Perlakuan Tidak Sopan Petugas XL Center Denpasar City Square

Pada tanggal 28 April 2020, saya mengunjungi XL Center di Denpasar City Square untuk melaporkan kendala internet yang saya alami lebih dari 5 bulan di nomor XL Prioritas saya yang ketiga dengan nomor 4 digit terakhir XXX9333. Dikarenakan jarak XL Center terdekat yang berjarak sekitar 40 KM dari rumah saya dan kesibukan yang saya miliki, saya pun berusaha mencari waktu yang tepat agar bisa segera mendatangi XL Center terdekat.

Ketika saya memiliki waktu, rupanya XL Center sudah tutup atau mengalami gangguan pada sistem sehingga saya tidak dapat terlayani. Hingga akhirnya dikarenakan situasi saya sekarang yang sudah tidak lagi bekerja, saya pun akhirnya bisa mendatangi XL Center di Denpasar City Square.

Saya pun menginformasikan kepada petugas bahwa saya mengalami keluhan kepada nomor XL Prioritas saya dan diberikan nomor antrian prioritas. Tetapi rupanya saya tidak dipanggil-panggil sampai lebih dari satu jam dan bahkan orang yang datang setelah saya mengambil nomor antrian bisa dipanggil lebih dulu dibandingkan saya.

Setelah saya menjelaskan perihal gangguan yang saya alami serta menjelaskan kenapa saya baru bisa melaporkan gangguan ini sekarang, pihak XL Center Denpasar dengan angkuhnya berkata bahwa ini murni kesalahan saya dan mereka tidak mau membantu apa-apa. Pihak XL Center dengan angkuhnya juga mengatakan bahwa saya harus tetap membayar tagihan XL Prioritas saya sebesar IDR 556,000 saat itu juga apabila saya tidak mau kehilangan nomor saya.

Saya yang saat itu sudah kelelahan akibat terlalu lama menunggu berjam-jam dan tidak mendapatkan pelayanan yang baik akhirnya membanting laptop milik CS tersebut dan saya memukul tangan saya ke meja kaca karena tidak kuat menahan emosi saya akibat ucapan dan tutur kata yang tidak sopan dari petugas customer service yang menuduh saya mengada-ada serta berbicara dengan nada yang tidak sopan. Saya bahkan disebutkan tidak tahu diri karena sudah mendapatkan nomor XL Prioritas ini secara gratis tanpa membayar uang apapun.

Bahkan pihak security dari pemilik gedung tempat XL Center itu berada datang menemui saya untuk menanyakan mengapa saya sampai emosi seperti itu. Setelah saya jelaskan, pihak security dari gedung tersebut justru meminta pihak XL Center untuk punya empati dan perlakuan yang baik terhadap keluhan yang sudah saya sampaikan. Tetapi seluruh karyawan di XL Center Denpasar City Square dengan angkuhnya akan mengusir saya apabila saya tidak mau membayar tagihan saya yang saya sanggah dikarenakan saya tidak bisa menggunakan internet saya sedikitpun tetapi dipaksa untuk membayar.

Pihak XL Center pun dengan nada yang tidak enak mengatakan saya hanya perlu membayar setengah dari tagihan saya karena mereka mengatakan bahwa gaji mereka akan dipotong untuk membayar tagihan saya. Saya yang sudah emosi dan harus pergi ke dokter karena urusan kesehatan akhirnya membayarkan terlebih dahulu dan berusaha mendatangi kantor XL di Sunset Road setelah urusan kesehatan saya diselesaikan untuk melaporkan kejadian ini dengan harapan saya bisa mendapatkan solusi yang lebih baik.

Sesampainya saya di XL Center Sunset Road, saya melaporkan kejadian ini kepada pihak terkait dan mereka meminta maaf atas kejadian buruk yang saya alami di XL Center Denpasar City Square. Bahkan pihak CS pun membantu saya sebaik mungkin agar kendala ini dapat terselesaikan dengan baik. Pihak CS yang membantu (Ibu Aigin) menyarankan agar besok pagi saya kembali lagi ke XL Center Sunset Road dari pagi hari agar bisa diselesaikan dengan baik.

Keesokan harinya saya kembali ke XL Center Sunset Road dengan harapan saya bisa terlayani dengan baik dan permasalahan ini selesai, rupanya pihak XL Center Sunset Road tidak bisa berbuat terlalu banyak dan saya disarankan untuk menghubungi customer service di Jakarta untuk membicarakan masalah kompensasi karena XL Center Sunset Road tidak memiliki kewenangan untuk masalah itu.

Setelah saya menghubungi XL Customer Care melalui telepon, saya berbicara dengan ibu Tari selaku CS dan saya menjelaskan semua problem yang saya alami. Tetapi justru pelayanan yang saya dapatkan lebih buruk dari yang saya bayangkan. Mereka pun tidak mau memberikan kompensasi 100% kepada saya atas tagihan yang harus saya bayarkan dengan alasan saya sudah menggunakan internet sebesar 27 GB yang dimana ketika saya meminta bukti pemakaian tersebut, ibu Tari selaku CS menolak memberikan data tersebut dengan alasan kepentingan perusahaan.

