Shopee Tidak Menepati Janji Refund dan Terus Mengulur Waktu

Saya membeli voucher deal toko roti Tous Les Jours dari toko online Shopee. Sayangnya karena situasi pandemik saat ini, banyak toko dan tempat yang tutup, termasuk toko roti tersebut. Saya pun lalu melaporkan masalah ini ke customer service Shopee di Twitter pada tanggal 2 April 2020.

Permasalahan saya pun dijawab dan mereka mengatakan bahwa saya tidak perlu khawatir bahwa uang saya akan di-refund karena nanti pihak Shopee akan memberikan notifikasi di aplikasi. Terdengar membantu, tapi sekaligus membuat bingung, dari mana Shopee tahu mana voucher yang saya beli dan akun saya? Karena mereka tidak menanyakan hal itu. Saya lalu menanyakan lebih detail mengenai mekanismenya, namun jawaban yang diberikan masih belum jelas. Hingga akhirnya saya diberikan jawaban bahwa kendala saya akan dilanjutkan via email. Mereka meminta saya mengecek email.

Setelah mengecek email, saya diminta memberikan detail mengenai masalah yang saya alami. Agak aneh karena sebelumnya saya sudah dimintai detail yang sama via Twitter. Oke tidak masalah, saya pun memberikan detail yang sama, termasuk screenshot voucher yang saya beli.

Besoknya saya dijelaskan bahwa masalah saya tidak bisa dibantu karena voucher sudah expired dan mereka menyalahkan saya karena terlambat melakukan komplain. Tentu saja saya protes karena saya sudah melakukan komplain via Twitter ShopeeCare sebelum masa berlaku voucher berakhir. Setelah memberikan bukti komplain saya di Twitter, barulah mereka bilang akan dilakukan pengecekan kembali dan akan memberikan jawaban dengan estimasi 5 hari kerja (terhitung dari tanggal 10 April 2020).

Namun janji hanyalah janji. Hingga saat ini tidak ada respon lagi ke email saya. Saya menanyakan hal ini via email, namun tidak ada balasan sama sekali. Saya komplain lagi ke Twitter pun mereka hanya meminta saya menunggu karena kendala saya masih diproses tanpa memberikan estimasi waktu.

Kesabaran saya sudah habis. Saya merasa tidak ada itikad baik dari pihak Shopee untuk mengembalikan uang saya. Dari yang awalnya dijanjikan akan segera merefund uang saya, hingga lalu dialihkan ke email dan dicek lagi, hingga saat ini tidak ada informasi lagi dari mereka. Saya pun memutuskan membuat surat aduan mengenai masalah ini di Media Konsumen.

Sungguh mengecewakan layanan customer service Shopee. Apakah sebegitu lamanya proses melakukan refund uang konsumen?

Hary Gimulya
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:4    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Shopee Tidak Menepati Janji Refund dan Terus Mengulur Waktu

oleh Hary Gimulya dibaca dalam: 1 min
0