihak shopee. Intinya shopee lemah dalam hal respon dan cara edukasi ke pembeli.

    Salam hangat,

    Kirana

  • 30 Oktober 2019 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru mau komplain masalah yang sama tentang keluhan pelayanan cs shopee. Tapi artikel ini sudah mewakili keluhan saya karena kendala nya sama.

    Notofikasi pesanan sudah diterima muncul, tapi ketika saya tanya keluarga saya yang ada dirumah, ternyata barang yang saya pesan belum ada.

    Saya minta solusi ke cs tapi diarahkan untuk minta penjual kirim barang lagi dan cs membahas berulang pengembalian dana tidak bisa dilakukan, padahal saya belum minta dana dikembalikan.

    Berarti memang aturan menangani keluhannya seperti itu dari shopee. Dan menurut saya pelayanan cs nya 0, walaupun aplikasi nya bagus, jadi percuma.

    Konsumen bingung mengharapkan solusi, tapi cs bertindak salah yah wajar jika konsumen jadi marah.

    Saya juga memesan barang dari tokopedia dan buka lapak, tapi jika ada keluhan yang belum selesai saya dihubungi oleh cs untuk menjelaskan kendalanya dimana, sehingga saya menjadi lebih tenang.

    Semoga pihak shopee menjadi lebih bijak dalam hal ini, dan menurut saya tulisan diatas sudah bagus agar bisa ada perbaikan dari sisi pelayanannya mengingat saya juga mengalami kendala yang sama.

    Berdasarkan gambar percakapannya sepertinya ada pemicu dari CS nya yang menyebabkan konsumen sampai semarah itu.

  • 2 Desember 2019 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal buruk bayar tagihan dgn shopee, menghubungi cs cuma di suruh tunggu- tunggu terus gak berkesudahan. Kapok saya bayar tagihan pake shopee, sangat sangat buruk penanganan komplain nya lama gak selesai2, sistemnya juga buruk. Semoga gak ada lagi korban selanjutnya, bener2 rugi waktu tenaga pikiran urusan sama shopee, cs nya gak berguna dlm menangani keluhan krn tetep aja nunggu lama gak ada kejelasan.

  • 19 Desember 2019 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Permasalahan saya bukan karena kesalahan kirim baik Quantity atau kesalahan produk, tetapi saya hanya merasakan cara kerja dr pihak pemilik barang terlalu lambat, contoh saja kita pesan kemaren sampai hari ini saat di cek di web barang masih di kemas belum terkirim, so waktu yg di berikan shopee terlalu lama 3hr ( mulai pesan – hingga kirim bagi si pemilik barang harus mengirimkan barang ke konsumen ). Harusnya kita pesan pemilik barang langsung gerak cepat, contoh : saya pesen di A hanya hitungan jam kmdn saya cek web udah di kirim dan keesokkan hari barang datang, kalau di shopee kenapa memakan waktu 2-3hr bahkan lbh. Ya itu aja supaya dr pihak shopee bisa menegaskan kepada para pelapak/penjual lbh cepat dlm pengurusan pesanan.

  • 19 Desember 2019 - (16:59 WIB)
    Permalink

    saya kecewa sekali hari ini …. pesan dr kemaren siang sampai hari ini statusnya masih di kemas ….. sepertinya si pelapak ga niat berdagang. Sbg pedagang kita ngejar bola juga kali ya bukan menunggu bola, dan parahnya saat bola datang cuma di tangkap tok. Saya juga pedagang bukan pengguna barang yg saya cari, jadi management shopee please kasih arahan ke pelapak untuk gerak cepat.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Mengecewakan dari Shopee

oleh Fenti D dibaca dalam: 1 min
16