Saya pun akhirnya mengatakan kepada ibu Tari bahwa saya akan menuliskan keluhan saya ini di media sosial dan surat pembaca dikarenakan saya sudah diperlakukan secara kasar dan ditipu oleh pihak XL tanpa sedikitpun ada rasa empati terhadap problem dan situasi yang saya alami saat ini.

Dengan ditulisnya surat pembaca ini, saya berharap pihak terkait dari XL Axiata memberikan penjelasan mengapa permintaan saya untuk bukti konkrit penggunaan internet saya sebesar 27 GB ditolak dan saya ingin adanya kompensasi penuh atas tagihan sebesar Rp. 280,000 yang sudah saya bayarkan padahal saya pun tidak pernah dapat menggunakan internet sedikitpun dari situ.

Padahal saya sebelumnya membayar paket bundling sebesar Rp. 10,800,000 untuk mendapatkan paket XL untuk 24 bulan dan saya hanya bisa menggunakannya dalam waktu beberapa bulan saja dan tidak bisa segera datang ke XL Center dikarenakan keterbatasan waktu, jarak serta kesibukan yang saya miliki saat itu.

Saya juga meminta agar XL Center Denpasar City Square memberikan permintaan maaf secara tertulis kepada saya atas perlakuan yang tidak menyenangkan akibat kata-kata yang dilontarkan kepada saya pribadi tanpa adanya sedikitpun rasa empati.

Saat ini saya sudah benar-benar kecewa dengan kualitas pelayanan dari XL setelah menjadi pelanggan setianya bertahun-tahun lamanya.

I Made Mahendra Budhiastra
Ubud, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:44    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

12 komentar untuk “Perlakuan Tidak Sopan Petugas XL Center Denpasar City Square

  • 2 Mei 2020 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Apa yang di tulisan Kan disini Juga sama Dengan kejadian Saya terjadi di XL Puri vads Adisucipto yogyakarta pelayanan nya sangat tidak membantu Dan customer service nya sangat angkuh Dengan jawaban yang singkat Dan yang aneh nya satpam nya sangat aneh Saya pelanggan prioritas tetapi untuk antrian nya dia berikan no antrian di XL yang biasa, ketika Saya Akan mengambil antrian prioritas malah tangan Saya di tepuk Dengan pulpen Dan tidak boleh mengambil sama sekali antrian prioritas padahal Saya pelanggan prioritas sungguh sangat aneh XL ini Dan akhirnya Saya sangat kecewa Dan mengganti provider Hari itu juga.

  • 2 Mei 2020 - (20:37 WIB)
    Permalink

    kenapa buruk sekali pelayanan provider satu ini.
    dah tinggalin aja, gak usah pake operator ini.
    percuma jadi pelanggan prioritas, tapi diperlakukan kayak gitu.

  • 3 Mei 2020 - (02:21 WIB)
    Permalink

    Up
    Saya dulu pengguna XL lebih dari 8 tahun dari semenjak saya sekolah,dari pengguna biasa menjadi prioritas
    tp sangat berat hati saya melepas provider ini karena jaringan yg lambat dan terkadang tidak bisa menggunakan jaringan internet tetapi tagihan selalu Full dan ketika complain petugas tidak dapat melakukan apa2
    Jd inti nya mending pindah provider aja..
    Yg jelas kualitas dan pelayanan nya..

  • 3 Mei 2020 - (02:57 WIB)
    Permalink

    Senasib sama saya dulu…padahal internet nya ga dipake sama sekali …tp harus bayar 100%…makanya saya kapok pake prioritas…sama kaya beli kucing dalam karung…saya angusin aja nomornya sesudah saya bayar…anggap aja sedekah sama orang kaya…

    • 3 Mei 2020 - (04:09 WIB)
      Permalink

      Banyak PR yang harus diperbaiki oleh XL axiata terkait pelayanan.
      Saya juga pelanggan XL prioritas, namun jumlah kuota yang diberikan kepada pelanggan seperti tidak sesuai dengan yang sebenarnya.
      Oleh karena itu saya turunkan paketnya ke XL prioritas yang paling rendah.
      Sebiaiknya memang pihak XL axiata banyak-banyak memperbaiki pelayanan terkhusus pemakai XL prioritas

      Terimakasih

  • 4 Mei 2020 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Entah kenapa akhir-akhir belakangan ini pelayanan XL jauh lebih buruk dari tahun-tahun sebelumnya. Mungkin bagi mereka, keuntungan berupa uang jauh lebih penting daripada pelayanan ke konsumen. Padahal kalo pelayanan baik, siapa sih yg ga mau bayar mahal? Lah kalo udh bayar mahal tapi pelayanan sampah gini apa ga kesel orang?

  • 21 Juli 2020 - (23:01 WIB)
    Permalink

    Admin-admin myXLCare di twitter malah lebih sampah! Terkesan tidak serius dan mengajukan pertanyaan yg diulang-ulang.

  • 27 Juli 2020 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Petugas Custumer service Kota Malang yang kasar ketika melayani, sudah bolak-balik antar kota masih saja ada syarat lainnya. Ampun

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Perlakuan Tidak Sopan Petugas XL Center Denpasar City Square

oleh Made Mahendra B dibaca dalam: 3 min
12