Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Pandu Buwono

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com,

Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Pandu Buwono pada tanggal 13 April 2020 dengan judul Lamanya Proses Refund Dana Deposit untuk Pemasangan Baru IndiHome yang Gagal.

Menanggapi surat pembaca dari Bapak Pandu Buwono perihal keluhan tersebut, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan Telkom yang Bapak rasakan.

Terkait keluhan yang disampaikan oleh Bapak Pandu Buwono dapat kami sampaikan, bahwa untuk pengembalian uang deposit yang telah dibayarkan pada saat Bapak mengajukan pemasangan baru layanan IndiHome, namun kami belum dapat memenuhinya. Kami telah melakukan pengembalian ( refund ) pembayaran deposit tersebut. Pada tanggal 29 April 2020 Customer Service telah mengkonfirmasikan hal ini kepada Bapak Pandu Buwono dan menyampaikan pengembalian telah diterima.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kepercayaan Bapak kepada TELKOM kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Telkom Regional II Jakarta
Graha Merah Putih, Jln Gatot Soebroto Kav.52 Lt.1
Jakarta 12710

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan PT Telkom:
[Total:34    Rata-Rata: 1.4/5]
Lamanya Proses Refund Dana Deposit untuk Pemasangan Baru IndiHome yang Gagal

Perkenankan saya membagikan pengalaman dan keluhan saya. Semua berawal saat seluruh kantor memutuskan semua karyawan untuk WFH (work form home),...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Pandu Buwono

  • 14 Juni 2020 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Saya Rahayu MYIR-10190661200001 juga mengalami seperti ini, pada Tanggal 3 juni saya ingin melakukan pemasangan layanan indihome, mereka bilang jangkauan rmh saya tercover dengan jaringan mereka, ternyata setelah esok harinya para teknisi dtg utk mencek ternyata rmh saya jaraknya terlalu jauh melebihi 350meter mana saya sudah deposit, lalu saya minta refund dan ga jadi pasang pd tanggal 5 juni dan direspon pada tgl 9juni, lalu tdk ada juga sampai hari ini tgl 14juni pengajuan pengembalian uang deposit saya

  • 30 Juni 2020 - (14:13 WIB)
    Permalink

    hal ini persis terjadi pada saya MYIR-10202347850001 atas nama Gigin. pada tanggal 26 Juni 2020 mendaftar untuk pemasangan dan langsung di berikan no voucher untuk pembayaran deposit. pada tanggal 27 Juni 2020 melakukan pembayaran deposit. pada tanggal 29 Juni 2020 ada petugas survey ke rumah dan dinyatakan tidak bisa di pasang. berdasarkan info dari Customer Care proses refund harus melalui aplikasi Myindihome. tapi untuk login ke aplikasi password yang di gunakan salah. dan ketika memilih lupa password, reset password tidak bisa dilakukan karena alasan “anda telah melewati batas maksimal reset password” padahal saya baru melakukan 1 kali reset dan itupun gagal. sepertinya proses refund nya terlalu rumit dan lama dan kenapa harus bayar deposit dulu baru di survey? (apakah hanya calon pelanggan saja yang harus terlihat serius untuk menjadi pelanggan indihome? dengan membayar deposit, sedangkan pihak indihome tidak serius ketika mengembalikan refund) tidak di survey dulu baru bayar deposit setelah dinyatakan oke oleh team survey?. sampai komentar ini ditulis saya belum bisa login ke aplikasi Myindihome sehingga proses refund belum bisa dilakukan.

    • 2 Juli 2020 - (08:26 WIB)
      Permalink

      Pembayaran deposit dr bulan mei pengajuan refund 8 Juni 2020
      Mohon dibantu untuk kode pembayaran 021113806264 katanya mau direfund sampai sekarang belum ada konfirmasi email tak dibalas Komplain di IG tak ada tanggapan… Seharusnya Survey dulu Klo memang bisa bukan cuma ngiklan di FB dicek bilangnya bisa pas mau pasang teknisi datang tidak bisa… Mohon dibantu kalau memang mau di refund kita diberi kejelasan kapan, kata pihak sales 2minggu maximal ini sudah lebih dr 2 Minggu malahan… Saya sudah semangat sekali pengin jd pelanggan WiFi id.. tp dg kejadian ini.. Cukup mengecewakan kalau seperti ini mas…

