Pembajakan Kartu Kredit BRI Melalui Bukalapak Terjadi Lagi!

Surat ini saya tulis pada tanggal 1 April 2020 pukul 18.45 WIB.

Saya baru saja mengalami kejadian yang nyaris SAMA PERSIS dengan Kasus Pembajakan Kartu Kredit BRI via Bukalapak tahun 2019 yang dialami oleh Bapak Slamet Waluyo.

Langsung saja, begini kronologinya:

  • Saya mengaktifkan kartu kredit pada tanggal 30 Maret 2020, dan kartu terkonfirmasi aktif pukul 15:37 WIB.

 

  • Di hari yang sama, tanggal 30 Maret 2020 pukul 15:56 WIB saya mendapat notifikasi email dari Bukalapak bahwa ada transaksi Bukalapak senilai Rp 14.896.648 pada pukul 15:46 WIB (hanya selisih 10 menit dari konfirmasi aktifnya kartu).

 

  • Dari pihak Bank BRI, memblokir kartu pada tanggal 30 Maret 2020 pukul 22:32 WIB (notifikasi via SMS) dikarenakan adanya transaksi meragukan/mencurigakan.
  • Saya sudah menghubungi call center BRI (nomor laporan 27708830), diminta untuk menunggu email dari BRI yang berisi formulir penyanggahan dan kronologi transaksi. Lalu diminta untuk menghubungi Bukalapak.
  • Saya sudah menghubungi call center Bukalapak, dan katanya akan dilakukan pengecekan.

============================================

Berbeda dengan kasus Bapak Slamet Waluyo yang ternyata setelah 2 bulan pengecekan ternyata beliau tetap mendapat tagihan dari pihak Bank BRI, saya belum mencapai fase dimana saya mendapatkan tagihan tersebut.

Apabila nantinya saya tetap diharuskan untuk tetap melunasi tagihan, saya meminta pihak Bukalapak untuk pro aktif dan sigap dalam menindaklanjuti pembajakan kartu kredit BRI saya di Bukalapak.

Dan dengan tertulisnya surat berisi kronologi ini, saya juga meminta pihak Bukalapak untuk bertanggungjawab dengan mengembalikan dana yang sudah terdebit di kartu kredit saya.

Terima kasih.

Elisabeth Yopa Aretta Sakti
Yogyakarta


 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BRI:
[Total:40    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Bukalapak Atas Surat Ibu Elisabeth Yopa Aretta Sakti

Jakarta, 14/04/2020 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal: Tanggapan Surat Pembaca tanggal 13 April 2020 yang berjudul “Pembajakan...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Pembajakan Kartu Kredit BRI Melalui Bukalapak Terjadi Lagi!

  • 13 April 2020 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Dana sy raib menurut sy dr m banking sy tp bkn dr nmr sy yg di gunakan,,tp pihak bri sndr jk di tanya kasus sy hny blg msh dlm investigasi dan dr bri smpe skrg pun blm ngasi kejelasan ttg kasus sy,,bahkan sy yg hrs aktif unk tlf call center dan lg” sy hny trima jwb an tggu msh dlm proses investigasi,sprt nya kasus yg sm pun sdh bnyk tp pihak bri seolah” mengabaikan sj,sy kecewa ,,pdhl sdh lama jg nabung di sn.sy mohon ojk bs bantu ato lps,trimakasih

  • 13 April 2020 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Sy jg mengalami pembajakan KK BRI via Bukalapak,sy berdomisili di bali tp ada transaksi bukalapak di jkt,kasus ini terjadi tgl 6 maret 2020 dan tp sampai hari ini sy tdk dpt jawaban yg memuaskan dr BRI, bahkan tagihan KK itu sudah ada??

    • 13 April 2020 - (15:39 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami pembajakan kartu kredit BRI saya pada tanggal 23 Maret 2020 melalui Bukalapak Jakarta pada hal saya tinggal di Batam, sudah melapor ke BRI dan menghubungi pihak Bukalapak yah gitu uang ku tetap TDK bisa kembali katanya,ayo tmn2 yg merasa kita senasib kita bersama sama mengusut.

