Voucher dari Promo Tokopedia Permata Me Tidak Bisa Dipakai

Saya adalah salah seorang pelanggan Tokopedia yang terbilang puas dengan layanan Tokopedia selama ini. Ini adalah surat saya yang kedua di Media Konsumen kepada Tokopedia, setelah sebelumnya masalah saya yang sebelumnya selesai dengan baik setelah surat terbuka saya dimuat di Media Konsumen.

Masalah bermula ketika pada awal Bulan Oktober 2019 ini saat saya membuka Rekening Permata Me iB saya dengan menggunakan promo kerjasama antara Bank Permata dengan Tokopedia. Yaitu dengan memasukkan kode voucher METPD pada saat apply pembukaan Rekening Permata Me iB saya melalui aplikasi Permata Mobile-X. Sehingga pada tanggal 23 Oktober 2019 saya mendapat kode voucher 100 ribu yang dikirimkan melalui SMS ke HP saya untuk berbelanja di Tokopedia; dan sisa kekurangannya bisa dibayar dengan menggunakan metode pembayaran Debit Online menggunakan Kartu Permata Me.

Pada tanggal 23 Oktober 2019 saya langsung mencoba berbelanja ‘Ban luar motor’ dengan menggunakan voucher ini (total harga barang + ongkos + asuransi + biaya layanan sebesar Rp161.357). Voucher sukses memotong sebesar Rp. 100 ribu sehingga kekurangannya sebesar Rp61.357 hendak saya bayarkan dengan menggunakan metode pembayaran debit online menggunakan Kartu Permata Me iB saya.

Namun anehnya, setiap kali mau bayar selalu muncul tulisan “Anda telah melebihi batas penggunaan kartu kredit. Silakan gunakan metode pembayaran lainnya”. Saya coba juga menggunakan Kartu Debit Permata Me konvensional saya namun tetap tidak bisa. Padahal saya hendak menggunakan metode pembayaran ‘Debit Online’ bukan metode pembayaran ‘Kartu Kredit’. Juga seingat saya, saya tidak pernah menggunakan metode pembayaran kartu kredit di Tokopedia karena saya memang tidak punya kartu kredit.

Saya sudah mengajukan komplain ke CS Tokopedia di Twitter dari tanggal 23 Oktober 2019, sampai saat ini 25 Oktober 2019 pukul 21.50, namun tidak membuahkan hasil apa-apa. Mulanya CS menjanjikan paling lama 1 x 24 jam kendala sudah teratasi, namun ternyata tetap tidak bisa. Saya sudah mencoba bertransaksi setiap hari dari tanggal 23-25 Oktober, namun selalu muncul tulisan “Anda telah melebihi batas penggunaan Kartu Kredit. Silakan gunakan Metode Pembayaran lainnya”.

CS Tokopedia malah minta saya untuk memakai kartu debit online lainnya karena kartu debit saya tidak bisa memenuhi syarat. Padahal saya mendapatkan voucher ini dari promo pembukaan rekening Permata Me. Kenapa saya tidak bisa menggunakan kartu debit online Permata Me iB atau Permata Me konvensional saya?

Sebagai catatan kartu debit online yang hendak saya pergunakan dalam keadaan aktif, normal, dan saldo mencukupi. Kartu debit online saya bisa digunakan untuk top-up E-wallet dan belanja di e-Commerce lain tanpa kendala sama sekali. Ada juga CS yang meminta saya mendaftarkan kartunya terlebih dahulu di akun Tokopedia:

Saya turuti saran dari CS tersebut, kartu berhasil saya daftarkan (25 Oktober 2019) tapi ketika hendak membayar terjadi kendala persis seperti sebelumnya (kartu segera saya hapus lagi dari akun Tokopedia setelah gagal melakukan pembayaran demi keamanan kartu debit saya). Saya heran kok bisa begini?

Saya juga meminta agar CS menelepon saya agar bisa berbicara leluasa. Namun entah kenapa CS Tokopedia mengaku bahwa setiap kali mencoba telepon ke nomor saya selalu rejected, padahal di HP saya tidak ada notifikasi telepon sama sekali dan saya selalu stand by di samping HP saya. Saya juga sudah memberi nomor telepon saya yang lain, tapi belum ada notifikasi panggilan sampai surat ini selesai saya tulis 25 Oktober 2019 pukul 21:57.

Christianto Hardono
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:2    Rata-Rata: 4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Voucher dari Promo Tokopedia Permata Me Tidak Bisa Dipakai

  • 29 Oktober 2019 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Terima kasih banyak untuk MediaKonsumen …masalah sudah selesai berkat kalian…begitu surat pembaca saya dimuat masalah langsung beres, kalau ga capek berdebat sama CS yang jawabannya diulang2 & Tim Tokopedia hari ini 29 Oktober 2019 menghubungi saya sekitar Pukul 10 pagi lebih padahal sebelum2nya mereka selalu bilang tidak dapat menghubungi saya karena nomor HP saya selalu mereject panggilan dari mereka

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Voucher dari Promo Tokopedia Permata Me Tidak Bisa Dipakai

oleh CHRISTIANTO HARDONO dibaca dalam: 2 min
1