Masalah Upgrade Akun Premium DANA

Nama saya R. Lucky Ambari. Pada tanggal 21 November 2019 saya melakukan top up ke akun DANA via Alfarmat sebesar Rp1.100.000, dan top up pun sukses. Dengan maksud akan melakukan transfer ke bank lain dengan menggunakan DANA. Namun saya lupa bahwa pada saat itu akun saya masih berstatus basic, belum upgrade ke premium, sehingga tidak bisa melakukan proses transfer/tarik dana.

Saya pun mencoba melakukan upgrade ke akun premium dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh DANA, yaitu: Verifikasi Wajah, dan Upload Foto E-KTP. Namun proses verifikasi selalu gagal dengan alasan dokumen identitas yang anda gunakan bukan e-KTP/KTP. Padahal data yang saya masukan adalah e-KTP Asli walaupun tanggal lahir pada e-KTP saya tergores/kurang jelas. Yah mungkin karena tanggal lahir saya kurang jelas verifikasi pun gagal, saya maklumi.

Lalu saya mencoba menghubungi Pihak DANA melalui CS DANA yang ada di Facebook, dan Instagram. Mereka memberikan solusi kepada saya untuk melakukan verifikasi dengan mengirimkan persyaratan, antara lain:

1. Nama yang terdaftar di DANA
2. Nomor handphone yang terdaftar di DANA
3. Tanggal melakukan verifikasi
4. Keterangan yang muncul dalam bentuk screenshot
5. Saldo terakhir di DANA
6. Tanggal dan waktu transaksi terakhir di DANA (selain Top Up)
7. Nominal transaksi terakhir di DANA (selain Top Up)
8. Merchant/jenis transaksi terakhir di DANA (selain Top Up)
9. Foto pembanding SIM/Ijazah (jelas/tidak buram) asli bukan dalam bentuk scan
10. Foto KTP asli bukan dalam bentuk scan
11. Foto Selfie+KTP
Bahkan Foto Kartu Keluarga Asli.

Persyaratan di atas pun saya lengkapi dan saya kirimkan via email help@dana.id.

Namun yang saya sesalkan respon dari CS Dana yang kurang responsif dan jawabannya terkadang muter-muter. Jika ada update akan kami hubungi (ujar CS Dana). Namanya JIKA, mungkin iya mungkin tidak (dalam benak hati saya).

Akhirnya saya emosi, dan terus menerus menanyakan ke pihak DANA dengan melaui email, Instagram dan Facebook baik chatting maupun memberikan komentar. Jawabnya pun yah gitu-gitu aja. “Mungkin saya harus sabar”

Lalu saya menanyakan ke CS DANA via telepon berapa lama akun saya upgrade ke premium? Jawabnya: “Harap menunggu, jika ada update akan kami hubungi.“. Perihal permasalahan di atas yang saya hadapi, intinya harus ada kejelasan dari Pihak DANA dan jangan bikin ribet, supaya dari kedua belah pihak baik antara konsumen atau pun DANA bisa berjalan nyaman dan lancar.

Saya menanyakan terus ke pihak DANA mengenai perihal akun saya, karena saldo yang ada di dalam akun milik saya akan digunakan untuk kebutuhan.

Terima kasih.

R. Lucky Ambari
Garut, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:18    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan DANA atas Surat Bapak Lucky Ambari

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Lucky Ambari yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi konsumen...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Masalah Upgrade Akun Premium DANA

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Masalah Upgrade Akun Premium DANA

oleh lucky_ambari dibaca dalam: 2 min
6