  • 13 April 2020 - (18:27 WIB)
    Permalink

    sama saya juga mengalami hal serupa sampai sekarang tanggapannya belum ada kejelasan dan uang saya sudah raib klo mau lapor polisi saja inikan kasusnya sudah banyak kasian klo ada korban lagi ketika kita sedang butuh uang dengan situasi seperti ini malah ditipu @kartukreditbca @bukalapak.com @bukabantuan @bank_indonesia @ojk

  • 13 April 2020 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Buat teman teman semua, harus selalu waspada apabila ada oknum yg menelpon anda mengatasnamakan pihak bank dengan berbagai macam tawaran salah satu nya ingin meregister kartu kredit anda atau meng gratiskan annual fee kartu kredit anda dengan modus meminta nomor kartu kredit anda beserta kode cvc (3angka di belakang kartu), kemudian jangan pernah memberikan kode otp kepada siapapun juga. Intinya pihak bank tidak pernah meminta nomer kartu dan kode cvc konsumen. Tetap selalu waspada

  • 14 April 2020 - (06:07 WIB)
    Permalink

    sama saya juga mengalami persis seperti kaka bilang ,tepatnya kemarin tgl 13 april 2020,kaka bisa inbox saya di mesengger,saya ingin bertanya lebih lanjut,🙏🙏🙏

    • 10 Mei 2020 - (23:00 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami kejadian persis 30april2020. Kartu kredit BRI saya kena fraud di bukalapakcom

  • 14 April 2020 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah di bajak juga lewat tokopedia, melalui kartu debit BRI, sekarang hijacker udh jago semua.
    Waktu itu, dia nelpon, mengaku sbg karyawan BRI dgn nama maaf lupa, minta no kartu ATM anda, krn poin anda sudah mencapai 1500 dan berhak mendapat hadiah dr kantr BRI terdekat, krn tergiur maka sy sebut lah no kartu saya, dan begitu sy sebut.. Masuk lah notifikasi belanja dr Tokopedia.. Tapi sipelaku apes, krn transaksi debitnya gagal, krn saldo sy waktu itu di bwah keinginan yg mau di auto debet nya. Tpi saya dpt pelajaran dr cyber crime nya.. Lain kali kita harus waspada terhadap hal2 sprti ini..

  • 10 Mei 2020 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Ibu Elisabeth Yopa, saya juga 30 April lalu mengalami kejadian hampir serupa dengan ibu’. Terdapat transaksi di Kartu Kredit BRI saya sebesar Rp. 14.900.757 Pada pukul 11:56 siang di bukalapak.com padahal Cc saya itu juga baru saja diaktifkan. Saya juga domisili yogyakarta. Bisa jadi ini pelaku yg sama.

    Kartu kredit itu saya bikin via Traveloka pay later secara online. Untuk mendapatkan diskon pesawat atau hotel kalau saya ingin travelling. Dan sangat mudah utk mendapatkannya.

  • 20 Juli 2020 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Halo semuanya,
    akhirnya kami berdua memutuskan untuk membayar tagihan dari BRI senilai 14juta.

    Karena apa?

    Karena tidak ada followup dan progress yang jelas dari semua pihak, sistem dari kepolisian makan waktu lama dan belum jelas, plus denda tagihan dari bank BRI yang terus membengkak (seharusnya kalo kena kasus gini kan bisa di freeze dulu kan ya tagihannya?).

    Kami sudah dapat (cari sendiri) informasi mengenai lokasi rumah si pelaku, identitas pelaku, relasi, aktifitas, dll hanya dengan menggunakan informasi secuil yang akhirnya diberikan oleh pihak Bukalapak. Selanjutnya mau kami proses sendiri aja.

    Btw si pelaku baca artikel ini juga loh.. :p

    Jadi buat semuanya, hati2 ya..
    Dan lebih baik belajar jadi Scammer aja, cepet kaya, soalnya kalo lapor ke pihak2 yang berwenang/berkaitan udah pasti lambat prosesnya, ato bahkan ga diproses sama sekali, yang akhirnya korban mau ga mau tetep harus bayar expenses nya si pelaku wkwkwkw.

    sekian dan terimakasih, jayalah terus Indonesiaku~

    • 20 Juli 2020 - (22:17 WIB)
      Permalink

      Kok bisa tau pelakunya baca artikel ini gan? Itu transaksinya dipake buat belanja barang, bukan produk digital? 🤔

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BRI?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Pembajakan Kartu Kredit BRI Melalui Bukalapak Terjadi Lagi!

oleh yg dibaca dalam: 1 menit
13