Lamanya Proses Refund Dana Deposit untuk Pemasangan Baru IndiHome yang Gagal

Perkenankan saya membagikan pengalaman dan keluhan saya. Semua berawal saat seluruh kantor memutuskan semua karyawan untuk WFH (work form home), sementara di rumah saya belum ada jaringan internet kabel ataupun fiber. Singkat cerita, saya memutuskan untuk bermaksud pemasangan internet kabel di rumah dengan IndiHome.

Pada tanggal 4 April 2020, saya dihubungi pihak IndiHome untuk verifikasi data dan pengiriman link untuk melakukan deposit terlebih dahulu sesuai paket yang dipilih. Saya pun dengan sigap langsung membayar, berharap cepat terpasang jaringan internet di rumah, dengan nomor invoice 10160344990001. Setelah itu saya dihubungi oleh teknisi pemasangan untuk jadwal pemasangan.

Tanggal 07 April 2020 teknisi pun datang dan mengecek. Namun ternyata tidak bisa dipasang baru dikarenakan port sudah penuh dan tidak bisa pemasangan baru. Saya sudah sampaikan kepada teknisi bahwa saya sudah deposit. Teknisi sampaikan nanti request refund saja setelah aplikasi pemasangan sudah ter-cancel. Saya pun langsung menghubungi contact center 147 untuk request refund dana.

Sudah 3x saya menghubungi 147, dengan berbagai alasan dan disampaikan akan dikirimkan link untuk form refund. Namun sampai saat ini tanggal 12 April 2020, link tsb pun tidak pernah saya terima. Saya pun sdh mengirimkan email ke CostumerCare@telkom.co.id tapi tidak ada balasan. Kenapa saat diminta deposit cepat sekali pengiriman link, giliran request refund lama sekali?

Pandu Buwono
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:39    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Pandu Buwono

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Pandu Buwono pada tanggal 13...
Baca Selengkapnya

Loading...

37 komentar untuk “Lamanya Proses Refund Dana Deposit untuk Pemasangan Baru IndiHome yang Gagal

  • 13 April 2020 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Saya aja sudah ngisi form refund sejak tanggal 29 feb 2020 sampai sekarang uang belum masuk rekening, setiap komplain jawabannya akan saya follow up tapi gak ada tindakan

    • 13 April 2020 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yang sama. Teknisi di lapangan banyak yang bermain dengan berbagai alasan. Inti nya kalau kita berani bayar lebih pasti bisa terpasang. Semenjak saya menulis komplain di media konsumen, langsung saya dihubungin sama pihak telkom. Sebelumnya tidak pernah ada respon sama sekali dari pihak telkom.

    • 8 Juli 2020 - (10:38 WIB)
      Permalink

      Saya refund(alasan tdk ada port mrk di perumahan saya) tervalidasi lewat aplikasi my indihome,suruh tunggu 14 hari kerja. Saya pun tunggu,tanggal 17 juni saya tanya lagi,katanya data bank saya tidak diisi(padahal dr awal pasang,data saya lengkap,,lagian klo emang ga lngkap,gmn si indita bisa memvalidasi??? Lucu kan,,,wkwkwkwkwk) oke lah saya turutin aja maunya,saya kasi data saya selengkap2nya,saya juga kirim data itu ke twitter myIndihome,, dan saya dsuruh tunggu lagi. Tanggal 26 juni 2020 no tlp 1500620 telpon saya guna memastikan data saya,termasuk no rekening dan bank nya. Saya dsuruh tunggu 3*24 jam untuk menunggu proses. Akhirnya,,karena sampai tanggal 7 juli 2020 ga ada kabar,tanggal 8 juli hari ini saya ijin kantor untuk ke tekom plaza rungkut,surabaya dengan CS nama bella.
      Setelah menunggu selama hampir 1 jam dan dikroscek lah refund gagal proses karena tidak ada nama bank nya,,,wkwkwkkwkwk,,,, dsini kalian bisa liat kan bagaimana mereka benar2 benang kusut???!!!! Akhirnya dari CS nya hasilnya sama:DITUNGGU YA BU KAMI SEGERA PROSES. U know what,ini bukan masalah nominal,tapi saya ga pake apapun dari MyIndihome,tapi kalian ngerepotin saya nya luar biasa,saya ga sudi uang saya kalian tilep,mending kasih fakir miskin.
      Giliran minta duit cepet,giliran refund mbulett,,,ketauan kan uang orang dipakek,,,wkwkwk,, makanya uang deposit orang jangan dipakai bos,gini klo diminta balik,yang susah orang yang deposit kan!!!!!!!

  • 13 April 2020 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Nanti kalau habis nulis di sini proses refund cepat kabari saya bos, saya tak ikut nulis komplain…!