  • 12 Juli 2020 - (03:06 WIB)
    Permalink

    Begitu juga saya Invoice MYIR-10184310930003 dgn nomor tiket IN70222990 yg gagal pasang karna port penuh. 2x tim teknisi yg berbeda datang kerumah melakukan survey dan hasilnya semua port baik yg jaraknya dekat dan jauh pun sudah penuh.
    Saya mengisi form refund dan mengirimnya per tanggal 14 juni 2020.
    Saya melakukan konfirmasi lewat email per 30 Juni 2020 krna refund belum dibayar dan sudah lebih dari 14 hari kerja.
    Bilangnya:
    “Berdasarkan email Bapak/Ibu yang kami terima, untuk laporannya sudah kami bantu tidndaklanjuti dengan nomor tiket IN70222990 pastikan CP 08XXXX selalu aktif, guna mempermudah rekan kami dalam mengkonfirmasi”.
    Namun hingga saat ini tidak ada satupun yang menghubungi saya terkait pengembalian. Link refund sudah dikirim per 14 Juni 2020 hingga skrg sudah bulan juli belum ada pembayaran.
    Saya sudah ke plaza telkom dan hanya dibantu untuk menghubungi 147, CS 147 nya bilang “sudah dilakukan pembayaran kemarin sore per tanggal 10”. Begitu saya cek belum ada pengembalian. “sudah dilakukan percepatan, saya bantu ke tahap emergency ya pak, jadi hari ini bisa diterima pembayarannya”. Begitu saya cek malam harinya per tanggal 11 juga belum ada pengembalian.
    Konsumen dipermainkan dengan iming-iming dibantu tapi tidak ada tindakan, Konsumen dibuat cape sendiri hingga akhirnya dibuat pasrah refund yg tidak dibayar.
    Indihome tidak bertanggung jawab dengan “refund maksimal dalam 14 hari kerja”. Konsumen sudah mengikuti prosedur dengan baik namun Pihak Indihome sendiri yg melanggar dan tidak menjalankan prosedur yg dibuat sendiri.

  • 12 Agustus 2020 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Saya dari Surabaya, saya sudah bayar Deposit dengan nomor registrasi MYIR-10205298540001 gagal pasang karna port penuh.
    Saya mengisi form refund dan mengirimnya per tanggal 10 juni 2020.
    Saya melakukan konfirmasi lewat email per 27 Juni 2020 krna refund belum dibayar dan sudah lebih dari 14 hari kerja.
    Bilangnya:
    “Berdasarkan email Bapak/Ibu yang kami terima, untuk laporannya sudah kami bantu tindandaklanjuti dengan nomor laporan IN72651024

    Namun hingga saat ini tidak ada satupun yang menghubungi saya terkait pengembalian.

    sudah saya email di customercare@telkom.co.id berkali kali kali, namun jawaban yang saya terima selalu janji dan janji, tanpa ada kejelasan kapan bisa dikembalikan, semuanya hanya omong doang, tanpa ada action ataupun respon yg baik dari pihak indihome, itupun kalau tidak saya tanya melalui email, tidak pernah ada tanggapan atau jawaban dari indihome

    disini saya sebagai Konsumen merasa dipermainkan dengan iming-iming dibantu tapi tidak ada tindakan, Konsumen dibuat cape sendiri hingga akhirnya dibuat pasrah refund yg tidak dibayar.

    Indihome tidak bertanggung jawab dengan “refund maksimal dalam 14 hari kerja”. Konsumen sudah mengikuti prosedur dengan baik namun Pihak Indihome sendiri yg melanggar dan tidak menjalankan prosedur yg dibuat sendiri.

  • 28 Agustus 2020 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama dengan Bapak/Ibu sekalian… Bahkan saya sudah melakukan register sejak Pebruari 2020 dan sudah menguhubungi call center sudah lebih dari 5 kali… Saya sudah diberikan hingga 2 nomor keluhan yaitu “IN 67759934” dan “IN 72947985” dan dijanjikan akan mengembalikan uang tersebut ke nomor rekening yang sudah saya isi d formulir… Namun sampai detik ini hasilnya NIHIL…

    Mohon kepada pihak Telkom Speedy agar menindaklanjuti keluhan saya ini… Sebagai masukan, jika memang menerima deposit konsumen seharusnya mampu juga mengembalikan uang deposit tersebut dengan segera… Hal ini saya sampaikan terkait banyaknya keluhan konsumen yang mengeluhkan lamanya pengembalian refund deposit tersebut… Atas perhatiannya terima kasih…

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan PT Telkom?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Pandu Buwono

oleh Telkom Regional 2 dibaca dalam: 1 menit
6