    • 13 April 2020 - (21:22 WIB)
      Permalink

      Baru di hubungi pihak indihome untuk proses Refund, dengan masuk ke aplikasi myindihome dengan masukan nomor hp yg terdaftar dan disitu ada link Refund.. infonya seh maksimal 14hk.

      • 5 Juni 2020 - (20:16 WIB)
        Permalink

        Maaf mau tanya link refundnya ada dimana yah, saya buka aplikasi tp tidak ada.
        Saya baru banget mengalami hal yang sama.

        • 7 Juni 2020 - (18:57 WIB)
          Permalink

          Untuk mendapatkan link refundnya kakak terlebih dahulu mengirimkan email ke customercare@telkom.co.id kaka tulis keluhan kaka serta cantumkan no invoice yg mau kaka refund setelah itu gak lama lagi kaka mendapatkan link refund nya.
          Kurang lebih seperti itu ka karna saya juga mengalami hal yg sama dan saya melakukan hal yg saya ajukan ke kaka🙏

    • 17 April 2020 - (12:13 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah…Deposit saya sdh di transfer kembali per tanggal hari ini 17 april, dengan pengajuan di link tgl 13april.

        • 7 Juni 2020 - (19:05 WIB)
          Permalink

          Tidak ada ka
          Untuk mendapatkan link refundnya kakak terlebih dahulu mengirimkan email ke customercare@telkom.co.id kaka tulis keluhan kaka serta cantumkan no invoice yg mau kaka refund setelah itu gak lama lagi kaka mendapatkan link refund nya.
          Kurang lebih seperti itu ka karna saya juga mengalami hal yg sama dan saya melakukan hal yg saya ajukan ke kaka🙏

        • 7 Juni 2020 - (19:07 WIB)
          Permalink

          Untuk mendapatkan link refundnya kakak terlebih dahulu mengirimkan email ke customercare@telkom.co.id kaka tulis keluhan kaka serta cantumkan no invoice yg mau kaka refund setelah itu gak lama lagi kaka mendapatkan link refund nya.
          Kurang lebih seperti itu ka karna saya juga mengalami hal yg sama dan saya melakukan hal yg saya ajukan ke kaka🙏

          • 15 Juni 2020 - (10:07 WIB)
            Permalink

            Jadi setelah pengajuan berhasil itu kita nunggu beberapa hari ya kak untuk uangnya masuk ke rekening?

  • 13 April 2020 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga demikian sudah melakukan deposit .tidak ada 1 pun yg datang atau menghubungi untuk pemasangan sampai sekarang .sudah tlpon 147 sampai 3x pulsa saya habis hnya untuk tlpon 147 jawaban tidak masuk akal..saya minta repund jawabn nya lagi proses dan trys proses apakah ini layanan dalam negri BUMN

    • 1 Mei 2020 - (10:29 WIB)
      Permalink

      Ini pun terjadi dengan saya. Saya heran kenapa prosesnya begini.
      Kejadian berawal dari 25 April 2020 dimana saya mengirimkan deposit atas permintaan sales-nya bernama Alip. Saya untuk pemasangan wilayah Tangerang Selatan. Sales-nya sendiri kurang kooperatif, berkali2 di telepon tidak diangkat dan hanya membalas chat seadanya saja, itu pun tidak detail dalam menjawab. Entah bagaimana trainingnya untuk customer handling bisa seperti itu.

      Singkat cerita setelah teknisi datang 2 hari setelah deposit dikirim ternyata alamat rumah saya tidak masuk jaringan indiehome dan kemudian saya hubungi kembali sales yang bernama Alip itu untuk mendapatkan jawaban, dia katakan mau dicari solusi ke atasannya, tapi tidak ada jawaban2 sampai sekarang dan ybs ditelepon pun tidak diangkat2 serta di chat pun tidak dibaca.

      Akhirnya saya hubungi 147 untuk membicarakan keluhan atas pelayanan dan terkait refund. CS mengatakan akan mengirimkan segera/pada hari itu link refund deposit untuk diisi saya, tapi hingga detik ini di tanggal 01 Mei 2020 link tersebut belum ada masuk ke email saya.

      Saya sangat kecewa dengan kondisi ini dari sisi pelayanan dan respon terhadap customer.
      Padahal kondisi seperti ini berapapun yang yang keluar sangatlah berarti

  • 13 April 2020 - (23:44 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama, bahkan saya daftar sejak tahun kemarin tepatnya tanggal 26 November 2019, namun hingga saat ini tidak ada pemasangan. Bahkan uang deposit saya tidak direfund sampai detik ini. Padahal saya sudah isi form request refund. Saya berkali-kali tanya ke CS namun jawaban sama seperti yang bapak sampaikan, saya coba datang ke Plasa Telkom juga disuruh untuk menunggu proses refund yang tidak pernah saya terima sampai sekarang. Sangat mengecewakan.

    Tolong kabari jika ada perkembangan, Pak.
    Terima kasih.

    • 15 April 2020 - (18:25 WIB)
      Permalink

      Hal yg sama terjadi sama saya, setelah melakukan deposit tgl. 10-4-2020 dan tgl 11-4-2020 teksini datang untuk melakukan pemasangan tapi port penuh, sy sudah menghubungi 147 tp di suruh ke link vote.indihome.co.id, dan berkali” mencoba tetap gagal, sy menghubungi sales nya berkali” dengan alasana segera di eskalasi tp tak ada perkmbngan lebih lanjut. Apa pelayanan indihome seperti ini. Kalo memang ada rasa tanggung jawab harus nya di bantu lah atau paling gak di arahkan lebih detail nya. Jngam diam” saja. Semoga kejadian seperti ini yg terakir kalinya dan tidak ada kejadian sprti ini lagi.

  • 14 April 2020 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Sama mas..
    Saya juga sudah bayar deposit tgl 29 maret 2020 , ku kura dg pmbyaran deposit cepat, indhome nya jg akn sgra di pasang.
    Trnyata tgl 4 teknisi baru dtang ke rumah, dn melihat bahwa di skitar rumah saya gk ad tiang untuk pemasangan nya,, karna kavlingan baru.kata teknisi suruh nunggu tiang, kurang lebih 1minggu.
    Trus sy tanya ke sales jwb nya 2minggu ak segera di pasang. Dan sudah 2minggu sy tunggu gak ada kabar. Sy dtg ke kantor indhome wil malang. Ternyata sm CS di kasih tau klo pemasang tiang indihome kurang lebih 6blan. Laah kita psang indihome itu di pake kerja di rumah. Trus uang yg di pake itu jg uang muter.
    Berharap segera masang, nyenengin anak.. Lah ini tiap hari di complain sm anak,di tanya kpn indihome nya di pasang.
    Kalo refund it apa uangnya kembali 100% ?
    Sbelum pmasangan indihome, prnah di tawarin wifi yg biasa aja. Karna ku kira indihome mungkin gak bakal ad masalah. Eehhh gak tau nya salah saya menilai .

  • 15 April 2020 - (18:40 WIB)
    Permalink

    kejadiannya sama kaya saya,tgu link refund gk direfund2,sekelas layanan telkom sangat buruk layanannya.bad habit

  • 17 April 2020 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Saya lebih miris, disaat sibuknya kuliah online, Mengharuskan saya berlangganan indihome. Tepat tanggal 20/03/2020 saya mendaftar dan membayar deposit hari itu juga. Keesokan harinya teknisi datang dan memberi informasi bahwa slot odp FULL. saya langsung laporan ke cs indihome dan proses refund akan segera di proses. Dan sampai sekarang uang deposit belom di refund bahkan link refundnya belum dikirim. Dari tgl 25/03/2020 sampai sekarang 17/04/2020 hampir setiap hari saya menghubungi indihome via FB,twitter,147 dan aplikasi my indihome jawabannya sangat tidak memuaskan dan hanya itu-itu saja, serta tidak ada progres. Sampai saya udah telpon 147 lebih dari 7 kali tidak ada respon terhadap uang deposit saya. Setiap hari saya harus ngemis-ngemis meminta uang deposit saya balik tapi hasilnya nihil. Saya tidak tau nasib keberadaan uang deposit saya bagaimana. setiap hari selalu kepikiran harus bagaimana lagi dan itu hak saya, tetapi pihak telkom sampai saat ini yang udah mau jangka waktu sebulan, belum mengirimkan uang deposit bahkan link refundnya aja belum. DAN SAYA BINGUNG SEKARANG HARUS BAGAIMANA

  • 19 April 2020 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Saya baru membayar deposit 20 mbps tanpa di hub kan ke tv. Tadi saya dapat info kalau tiang nya terlalu jauh jika mau di hub kan ke rumah, padahal sebelumnya saya sudah kasih tau, bahwa tiangnya jauh. Dan menanyakan apakah mungkin terjangkau ? Marketing bilang bisa nanti di sesuaikan dengan teknisi. Ternyata tidak bisa, harus bangun tiang baru supaya bisa terjangkau ke rumah saya. Jadi tadi saya tanya kepastian nya kapan bisa terhubung ke rumah saya, kata marketing 2 hari lagi bisa. Saya masih menunggu pertanggung jawaban marketing dahulu, semoga benar-benar bertenggung jawab.

  • 26 April 2020 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Halahh! Udah bukan hal yang aneh lagi Indihome ngilang setelah pembayaran deposit…. pas suruh bayar deposit balesnya cepet banget, pas udah bayar tiba2 status berubah jdi cancel, mendadak 147 sibuk… semua kontak email, fb, instagram, twitter no respon.
    Secara TELKOM ya, udh dapet kepercayaan dari masyarakat… tapi pelayananya PARAH BANGET!!!!! , sampe skrg katanya nunggu 7×24 jam setelah deposit akan ada pemasangan…sekarang udh hari keberapa gatau blm ada respon apa apa. Semoga sampai ke pihak indihome.

  • 27 April 2020 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga berkendala untuk proses refund, padahal hanya 199.000 tapi indihome sepertinya keberatan untuk mengembalikan uang refund saya dikarenakan indihome tidak bisa dipasang di tempat saya (ODP penuh).

    Hari pertama minta refund, katanya disuruh menunggu 2 minggu setelah pembayaran, sampai sekarang tidak ada email yang disebut2 berisi link refund. Tiap hari saya follow up mungkin sudah ada puluhan nomor tiket pelaporan yang selalu dijanjikan akan cepat selesai karena “super urgent”.

    Satu kali telepon bisa sampai 30 menit, karena customer service 147 sibuk mencari data dan membuat laporan.

    Sangat disayangkan sekali pihak Telkom dan Indihome masih tega2nya melalukan penipuan berkedok seperti ini, apalagi di situasi COVID-19 seperti sekarang ini.

    Mau ke plasa Telkom ataupun ke customer service 147 sama2 tidak ada yang bisa memberikan hasil, padahal hanya sekedar mengganti status pemasangan dari pending ke cancel saja.

    Alhamdulillahnya sih kita hanya sampai disini saja, tidak kena tipu2 lain untuk customer mereka seperti tagihan siluman dan harga yang naik2 terus, atau cancel yang ribet.

    Untuk saat ini saya ikhlaskan saja, hanya uneg2 dan pemberitahuan untuk publik saja agar waspada jika anda harus berurusan dengan Telkom indihome.

    • 7 Juni 2020 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Maaf kak sebelumnya saya hanya ingin meluruskan saja, sata juga mengalami hal yg kaka alami, setelah 14 hari pembayaran saya kira kalau di refund itu udah otomatis dari telkom nya ternyata tidak bgtu ka, saya kira juga itu yg ngurus sales nya tetapi bukan juga. Akhirnya saya inisiatif untuk mencari jalan sendiri untuk mendapat kan link refund nya dan alhamdulillah berhasil. Untuk mendapatkan link refundnya kakak terlebih dahulu mengirimkan email ke customercare@telkom.co.id kaka tulis keluhan kaka serta cantumkan no invoice yg mau kaka refund setelah itu gak lama lagi kaka mendapatkan link refund nya.
      Kurang lebih seperti itu ka karna saya juga mengalami hal yg sama dan saya melakukan hal yg saya ajukan ke kaka

  • 2 Mei 2020 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Tanggal 2 mei 2020 saya baru transfer deposit, dan tanggal yg sama saya mengajukan refund karena saya sebenarnya sudah pakai wifi.id,
    Pertanyaan saya, apa uang nya kembali bang? Dan berapa lama estmasinya?

  • 3 Juni 2020 - (22:40 WIB)
    Permalink

    saya pasang dari 16 april 2020 kata sales penuh dan harus narik kurang lebih 50 meter saya ok in terus bayarlah deposit, pas teknisi datang bilangnya gbsa narik dengan berbagai alasan, dan saya sangat yakin kalau saya mau kasih tip lebih mereka pasti mau narik itu kabel. sampai sekarang 06 mei 2020 engga ada info link refund.
    untuk layanan terburuk

    • 7 Juni 2020 - (19:18 WIB)
      Permalink

      Untuk mendapatkan link refundnya kakak terlebih dahulu mengirimkan email ke customercare@telkom.co.id kaka tulis keluhan kaka serta cantumkan no invoice yg mau kaka refund setelah itu gak lama lagi kaka mendapatkan link refund nya.
      Kurang lebih seperti itu ka karna saya juga mengalami hal yg sama dan saya melakukan hal yg saya ajukan ke kaka🙏

  • 8 Juni 2020 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Sy juga mengalami hal yg sama,sudah lebih dr seminggu deposit,tp tdk ada kabar atau kepastian akan dipasang, minta refund sales tdk respon, telpon ke 147 berulang2 tetap aja jawabannxa akan dibantu dan dlm proses, sampai sekarang tdk ada kepastian. Nyesel pasang indihome,kecewaaaa!!

  • 1 Juli 2020 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Apakah ada yang sama nasibnya dengan saya?
    Pemasangan tidak ditanggapi. 3 minggu baru diberi link refund.
    Dari tanggal 18 Desember 2019 refund belum juga ditransfer.

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Lamanya Proses Refund Dana Deposit untuk Pemasangan Baru IndiHome yang…

oleh pandubuwono dibaca dalam: 1 min
37